Profil Bank Mega Syariah dan Produk Unggulannya 2020

keunggulan bank mega syariah

Bank Mega Syariah adalah perusahaan bank yang berada di bawah naungan manajemen CT Corp. Tidak heran jika kamu tertarik untuk menjadi nasabahnya karena bank ini menawarkan begitu banyak keuntungan. 

Keuntungan apa yang dimaksud? Untuk menjawabnya, mari kita kenali dulu profil dan produk-produk perbankan yang ditawarkannya.

Profil perusahaan Bank Mega Syariah

Bank Mega Syariah pertama kali berdiri pada tahun 27 juli 2004. Sejarahnya berawal dari PT Bank Umum Tugu (Bank Tugu)  yang diakuisisi oleh CT Corpora melalui Mega Corpora dan PT Para Rekan Investama pada tahun 2001.

Sejak awal akuisisi, para pemegang saham memang ingin mengubah Bank Umum Tugu menjadi bank umum syariah. 

Keinginan tersebut terlaksana setelah mendapatkan izin dari Bank Indonesia melalui Keputusan Deputi Gubernur Bank Indonesia No.6/10/KEP.DpG/2004. Melalui izin tersebut, Bank Umum Tugu resmi menjadi Bank Syariah Mega Indonesia atau disingkat BSMI. Tanggal 27 juli 2004 menjadi tanggal resmi berdirinya Bank Syariah Mega Indonesia. 

Pengubahan Bank Tugu menjadi Bank Syariah Mega Indonesia dicatat dalam sejarah perbankan Indonesia sebagai salah satu upaya bank umum konvensional menjadi bank umum syariah. 

Perkembangan identitas perusahaan

BSMI resmi beroperasi pada tanggal 25 Agustus 2004. Sejak saat itu ada beberapa perubahan terjadi pada Bank Mega Syariah, di antaranya:

  1. Pada tanggal 7 November 2007 pemegang saham memutuskan perubahan bentuk logo BSMI ke bentuk logo PT Bank Mega yang menjadi sister company-nya. Hanya saja BSMI menggunakan warna yang sedikit berbesa dengan PT Bank Mega. 
  2. Pada tanggal 2 November 2010 PT Bank Mega Syariah Indonesia mengganti namanya menjadi PT Bank Mega Syariah melalui Keputusan Gubernur Bank Indonesia No. 12/75/KEP.GBI/DpG/2010.
  3. Pada tanggal 16 Oktober 2008 Bank Mega Syariah mendapatkan status sebagai Bank devisa. Status ini membuatnya dapat melakukan transaksi devisa dan terlibat dalam perdagangan internasional. Artinya jangkauan bisnisnya pun semakin luas tidak hanya di ranah domestik namun juga dan internasional. 
  4. Di tahun 2009 tepatnya pada tanggal 8 April mendapatkan izin dari departemen agama republik Indonesia sebagai bank yang dapat menerima setoran biaya penyelenggaraan ibadah haji. Izin ini menjadi salah satu landasan baru bagi Bank Mega Syariah untuk semakin melengkapi kebutuhan akan perbankan syariah umat muslim di Indonesia. 

Demi mewujudkan visi Tumbuh dan Sejahtera Bersama Bangsa, Bank Mega Syariah terus melakukan sejumlah inovasi dan mengembangkan usahanya. 

Di antaranya dengan memperkuat modal dasar bank yang semula Rp400 miliar menjadi Rp1,2 triliun dan begitu pun modal yang disetor bertambah dari Rp150,060 miliar menjadi Rp318,84 miliar. Untuk saat ini modal tersebut telah mencapai Rp787,204 miliar.

Untuk mewujudkan visi di atas, Bank Mega Syariah juga melakukan pengembangan produk perbankan dengan memasuki pasar perbankan mikro dan gadai. 

Pengembangan produk ini juga diikuti dengan penambahan infrastruktur layanan perbankan yang semakin lengkap dan luas termasuk di kantor-kantor cabang di seluruh. 

Kalau kamu punya pertanyaan terkait produk simpanan dan investasi lainnya sekaligus mendapatkan rekomendasi kepada berbagai produk asuransi yang ada di Indonesia, konsultasikan saja di Tanya Lifepal!

Produk Bank Mega Syariah

Ada dua kategori produk dan pelayanan Bank Mega Syariah, yaitu Funding (pendanaan) dan Financing (pembiayaan).

Kategori Funding (pendanaan)

  1. Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel), yaitu ditujukan untuk nasabah perorangan atau siswa yang berusia di bawah 17 tahun dan belum memiliki KTP. 
  2. Tabungan utama IB, yaitu tabungan untuk nasabah perorangan yang memberikan kemudahan kenyamanan dan keuntungan sesuai prinsip syariah.
  3. Tabunganku IB, yaitu untuk nasabah perorangan dengan biaya pembukaan rekening dan saldo minimum rekening yang lebih ringan. Setoran awal dan saldo minimum Tabungan IB sebesar Rp20.000. Salah satu keunggulannya adalah tanpa biaya administrasi bulanan. Tabungan ini ditujukan untuk menumbuhkan budaya menabung serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Tabungan Rencana IB, yaitu tabungan untuk nasabah perorangan yang dapat digunakan untuk merencanakan semua kegiatan sesuai keinginan nasabah. Tabungan Rencana IB ada dua macam, yaitu tabungan rencana setoran rutin dan nonrutin. Jangka waktu penyimpanannya mulai dari 6 bulan sampai dengan 216 bulan (18 tahun) dengan menggunakan akad mudharabah mutlaqah. Rekening akan ditutup secara otomatis ketika gagal debit setoran sebanyak tiga kali berturut-turut. 
  5. Tabungan investasi IB, yaitu tabungan yang ditujukan untuk nasabah perorangan dan korporasi dengan sistem bagi hasil yang lebih tinggi. Nilai investasi berpotensi naik atau turun mengikuti pergerakan profit bank.
  6. Tabungan Haji IB, yaitu simpanan yang ditujukan untuk nasabah perorangan yang merencanakan ibadah haji ke Tanah Suci. 
  7. Tabungan Haji Anak IB, yaitu tabungan haji khusus bagi nasabah anak yang berniat menjalani ibadah haji. Setoran awalnya ringan dan setoran selanjutnya bersifat fleksibel. Meskipun untuk anak, tabungan ini tetap terhubung secara resmi dengan sistem online siskohat kementerian agama RI.

Kategori Financing (pembiayaan)

  1. Pembiayaan investasi, yaitu digunakan untuk melakukan pembelian barang investasi seperti pembelian ruko, rukan, atau gudang. Termasuk pembelian alat-alat berat, mesin, kendaraan untuk investasi usaha, pembelian barang investasi usaha lainnya, dan take over. Ada dua jenis pembiayaan investasi, yaitu pola pembiayaan langsung dan pola pembiayaan kerja sama dengan skema channel, eksekutif, dan joint financing.
  2. Pembiayaan IMP, yaitu pembiayaan investasi dengan akad Ijarah Muntahiyah bit Tamlik (IMBT). Objek yang dibiayai merupakan barang yang bergerak. Pembiayaan ini dapat digunakan untuk pengadaan barang langsung atau yang didahului dengan take over dari LKK/LKS dan refinancing.
  3. Pembiayaan MMQ IB, yaitu pembiayaan untuk kepemilikan aset melalui pola kerja sama atas usaha sewa di mana porsi dana bank terbilang lebih kecil. Pembiayaan ini dapat digunakan untuk tujuan pengadaan aset baik yang didahului dengan take over dari LKK/LKS dan refinancing.
  4. Pembiayaan modal kerja, yaitu pembiayaan kepada nasabah dengan tujuan pemberian tambahan dana untuk modal kerja usaha baik untuk penyediaan usaha maupun menutupi piutang usaha. Ada dua pola pembiayaan, yaitu pola pembiayaan langsung dan pola pembiayaan kerja sama dengan skema channel, eksekutif, atau joint financing.
  5. Pembiayaan rekening koran Syariah IPB, yaitu pembiayaan modal kerja dengan akad musyarakah. Realisasi maupun pembayaran pokok dapat dilakukan berulang-ulang selama limit pembiayaan belum terlampaui dan pembiayaan juga belum jatuh tempo. Nasabah dapat memanfaatkan pembiayaan ini sesuai kebutuhannya, yaitu dengan cara melakukan penarikan dana sesuai dengan kebutuhan. Penarikan dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan menggunakan media cek atau bilyet giro.

Keunggulan Bank Mega Syariah

Salah satu keunggulan dari produk Bank Mega Syariah adalah jaminan kehalalannya karena diawasi Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Itu sebabnya kamu gak perlu khawatir produk Bank Mega Syariah mengandung riba.

Selain itu, terdapat keunggulan lain dari produk-produk tabungan yang ditawarkan. Berikut penjelasannya.

  • Simpanan dalam mata uang rupiah.
  • Berdasarkan prinsip syariah dengan Akad Wadiah atau Mudharabah Mutlaqah. Tiap-tiap akad ini menerapkan prinsip bagi hasil, bukan bunga.
  • Dana dapat diambil sewaktu-waktu.
  • Tanpa fasilitas kartu ATM (khusus Akad Wadiah).
  • Dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga Rp2 miliar untuk simpanan tabungan atau deposito.
  • Setoran awal ringan
  • Nasabah dapat bertransaksi di seluruh jaringan ATM Prima, Bersama, dan Mega Net.
  • Terdapat fitur Bill Payment untuk pembelian pulsa dan pembayaran tagihan, seperti Telkom, PLN, pembiayaan lain (multifinance), hingga PDAM.
  • Gratis biaya tarik tunai di ATM jaringan Mega Net.
  • Gratis biaya transaksi belanja di mesin EDC Prima (BCA) dan Mega Net.
  • Tersedia layanan SMS Notifikasi.
  • Beragam spesial diskon termasuk Coffee Bean & Tea Leaf, Baskin Robbins, dan Wendy’s.
  • Tiering Nisbah Bagi Hasil yang berbeda-beda sesuai nominal yaitu:
  1. 1 persen untuk simpanan kurang dari Rp1 juta.
  2. 4,20 persen untuk simpanan antara Rp1 juta – 500 juta.
  3. 8,45 persen untuk simpanan di atas Rp500 juta.

Syarat pembukaan rekening tabungan Bank Mega Syariah

Bagi kamu yang tertarik membuka rekening tabungan Bank Mega Syariah, caranya gampang banget. 

Kamu hanya perlu mendatangi kantor cabang terdekat. Namun, tidak ditemukan informasi terkait pembukaan rekening secara online.

Berikut syarat yang perlu kamu penuhi untuk membuka rekening syariah ini.

  • Dokumen yang harus dibawa (pilih salah satu), yaitu KTP/SIM untuk WNI dan Paspor untuk WNA.
  • Membawa setoran awal Rp100 ribu (khusus Tabungan Utama iB).

Untuk selanjutnya, jika kamu ingin menjadikan rekening syariah Mega sebagai tabungan, setoran minimal selanjutnya adalah Rp50 ribu. Selain itu, saldo minimum di rekening ini harus Rp50 ribu ya.

Selain itu, terdapat biaya bulanan sebagai biaya administrasi yang berkisar Rp2.500 – Rp100 ribu. Nominal Rp100 ribu ini dikenakan bagi kamu yang menutup tabungan syariah dari Bank Mega.

Proteksi tabungan syariah dengan asuransi syariah

Agar tabungan syariah kamu aman dan terjaga nilainya sesuai prinsip syariah, kamu memerlukan proteksi syariah. Seperti tabungan berbasis syariah, asuransi syariah juga terjaga kehalalannya karena pengelolaan berdasarkan prinsip Islam ini diawasi DSN MUI.

Apa aja sih asuransi syariah yang kamu perlukan untuk melindungi tabungan kamu di Bank Mega Syariah?

Salah satunya tentu aja asuransi kesehatan syariah. Produk ini bakal memberikan manfaat asuransi berupa jaminan biaya rumah sakit sesuai prinsip syariah.

Dengan begitu, kamu gak perlu khawatirkan biaya rumah sakit sesuai syariat Islam. Kamu juga gak perlu menggunakan tabungan di saat terjadi risiko tidak terduga seperti ini, termasuk kamu yang ingin memproteksi tabungan syariah dari pengeluaran tidak terduga atas aset yang kamu miliki seperti mobil.

Memiliki asuransi mobil berarti tabungan kamu punya proteksi dari pengeluaran untuk risiko berkendara.

Gimana cara mendapatkannya? Tentu lewat e-commerce asuransi seperti Lifepal. Beli asuransi online memudahkan kamu dalam proses dan meminimalkan biaya-biaya lainnya.

Di Lifepal kamu bakal mendapatkan produk asuransi kesehatan, asuransi mobil, hingga asuransi jiwa dengan harga pas sesuai kebutuhan dan konsultasi gratis.

Call center dan kantor cabang Bank Mega Syariah

Layanan nasabah dapat dihubungi melalui surel ke [email protected] atau menghubungi Mega Syariah Call di sambungan (021) 2985 2222.

Nasabah juga dapat menghubungi cabang terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Informasi alamat dan nomor telepon kantor cabang dapat diperoleh di situs resminya

Kantor cabangnya tersebar di Jabodetabek, pulau Jawa, Sumatera, Bali, dan Nusa Tenggara, Kalimantan, dan Sulawesi. Pelayanan untuk nasabah juga bisa didapatkan melalui Payment Point atau Layanan Syariah Bank Mega lainnya yang tersebar di kota-kota besar, termasuk di Transmart dan Carrefour di seluruh Indonesia. 

Kenapa memilih layanan bank syariah dibandingkan konvensional?

Sebagai negara dengan jumlah muslim terbesar di dunia sudah sewajarnya jika kita mengandalkan layanan bank syariah untuk mendukung kegiatan perekonomian kita. Perlu diingat juga mengenai prinsip bahwa harta dalam Islam merupakan karunia Allah yang wajib digunakan sesuai dengan tuntunan ajaran Islam. 

Maka dari itu kita pun dihimbau untuk semakin meningkatkan kepesertaan kita dalam perekonomian Islam dengan menggunakan produk-produk keuangan syariah, baik dari produk-produk perbankan atau pun produk-produk keuangan syariah lainnya.

Tanya jawab seputar Bank Mega Syariah

Berikut daftar pertanyaan seputar Bank Mega Syariah.

Bank Mega Syaiah memiliki dua kategori yaitu Funding dan Financing. Pada kategori Funding tersedia 7 produk tabungan. Tiga di antaranya adalah Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel), Tabungan Utama IB, dan Tabungan Haji IB.

Pada kategori Financing tersedia lima produk pembiayaan yaitu Pembiayaan investasi, Pembiayaan IMP, Pembiayaan MMQ IB, Pembiayaan modal kerja, dan Pembiayaan rekening koran Syariah IPB.

Salah satu kelebihan bank syariah dari grup CTCorp ini adalah berbagai diskon yang diberikan buat jajan di beberapa restoran dan kafe yang dinaungi induk perusahaan yaitu Coffee Bean & Tea Leaf, Baskin Robbins, dan Wendy’s.

Nah, untuk kekurangan dari produk atau layanan bank ini adalah ketiadaan informasi terkait pembukaan rekening online. Sekadar informasi, rata-rata perbankan di Indonesia telah memiliki fitur pembukaan rekening online yang memudahkan nasabah.

Tunas Bank Mega Syariah adalah sebutan untuk lowongan pekerjaan bagi mereka yang berusia 18 tahun. Lowongan ini memberikan kesempatan kerja dengan pendidikan SMA/SMK/sederajat hingga D3 dengan usia calon pelamar mulai 18 tahun.

Jenis pinjaman dari bank syariah ini ada lima produk yaitu Pembiayaan investasi, Pembiayaan IMP, Pembiayaan MMQ IB, Pembiayaan modal kerja, dan Pembiayaan rekening koran Syariah IPB.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →