Nasabah Panik karena Sistem Eror, Mandiri Jamin Rekening Segera Pulih

bank mandiri

Bank Mandiri mencatat, sekitar 1,4 juta nasabahnya mengalami perubahan saldo rekening berbeda. Ini terjadi karena perseroan sedang melakukan proses pemeliharaan dan peningkatan kualitas sistem teknologi informasi (TI). 

Masalah ini, jelas Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas pertama kali dialami Bank Mandiri.

“Total nasabah 15 juta yang kena 1,4 juta, cukup banyak. Kalau ditanya sudah berapa kali terjadi, ini baru pertama kali,” ungkap Rohan di Jakarta, Sabtu (20/7/2019), seperti dilansir dari Sindonews jaringan MoneySmart.

Beberapa nasabah mendapati penambahan saldo disebabkan error system. Namun, tidak ada penambahan ekstrem yang didapatkan nasabah.

“Sejauh ini kita belum tahu penambahan angka yang terjadi pada nasabah, tapi bukan penambahan saldo yang ekstrem,” jelasnya. Dia pun menjamin saldo rekening nasabah segera pulih.

Bank Mandiri pastikan saldo pulih

Bank Mandiri
Bank Mandiri (Instagram/@bankmandiri)

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas menjelaskan, Bank Mandiri saat ini tengah melakukan pemeliharaan sistem teknologi informasi (TI) untuk meningkatkan layanan transaksi keuangan nasabah. 

Dalam proses pemeliharaan dan peningkatan kualitas sistem TI tersebut, berdampak pada berubahnya nilai saldo sebagian nasabah. 

Untuk itu, Bank Mandiri sedang melakukan normalisasi saldo rekening yang terdampak pemeliharaan sistem TI tersebut.

“Karena sebelum perpindahan ini selalu dilakukan backup data saldo nasabah,” jelas Rohan.

Baca juga: Jenis-jenis Kartu Debit Mandiri yang Perlu Diketahui dan Berikut Biaya Bulanannya

Cek rekening tabungan 

Bank Mandiri
Bank Mandiri (Instagram/@bankmandiri)

Bank BUMN ini juga mempersilakan nasabah yang ingin melakukan pengecekan rekening tabungannya ke kantor cabang Bank Mandiri. 

Rohan meminta nasabah untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

“Saat ini kami informasikan dan tegaskan bahwa perubahan tersebut terjadi pada saat perpindahan proses dari core system ke back up system yang rutin dilaksanakan di akhir hari. Namun pada kali ini, terjadi error pada data saldo 10 persen nasabah Bank Mandiri,” imbuhnya.

Dia pun meminta maaf mengenai saldo rekening nasabah yang sempat hilang atau berkurang.

“Sekali lagi kami memohon maaf dan kami pastikan rekening nasabah aman,” tandasnya.

Sekadar diketahui, imbas perbaikan sistem Bank Mandiri, para nasabah melayangkan protes pada PT Bank Mandiri Tbk. Pasalnya, beberapa nasabah mengalami saldo yang berkurang bahkan sampai nol rupiah. 

Salah satunya, Andhini Handayani yang saldo tabungannya berkurang dan tersisa Rp 100 ribu. Padahal, sebelumnya saldo terakhirnya adalah Rp 2,5 juta.

Selain Andhini, beberapa nasabah juga mengalami pengurangan saldo. Hal itu terlihat dari media sosial seperti Twitter yang dibanjiri unggahan protes terhadap bank BUMN tersebut. Beberapa bahkan ada yang saldonya terbaca nihil alias nol rupiah. 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →