Raup Untung di Asian Games 2018, Ini Peluang Usaha yang Bisa Dicoba

[ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/ama/18]

Perhelatan akbar Asian Games 2018 tinggal belasan hari lagi nih. Ajang olahraga terbesar se-Asia ini dibuka sehari usia Hari Kemerdekaan atau 18 Agustus 2018.

Gak cuma sebagai ajang olahraga, pemerintah juga ingin Asian Games 2018 menjadi pendongkrak ekonomi dalam negeri. Salah satu caranya dengan membuka kesempatan usaha selama ajang Asian Festival.

Pihak INASGOC sebagai panitia penyelenggara Asian Games membuka peluang bagi siapa pun yang ingin berjualan. Kamu bisa berjualan apa pun, mulai dari kuliner hingga suvenir.  Kapan lagi punya calon pembeli ribuan tamu dari seluruh Asia?

Tertarik sih. Tapi jualan apa ya?

Perlu diingat, sebaiknya kamu gak menjual suvenir atau merchandise Asian Games ya. Hal ini berdasarkan imbauan INASGOC yang takut para penjual justru malah merugi.

Pasalnya, penjualan suvenir hanya dilakukan oleh INASGOC, baik di perhelatan Palembang maupun Jakarta. Pelarangan ini juga berdasarkan pembelajaran pada event-event serupa beberapa tahun lalu. Contohnya, saat di SEA Games 2011, banyak pelaku usaha kecil yang mengeluh produk suvenirnya masih banyak gak terjual.

Biar daganganmu laris manis, nih ide peluang usaha di perhelatan Asian Games 2018. Cek produknya di bawah ini.

1. Kuliner khas Indonesia

asian games 2018
(Image: tribunnews)

Makanan dan minuman adalah hal yang wajib ada di tiap acara. Kamu bisa sajikan makanan khas daerah yang pasti disukai masyarakat Indonesia sekaligus menarik minat warga asing.

Ingat, pasarmu gak terbatas orang Indonesia, tapi juga warga negara Asia Setidaknya, mereka pasti penasaran dengan kuliner khas Indonesia.

Kamu bisa  menjual kuliner khas daerah tempat berlangsungnya Asian Games. Contohnya kayak hidangan pempek dan tekwan buat acara di Palembang atau kerak telor dan asinan betawi buat di Jakarta.

Tapi, gak menutup kemungkinan kuliner Nusantara lain juga berpotensi banjir untung. Para pengunjung festival pasti makin terpuaskan kalau sajian kuliner makin beragam. Mulai dari Sate Madura, Coto Makassar, Ayam Betutu, dan masih banyak lagi.

2. Kerajinan tangan

asian games 2018
(Image: pelatihanindonesia)

Indonesia adalah negara yang kaya dengan keragaman budaya dan keseniannya. Tiap penjuru daerah memiliki kerajinan tangan yang khas dan berkualitas tinggi. Peminat kerajinan tangan gak cuma dari Indonesia, tapi juga mancanegara.

Kamu bisa banget memanfaatkan peluang ini dengan menjual produk kerajinan yang bisa dijadikan cenderamata oleh para pengunjung.

Produk kerajinan tangan yang bisa dijual mulai dari pajangan khas Jakarta, ukiran khas Palembang, batik Palembang, hingga kain songket Palembang dengan beragam motif yang cantik. Jangankan pengunjung dari luar Indonesia, masyarakat Indonesia pun pasti tertarik.

3. Pakaian dan aksesori

asian games 2018
(Image: okezone)

Kebaya encim dengan warna-warna terang pasti menarik minat banyak orang nih. Pakaian khas Jakarta ini bisa dijajakan juga di festival Asian Games nanti. Jangan lupa, sediakan lengkap dengan selendang warna-warni dan kain batik bermotif sebagai bawahan.

Selain itu, kamu juga bisa menjual aksesori khas Indonesia, mulai dari manik-manik khas Dayak, aksesori perak Yogyakarta, hingga aksesori khas Bali.

4. Camilan khas Indonesia

asian games 2018
(Image: bonvoyageogja)

Ada yang terasa kurang nih kalau gak ada camilan. Tiap daerah di Indonesia pasti punya camilan khas yang sering jadi oleh-oleh tiap ke luar kota. Benar gak? Mulai dari yang tradisional kayak kue rangi khas Betawi, sampai yang kekinian kayak donat Indomie. Kalau gak mau ribet, kamu bisa juga jual aneka keripik pedas, bakpia, dan lainnya.

5. Minuman segar dan es krim

asian games 2018
(Image: ngefood)

Menghadapi cuaca panas Indonesia, pasti gak ada yang bisa nolak minuman segar, apalagi es krim. Kamu juga bisa nih jual aneka minuman segar khas Indonesia kayak cendol, es doger, dan lainnya. Jika rasanya nikmat, pasti banyak peminatnya.

Gimana kamu udah daftar belum buat buka lapak di Asian Games 2018? Nah, salah satu ide di atas bisa tuh kamu coba. Semoga sukses!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →