Kenalan Sama Bank Amar, Punya Produk Pinjol yang Sebentar Lagi Bisa Kamu “Beli”

Bank-amar-blog

PT Bank Amar Indonesia Tbk atau Bank Amar bakal melakukan initial public offering (IPO), pada 9 Januari 2020. Pernah dengar nama bank satu ini?

Buat kamu yang belum tahu, mungkin cukup familiar dengan salah satu produknya berupa pinjaman online (pinjol) modal KTP. 

Kira-kira gimana ya prospeknya setelah mereka IPO? Apakah saham dari bank buku II ini bakal layak dikoleksi? 

Daripada penasaran ingin mengetahuinya, yuk kita telusuri sekilas fakta seputar Bank Amar ini:

1. Didirikan crazy rich Surabaya

bank amar
Didirikan crazy rich Surabaya (Instagram/@tunaikucom)

Asal muasal bank ini dari PT Anglomas International Bank alias Amin Bank yang didirikan pada 15 Maret 1991 oleh keluarga almarhum Noto Suhardjo Wibisono (Lioe Kiem Tjauw). 

Noto Suhardjo Wibisono merupakan seorang pengusaha top asal Surabaya. Bersama Agus Nursalim, Noto Suhardjo mendirikan PT Kedawung Setia Industrial, Tbk (KDSI), sebuah perusahaan manufaktur peralatan rumah tangga pada tahun 1973.

Sejauh ini, keluarga Wibisono memang sudah gak tercatat sebagai salah satu pemegang saham di Bank Amar. Tampaknya mereka memang lebih fokus untuk membesarkan KDSI.

Baca juga: Begini Tanggapan Tunaiku atas Pembatalan Status Terdaftar oleh OJK

2. Diakuisisi Tolaram Group

bank amar
Diakuisisi Tolaram Group (Facebook/Tolaram)

Pada tahun 2014, Amin Bank berubah nama jadi Bank Amar usai mereka diakuisisi Tolaram Group yang berbasis di Singapura. Ini merupakan perusahaan konglomerasi yang sudah berdiri sejak tahun 1948 silam.

Mereka memiliki banyak anak usaha di bidang retail, trading, manufaktur, consumer goods, layanan digital, hingga keuangan. 

Menurut situs perusahaan ini, Tolaram Group Inc masih menguasai 98,7 persen saham dari Amar Bank. 

Menurut pemberitaan Kontan, usai IPO berlangsung mereka akan melepas 1,2 miliar saham atau setara 15,01 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh dengan nilai nominal Rp 100.

Baca juga: Bisa Berikan Dana dalam 24 Jam! Ini 10 Pinjaman Online yang Terpercaya

3. Tunaiku

bank amar
Tunaiku (Instagram/@tunaikucom)

Familiar dong sama pinjol Tunaiku? Tunaiku merupakan salah satu produk dari Bank Amar yang cukup terkenal.

Pinjaman online satu ini baru saja menyabet penghargaan Financial Awards 2019. Mereka pun dianugerahi gelar, “Millennial’s Admirable Brand in Brand Awareness”.

Tunaiku pula yang akhirnya membuat Amar Bank meraih Indonesia Best Bank Award 2019. Pada saat itu, Amar Bank masih berada dalam kategori bank buku I.

Membahas soal Tunaiku, pinjol modal KTP satu ini bisa memberikanmu pinjaman dengan plafon mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 20 juta. Mereka juga sudah hadir dalam bentuk aplikasi.

Untuk produk lain, tentunya Bank Amar juga punya produk tabungan dan lainnya. Tapi, kalau urusan kredit, bank ini sudah menyalurkan pinjaman KTA ke 55.000 UMKM di Oktober 2019. Tentu saja penyaluran ini melalui aplikasi Tunaiku. 

Baca juga: Ini Dia 5 Bank untuk Pinjam Uang Online dengan Gaji di Bawah Rp 3 Juta

Itulah sekilas fakta mengenai Amar Bank yang sebentar lagi IPO. Bank Amar menunjuk penjamin pelaksana emisi efek (underwriter) yakni PT UOB Kay Hian Sekuritas, dengan penjamin emisi efek lainnya. 

Tertarik beli sahamnya bulan depan? (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →