Perkembangan Bank BCA dan Berbagai Produknya

gedung bank bca

Bank BCA (Bank Central Asia) telah hadir di dunia perbankan sejak lebih dari 60 tahun untuk memenuhi kebutuhan keuangan masyarakat. Beroperasi sejak 1957, BCA terus tumbuh menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia. 

Perkembangan Bank BCA dari tahun ke tahun

Tahun 1977-1980

Perkembangan BCA dimulai pada 1977 saat BCA berkembang menjadi Bank Devisa. Tiga tahun kemudian, pada tahun 1980-an, BCA mulai memperluas jaringan kantor cabang secara agresif yang sejalan dengan deregulasi sektor perbankan di Indonesia.

BCA juga mulai mengembangkan berbagai produk dan layanan serta pengembangan teknologi informasi menggunakan penerapan online system untuk jaringan kantor cabang. Dan di tahun yang sama pula BCA meluncurkan Tabungan Hari Depan (Tahapan) BCA.

Tahun 1990-an

Dimulai saat BCA mengembangkan alternatif jaringan layanan melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di tahun 1990. Satu tahun kemudian, pada 1991, BCA mulai menempatkan 50 unit Mesin ATM yang tersebar di seluruh Jakarta. Dari situlah dikembangkan jaringan dan fitur ATM yang dilakukan secara intensif. Di tahun yang sama pula BCA mulai bekerja sama dengan institusi terkemuka, seperti PT Telkom dan Citibank.

Pada saat krisis moneter di tahun 1997-1998, BCA sempat mengalami bank rush. Pada 1998 BCA berubah menjadi Bank Take Over (BTO) dan disertakan dalam program rekapitalisasi dan restrukturisasi yang dilaksanakan oleh Badan Penyehatan Perbankan Nasional.

Meskipun begitu, hanya butuh satu tahun untuk Bank BCA bangkit. Pada 1999 proses rekapitalisasi BCA selesai, di mana Pemerintah Indonesia melalui BPPN menguasai 92,8% saham BCA sebagai hasil pertukaran dengan Bantuan Likuiditas Bank Indonesia. Dalam proses rekapitulasi tersebut, kredit pihak terkait dipertukarkan dengan Obligasi Pemerintah.

Tahun 2000-an

Masuk ke dalam periode 2000-an, BCA kian gencar memperkuat dan mengembangkan beragam produk dan layanan. Khususnya perbankan elektronik dengan meluncurkan Debit BCA, Tunai BCA, internet banking, Klik BCA, mobile banking, m-BCA, EDCBIZZ. 

BCA juga mendirikan fasilitas Disaster Recovery Center di Singapura. BCA mulai meningkatkan kompetensi di bidang penyaluran kredit, termasuk melalui ekspansi ke bidang pembiayaan mobil melalui entitas anaknya yakni BCA Finance.

Pada 2007, BCA menjadi bank pelopor dalam menawarkan produk kredit kepemilikan rumah dengan suku bunga tetap. Di tahun yang sama BCA juga meluncurkan kartu prabayar, Flazz Card, serta mulai menawarkan layanan Weekend Banking untuk terus meningkatkan keunggulannya di bidang perbankan transaksi. 

Pada 2008-2009 BCA membuka layanan lainnya yakni solitaire bagi nasabah high net-worth individual.

Tahun 2010-2018

Tak ingin tertinggal dengan perkembangan zaman, di tahun 2010 hingga 2013 BCA memasuki lini bisnis baru, yakni perbankan syariah, pembiayaan sepeda motor, asuransi umum, dan sekuritas. BCA memperkuat bisnis perbankan transaksi melalui pengembangan produk dan layanan inovatif seperti aplikasi mobile banking, layanan pembayaran e-commerce, dan mengembangkan konsep baru Electronic Banking Center.

Pada 2014-2016 BCA mengembangkan MyBCA dan meluncurkan produk Sakuku sebagai electronic wallet berbasis aplikasi. Teruntuk nasabah institusi, BCA menyempurnakan layanan cash management BCA melalui internet banking platform yakni “KlikBCA integrated Business Solution”. Nasabah pebisnis akan dimanjakan dengan beragam layanan dan fitur-fiturnya.

BCA terus mengikuti perkembangan zaman dan terus melengkapi produk dan pelayanannya, pada tahun 2017-2018 BCA melengkapi beragam fitur di bidang e-commerce dan cashless payment settlement dengan membangun kolaborasi dengan beragam perusahaan fintech atau e-commerce melalui Application Programming Interface (API). Yaitu sebuah platform yang memfasilitasi konektivitas antara sistem perusahaan-perusahaan tersebut dengan sistem perbankan transaksi BCA.

Komitmen Bank BCA

teller bank bca

Dengan beragam pengembangan yang terus dilakukan BCA, BCA berkomitmen menjadi solusi finansial dengan mendukung perencanaan keuangan pribadi maupun perkembangan bisnis nasabah. Hal tersebut tentu saja sejalan dengan visi BCA sebagai bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

Sesuai dengan jargon andalannya, “Senantiasa di Sisi Anda”, BCA akan terus membangun institusi yang unggul di bidang penyelesaian pembayaran dan solusi keuangan bagi nasabah bisnis dan perorangan. 

BCA akan terus memahami beragam kebutuhan nasabah dan memberikan layanan finansial yang tepat demi tercapainya kepuasan optimal bagi nasabah. Serta, tidak lupa untuk meningkatkan nilai francais dan nilai stakeholders.

Meskipun perkembangan produk dan jasa layanan sangat penting, Bank BCA tidak luput memperhatikan rasa kepercayaan dan keamanan yang akan dirasakan nasabah saat menyimpan dan berinvestasi dengan BCA. sebagai agent of trust, BCA paham benar kekhawatiran nasabah akan problem penyalahgunaan produk dan layanan keuangan.

Tidak ingin kehilangan rasa kepercayaan dan kenyamanan dari para nasabah, BCA berkewajiban untuk mengelola bisnis secara bertanggung jawab. 

Sebab, sebagai lembaga yang mengandalkan rasa kepercayaan dan keamanan masyarakat, BCA berkomitmen untuk mengembangkan SDM secara berkelanjutan demi meningkatkan kompetensi, karir, dan kesejahteraan karyawannya.

Jika, karyawan merasakan kualitas, kenyamanan, dan rasa bangga terhadap BCA, maka tingkat kepercayaan nasabah kepada BCA pun akan semakin tinggi dalam menyimpan, berinvestasi, dan menggunakan layanan perbankan yang telah disediakan BCA.

Sejauh ini, apakah kamu sudah merasakan betapa BCA sangat profesional dalam mengurus bisnisnya? Selanjutnya, kenali dulu produk dan layanan BCA agar kamu bisa memastikan dengan tepat produk dan layanan apa yang hendak kamu percayakan kepada BCA.

Produk dan layanan Bank BCA

layanan bank bca

Sesuai dengan komitmen, “Senantiasa di Sisi Anda”, BCA terus berusaha memberikan solusi terbaik untuk kebutuhan finansial para nasabahnya. Sebab hal tersebut merupakan suatu kehormatan dan kebanggan bagi BCA.

Tidak lupa untuk terus melakukan proses penyempurnaan yang berkelanjutan dalam menyediakan produk dan layanan yang terbaik bagi nasabah. Apa saja produk dan layanan tersebut?

Produk simpanan

Nasabah dapat memilih beragam produk simpanan yang memberikan kemudahan dan kenyamanan sesuai apa yang dibutuhkan.

  1. Tahapan. Tahapan BCA merupakan produk tabungan BCA yang diciptakan untuk kenyamanan hidupmu. Dilengkapi dengan paspor BCA yang berfungsi sebagai kartu ATM, Debit, dan Tunai, Tahapan BCA tentu memudahkan nasabah dalam bertransaksi.
  2. Tahapan Xpresi. Tahapan Xpresi hadir dengan tampilan baru. Desain kartu yang beragam tentu dikhususkan buat kamu yang kreatif, dinamis, dan berkarakter. Terdapat lebih dari 50 desain kartu untuk Tahapan Xpresi yang unik dan berbeda dari yang lain, beberapa di antaranya desain khusus Si Penyuka Travelling, Si Penyuka Fashion, Si Retro, dan Si Pecinta Alam.
  3. Tahapan Berjangka. Tahapan berjangka merupakan produk tabungan perorangan yang hadir untuk mewujudkan setiap impianmu. Dengan sistem setoran rutin dalam jumlah dan jangka waktu tertentu ditambah lagi dengan asuransi jiwa demi kenyamanan nasabah.
  4. Tahapan Gold. Tahapan ini hadir untuk membantu kelancaran usaha kamu seraya melindungin kredibilitas transaksi bisnis. Dengan Tahapan Gold, kamu dapat melakukan transaksi bisnis selama 24 jam dalam satu minggu penuh, di mana saja dan kapan saja. Tidak hanya praktis tetapi juga terlindungi.
  5. Tapres. Jika kamu tidak hanya ingin menabung saja tetapi menginginkan keuntungan yang lebih dari menyimpang uang itu sendiri, maka kamu bisa memilih Tapres. Tapres memberikan suku bunga yang lebih, lho.
  6. Simpanan Pelajar. BCA ikut berpartisipasi terhadap perkembangan generasi muda Indonesia dengan meluncurkan Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) BCA. Bagi calon nasabah yang masih berumur di bawah 17 tahun dan belum memiliki KTP dapat membuka Tabungan SimPel. Tabungan SimPel membantu nasabah untuk lebih disiplin dalam mengelola keuangan dan menumbuhkan sikap gemar menabung.
  7. TabunganKu BCA. TabunganKu diperuntukkan khusus untuk perorangan dengan persyaratan yang mudah dan ringan. Keuntungan yang akan didapatkan nasabah adalah bebas biaya administrasi bulanan dan setoran awal pembukaan rekening minimum sebesar Rp20.000.
  8. LAKU. Dengan mendaftar di agen LAKU, kini menabung menjadi lebih mudah karena tidak melulu harus ke bank. Praktis, mudah, dan tentu saja aman sebab menggunakan kode rahasia OTP (One Time Password) yang dikirimkan melalui ponsel nasabah.
  9. BCA Dollar. Khusus untuk kamu yang gemar bertransaksi dalam mata uang asing, seperti USD dan SGD, kamu dapat memanfaatkan Tabungan BCA Dollar ini. Keuntungan utama yang akan kamu dapatkan yakni setoran dan tarikan banknotes dengan kondisi 1:1 (tidak dikenakan kurs jual beli) sampai dengan limit tertentu. Kartu BCA Dollar juga dapat berfungsi sebagai kartu identitas sekaligus sebagai sarana bertransaksi.
  10. Deposito Berjangka BCA. Berniat untuk investasi? Deposito BCA bisa menjadi salah satu pilihannya. Uang yang kamu simpan akan bekerja dengan sendirinya. Dengan pilihan jangka waktu dan bunga yang kompetitif, Deposito BCA menjadi pilihan investasi yang tepat.

Produk pinjaman

Produk selanjutnya yang bisa menjadi pilihan nasabah adalah produk pinjaman. Nikmati beragam fasilitas dan keuntungan yang ditawarkan BCA dalam program Pinjaman berupa Fasilitas Kredit ini.

  1. Kredit Pemilikan Rumah BCA. Ingin membeli rumah atau ruko namun dananya belum tercukupi? BCA bisa segera mewujudkannya. Rumah atau ruko dalam keadan baru ataupun bekas, BCA bisa mewujudkannya untukmu. Dengan Kredit Pemilikan Rumah BCA (KPR BCA) semua itu bisa terwujud. Di dalamnya juga terdapat fasilitas renovasi rumah dan kebutuhan lainnya, lho.
  2. Kredit Pemilikan Apartemen. Untuk nasabah yang ingin memulai hidup tinggal diperkotaan dengan gaya hidup modern dengan memiliki apartemen pribadi, kamu bisa mengajukan Kredit Pemilikan Apartemen BCA (KPA BCA). Dapatkan pinjaman untuk pembelian unit apartemen dengan angsuran ringan dan kemudahan dalam pembayaran.
  3. KPR Xtra. KPR BCA Xtra hadir dengan manfaat yang berlipat ganda. Kamu mendapatkan jangka waktu (tenor) dan nominal angsuran yang ekstra fleksibel karena kamu bisa memilih sesuai kemampuanmu.
  4. KPR Refinancing BCA. Jika kamu memerlukan dana cepat, KPR BCA Refinancing adalah solusi terbaik. Segala masalah pendanaan pribadi kamu akan segara diselesaikan dengan menjamin rumah, ruko, atau apartemen. Keuntungan lain yang didapatkan diantaranya persyaratan yang sangat mudah, suku bunga rendah dan stabil sehingga angsuran akan terasa ringan, serta KPR BCA Refinancing bebas penalti. KPR BCA Refinancing bisa menjadi jalan keluar yang dapat diandalkan.
  5. Kredit Kendaraan Bermotor. KKB BCA adalah solusi paling tepat bagi pembiayaan kendaraan dari berbagai tipe dan merek, baik dalam kondisi baru maupun bekas dengan program yang inovatif, suku bunga ringan, dan tenor yang fleksibel.
  6. Kredit Sepeda Motor. Demi mewujudkan sepeda motor keinginanmu, pilihlah layanan pembiayaan dengan jaminan angsuran yang ringand dan fleksibel di Kredit Sepeda Motor BCA (KSM BCA). Pengajuan kredit yang mudah, persetujuan kredit cepat, dan bebas dari kenaikan jumlah angsuran akan menjadi keuntunganmu.

Layanan elektronik

Kamu dapat menikmati layanan perbankan elektronik demi mempermudah transaksi perbankan dengan aman, cepat, dan mudah. Berikut layanan perbankan elektronik yang ditawarkan BCA.

  1. ATM BCA (multifungsi, no tunai, dan setoran tunai).
  2. EDC BCA.
  3. Debit BCA.
  4. Tunai BCA.
  5. Flazz.
  6. Self Service Passbook Printer (SSPP).
  7. Internet Banking (KlikBCA Individu dan KlikBCA Bisnis, Klik Bisnis Integrated Solution).
  8. Mobile Banking (m-BCA).
  9. Contact Center (Halo BCA).
  10. Phone Banking (BCA by Phone Business dan BCA by Phone).
  11. SMS Top Up.
  12. BCA Mobile.
  13. SMS BCA.
  14. SMS Push Notification Service via SMS/email.
  15. E-Tax (pembayaran pajak lokal: Ppn, Pph, dan lainnya).
  16. Sakuku.
  17. BCA KlikPay.
  18. DUITT.
  19. eBranch BCA.
  20. VIRA (Virtual Assistant Chat Banking BCA).

Produk kartu kredit BCA

Beragam pilihan kartu kredit BCA yang disediakan untuk nasabahnya. Kamu akan mendapatkan banyak keuntungan, kemudahan, dan kenyamanan dalam menggunakan kartu kredit sesuai dengan kebutuhanmu. Berikut produk Kartu Kredit BCA.

  1. BCA Card Platinum.
  2. BCA Mastercard Black.
  3. BCA Visa Batman.
  4. BCA JCB Black.

Pengiriman uang

Tidak hanya kemudahan bertransaksi dalam mata uang rupiah, tetapi BCA juga meluncurkan produk kemudahan bertransaksi dalam valuta asing.

  1. Remittance. Remittance BCA melayani transaksi pengiriman uang dalam valuta asing kepada penerima di dalam atau luar negeri. BCA Full Payment ini akan diterima dalam jumlah utuh tanpa potongan oleh penerima, dengan biaya USD 10 (ekuivalen) + biaya telex Rp50.000.
  2. Fire Cash. Layanan khusus nasabah yang akan dan sering menerima uang dari luar negeri untuk keluarga tercinta.

Investasi dan asuransi

1. Asuransi BCA Life

Beragam produk asuransi yang ditawarkan oleh Asuransi BCA Life, di antaranya:

  • Provisa Max/Provisa Platinum Max.
  • Provisa Syariah.
  • Provisa Platinum Syariah.
  • Provisa Platinum Max.
  • Maxi Health.
  • Maxi Kid Investa.
  • Maxi Retirement.
  • Maxi Legacy.
  • BCA Life Heritage Protection.
  • Asuransi Kebakaran.
  • Asuransi Kendaraan Bermotor.
  • Asuransi Kecelakaan Diri.

2. Investasi

Produk investasi di BCA terbagi menjadi investasi reksa dana dan obligasi.

Reksa dana

  • Reksa Dana Pasar Uang
    • Danareksa Gebyar Dana Likuid.
    • First State Indonesian Money Market Fund.
    • Schroder Dana Likuid.
  • Reksa Dana Terproteksi
    • Batavia Terproteksi Gebyar I.
    • Batavia Terproteksi Gebyar II.
    • Batavia Terproteksi Genyar III.
  • Reksa Dana Saham
    • Ashmore Dana Ekuitas Nusantara.
    • Ashmore Dana Progresif Nusantara.
    • Batavia Dana Saham.
    • Batavia Dana Saham Optimal.
    • BNP Paribas Pesono.
    • BNP Paribas Ekuitas.
    • Danareksa Mawar Konsumer 10.
    • First State IndoEquity Sectoral Fund.
    • Schroder Dana Prestasi Plus.
    • Schroder Dana Prestasi.
    • Schroder 90 Plus Equity fund.
    • Schroder Dana Istimewa.
  • Reksa Dana Campuran
    • BNP Paribas Spektra.
    • Schroder Dana Terpadu II.
    • Schroder Syariah Balanced Fund.
  • Reksa Dana Pendapatan Tetap IDR
    • Danareksa Gebyar Indonesia II.
    • Nikko Gebyar Indonesia Dua.
    • Panin Gebyar Indonesia II.
    • Schroder Prestasi Gebyar Indonesia II.
    • Schroder Dana Mantap Plus II.
  • Reksa Dana Pendapatan USD
    • BNP Paribas Prima USD.
    • Schroder USD Bond fund.

Obligasi

  • Surat Utang Negara
    • Obligasi Negara Ritel (ORI).
    • Saving Bond Retail (SBR).
    • Obligasi Negara Fixed Rate (FR).
    • Obligasi Negara Valas (INDON).
  • Surat Berharga Syariah Negara
    • Sukuk Negara Ritel (SR).
    • Sukuk Negara Tabungan (ST).
    • Project Based Sukuk (PBS).
    • Obligasi Negara Valas Syariah (INDOIS).

Ke mana harus menghubungi BCA?

kantor cabang bca

Dengan komitmen, “Senantiasa di Sisi Anda”, BCA memberikan kemudahan untuk kamu dalam dalam berkomunikasi. Melalui Halo BCA di 1500888 kamu dapat menghubungi customer service BCA kapan pun dan di mana saja.

Jika tidak memiliki waktu untuk berbicara melalui telepon, BCA memberikan pelayanan kepada nasabah melalui WhatsApp Bank BCA di 0811-1500-998. Ingat, akun WhatsApp tersebut memiliki logo verified (centang warna hijau). Sebelum memulai pesan, ingat untuk mengirim pesan #HaloBCA terlebih dahulu dan chat kamu akan segera dibalas oleh customer service.

Tidak sampai di situ saja kemudahan berkomunikasi yang dihadirkan BCA. Kamu juga bisa membuka website BCA dan mengakses webchat di bca.co.id atau mengirimkan pesan melalui email ke [email protected] Jika kamu anak millenial banget yang 24 jam dalam satu hari hidupnya mengakses media sosial, BCA pun hadir untuk kamu. dengan mention langsung BCA di akun Twitter @halobca.

Atau, jika kamu kurang merasa cukup berkomunikasi secara tidak langsung dan hendak langsung ke kantor BCA agar mendapatkan penjelasan yang tuntas, berikut alamat kantor BCA yang tersebar di beberapa kota besar.

DKI Jakarta

Menara BCA, Grand Indonesia. Jalan M.H. Thamrin No. 1, Jakarta Pusat.

Bandung

Cabang & Kode Alamat Telepon
KCU Bandung (008) Jalan Asia Afrika 122-124, Bandung 022-4236303
KCU A.Yani (0437) Jalan A. Yani 656-658, Bandung 022-7206706
KCU Dago (7770) Jalan Ir. H. Juanda 66, Bandung 022-2513185-86
KCU Soekarno Hatta (0346) Jalan Soekarno Hatta 240, Bandung 022-5403343

Semarang

Kantor Cabang Utama KCU Semarang (0009), Jalan Pemuda No. 90-92 Semarang. Nomor Telepon: 024-3510575(hunting), 3548003

Surabaya

Cabang & Kode Alamat Telepon
KCU Darmo (0088) Jalan Raya Darmo 5, Surabaya 031-5671003-08
KCU Diponegoro (0258) Jalan Dr. Sutomo 118, Surabaya 031-5671243
KCU Galaxy (7880) Jalan Kertajaya Indah Timur No. 37-39, Surabaya 031-5929919
KCU HR Muhammad (8290) Jalan HR Muhammad 17, Surabaya 031-7327907, 7327921
KCU Indrapura (0468) Jalan Indrapura 35, Surabaya 031-3572888
KCU Rungkut (8220) Jalan Kendangsari Industri 2, Surabaya 031-8438284
KCU Veteran (0010) Jalan Veteran 18-24, Surabaya 031-3531136

Malang

Kantor BCA Cabang KCU Malang, Jalan Jenderal Basuki Rachmat 70-74, Malang, Jawa Timur. Nomor telepon: 0341-364500

Denpasar

Kantor BCA Cabang KCU Denpasar, Jalan Hasanudin 58, Denpasar, Bali. Nomor telepon: 0361-420186, 431012-14, 434089

Padang

Kantor BCA Cabang KCU Padang,Jalan H. Agus Salim No. 7, Padang, Sumatera Barat.. Nomor telepon: 0751-32111-14, 38661, 31580

Bandar Lampung

Kantor BCA Cabang KCU Bandar Lampung,Jalan Yos Sudarso 100, Bandar Lampung. Nomor telepon: 0721-486205

Balikpapan

Kantor BCA Cabang KCU Balikpapan,Jalan Jenderal Sudirman 139, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Palembang

Kantor BCA Cabang KCU Palembang, Jalan Kapten Rivai 22, Palembang, Sumatera Selatan. Nomor telepon: 0711-312244

Makassar

Kantor BCA Cabang KCU Makassar, Jalan Jenderal A. Yani 31, Makasar, Sulawesi Selatan. Nomor telepon: 0411-319208

Medan

Kantor BCA Cabang KCU Medan, Jalan Diponegoro 15, Medan, Sumatera Utara. Nomor telepon: 061-4155800 (hunting), 414880

Jadi itu perkembangan Bank BCA beserta penjelasan dari produk-produk perbankan yang mereka tawarkan kepada nasabah di Indonesia. Semoga bermanfaat ya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →