Tega Gadai Istri Rp 250 Juta, Barang-Barang Unik Ini yang Umum Jadi Jaminan

Gadai

Gadai barang bisa menjadi jaminan bagi mereka yang membutuhkan uang. Namun, sebenarnya barang apa saja sih yang lazim alias umum jadi jaminan seseorang?

Beberapa waktu lalu, Indonesia dihebohkan dengan pemberitaan seorang pria yang rela menggadaikan istrinya sendiri demi melunasi utangnya.

Peristiwa itu bermula ketika Hori bin Suwari (43) warga Desa Jenggrong, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang meminjam uang Rp 250 juta kepada Hartono warga Desa Sombo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang merupakan tetangga desanya.

Sebagai jaminan, Hori memberikan istrinya berinisial R (35) kepada Hartono. Berdasarkan perjanjian, Hartono akan mengembalikan R kepada Hori bila sudah melunasi pinjamannya.

Namun, setahun berlalu, Hori belum juga bisa melunasi utangnya. Sehingga, istri yang digadaikannya masih dimiliki Hartono.

Pertanyaannya, wajarkah seseorang menggadaikan istrinya sendiri? Barang unik apa saja yang umum menjadi jaminan seseorang saat butuh uang dan diterima Pegadaian?

Untuk mengetahuinya, yuk simak pemaparan MoneySmart yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini:

1. Tupperware

Gadai
Tupperware salah satu barang gadai yang umum jadi jaminan (Instagram/@tupperwareid)

Untuk kamu pengoleksi Tupperware kini harus menjaga betul kondisi wadah makanan dan minuman satu ini.

Pasalnya,  perabot rumah tangga ini ternyata mempunyai nilai sebagai jaminan gadai, khususnya di outlet Pegadaian karena memiliki nilai garansi seumur hidup.  

Tupperware dianggap mempunyai nilai ekonomis sehingga bisa digadai dengan nilai pinjaman Rp50 ribu-Rp500 ribu.

Nonimalnya memang tidak besar, karena target nasabahnya masyarakat berpenghasilan rendah yang sedang membutuhkan uang hingga setengah juta rupiah.

Baca juga: Beli Barang Lelang Pegadaian Bisa Menghemat Loh, Simak Caranya Nih!

2. Keris

Gadai
Keris bisa untuk gadai di pegadaian (Shutterstock)

Sebagai senjata asli Indonesia yang memiliki nilai sejarah, keris dibanderol dengan harga cukup tinggi. Pasalnya, benda satu ini banyak diburu kolektor.

Orang yang menggadai keris bisa dipastikan akan segera menebusnya.

3. Gading

Gadai
Gading barang yang bisa untuk gadai di pegadaian (Shutterstock)

Gading gajah merupakan barang langka yang banyak diburu para kolektor. Harga gading gajah sangat mahal, mulai dari belasan hingga jutaan rupiah. Bahkan, gading gajah biasanya menjadi harta warisan yang berharga.

Karena harga gading gajah bisa jadi jaminan di Pegadaian, produk satu ini umum jadi jaminan.

Adapun untuk harga gading gajah disesuaikan dengan harga pasar setempat. Ada gading gajah yang bernilai hingga Rp 400 juta, lho!

4. Traktor

Gadai
Gadai traktor salah satu barang yang diterima jadi jaminan di pegadaian (Shutterstock)

Sebagai alat berat yang digunakan sebagian besar petani, harga traktor terbilang tinggi. Yaitu, mulai belasan hingga ratusan juta rupiah.

Pihak Pegadaian menerima traktor untuk digadaikan supaya bisa membantu para petani yang sedang kesulitan keuangan.

5. Pompa air

Gadai
Gadai pompa air salah satu barang yang diterima jadi jaminan di pegadaian (Shutterstock)

Pompa air bisa digadaikan, terutama di beberapa daerah pedesaan. Pihak Pegadaian menerima pompa air jika benda tersebut sangat berharga dari penduduk desa.

Langkah ini diambil untuk mencegah masyarakat desa terjerat dengan pinjaman rentenir, pengijon, atau pinjaman bank yang tak wajar.

Itulah lima produk yang lazim digadaikan saat seseorang kepepet membutuhkan uang. Kalau kamu memiliki barang-barang tersebut, dijaga baik ya, siapa tahu butuh menggadaikannya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →