Kate Middleton Pernah Pakai, Ini Lho 5 Fakta Unik Tentang Batik Indonesia

baju batik

Tepat 2 Oktober selalu diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Nah, baju batik kebanggan Indonesia memiliki fakta unik dan menarik yang belum banyak diketahui oleh kebanyakan orang lho. 

Kalau sekarang ini banyak pegawai negeri maupun swasta yang mengenakan baju batik, lantaran hari ini merupakan Hari Batik Nasional. Seperti yang tertulis dalam Surat Edaran Nomor 110505/A.A6.2/TU/2019 dikeluarkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Didik Suhardi kepada jajarannya serta seluruh guru agar menggunakan pakaian batik.

Kepopuleran batik dalam satu dekade belakangan ini emang terbilang meningkat tajam di mata dunia. Hal tersebut bisa terlihat dari beberapa kesempatan pejabat negara lain yang menggunakannya saat melakukan tugas kenegaraan penting seperti pada Sidang Dewan Delegasi Keamanan PBB tanggal 7 Mei 2019 lalu di New York, Amerika Serikat.

Walaupun baju batik udah menjadi pakaian yang sangat umum digunakan masyarakat Indonesia, tapi ternyata ada beberapa fakta unik di mana gak semua orang ketahui lho. Yuk, kita lihat daftar lengkapnya berikut, mengutip dari Fact of Indonesia.

Baca juga: Gak Masuk Akal! 7 Kaos Ini Mahal Abis, Ada yang Seharga Lamborghini

1. Baju batik tulis merupakan yang termahal

baju batik
Batik tulis bisa dibilang salah satu yang mahal, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dalam proses pembuatan kain batik memiliki beberapa cara yang umum digunakan seperti dengan di print melalui mesin cetakan serta ditulis langsung lewat tangan pembuatnya. Tentu harga yang dipasarkan oleh pihak penjual juga jauh berbeda, bila yang print harganya berkisar ratusan ribu rupiah aja maka batik tulis bisa menyentuh jutaan hingga belasan juta rupiah.

Itu bisa dimaklumi karena proses pembuatan batik tulis membutuhkan skill sumber daya manusia, ketelitian serta waktu yang gak sebentar. Kamu koleksi yang mana nih di rumah?

Baca juga: Titik Supartina Mantan PNS yang Sukses Menjadi Pengusaha Batik

2. Pernah diklaim oleh Malaysia

Baju batik
Batik pernah juga diklaim oleh Malaysia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mungkin sebagian dari kamu masih ingat tentang kejadian pada tahun 2008 lalu di mana Malaysia sempat mengklaim bahwa batik merupakan salah satu budaya milik mereka. Sontak peristiwa itu menyulut emosi masyarakat Indonesia yang gak terima terutama dari sektor pelaku industri.

Dengan adanya hal ini membuat pemerintah Indonesia mendaftarkan baju batik ke UNESCO sebagai salah satu warisan budaya yang diakui secara internasional. Dan barulah pada tahun 2009 pakaian ini diakui sebagai warisan budaya kita hingga hari ini.

Baca juga: Batik Parang Prabowo di Olshop Dijual Rp 49 Juta, Mengapa Bisa Semahal Itu?

3. Baju batik memiliki berbagai motif

Baju batik
Kain batik memiliki berbagai motif tergantung asal daerahnya, (Ilustrasi/Shutterstock).

 Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas buat motif kain batik. Kayak di Cirebon dikenal dengan motif megamendung, beda lagi dengan daerah lainnya misalkan Bali juga memiliki motif sendiri yang diberi nama batik Bali. 

Dan setiap motif tersebut biasanya memiliki filososfi tertentu yang berbeda-beda satu dengan yang lain.

4. Membutuhkan waktu 3 bulan dan 12 tahapan

baju batik
Membuat satu motif kain batik cukup rumit lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Untuk membuat satu buah batik tulis membutuhkan waktu sekitar 3 bulanan dan 12 tahapan. Tahapan-tahapan tersebut adalah Nyungging, Njaplak, Nglowong, Ngiseni, Nyolet, Mopok, Ngelir, Nglorod, Ngrentesi, Nyumri, Nyoja dan Nglorod.

5. Baju batik pernah digunakan oleh Kate Middleton dan Nelson Mandela

Baju batik
Kate Middleton pernah mengenakan pakaian motif batik, (express.co.uk).

Gak cuma anggota Delegasi Dewan Keamanan PBB, tokoh-tokoh penting dunia lainnya pun pernah mengenakan kain khas Indonesia tersebut.

Salah satunya adalah Kate Middleton yang merupakan istri dari Pangeran Williams serta Nelson Mandela juga pernah menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan dari 1994 hingga 1999.

Nah, itulah 5 fakta unik dari baju batik yang mungkin belum kamu ketahui. Dari kelima poin tersebut mana nih yang belum ketahui? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →