Pakai “Teknologi Lama”, 10 Barang Jadul Ini Masih Laku Mahal Lho

barang jadul

Istilah “teknologi lama,” memang jadi obrolan belakangan ini berkat debat pilpres kemarin. Tapi percaya gak percaya, banyak barang jadul yang masih punya nilai tinggi walaupun masih menggunakan teknologi lama.

Bisa jadi barang-barang ini masih ada di gudang rumahmu atau di kamarmu sendiri. Tapi, kamu gak sadar. Padahal, kalau dijual di pasaran masih ada lho yang berminat memilikinya dengan harga yang pantas.

Pengin tahu barang-barang jadul apa yang dimaksud? Simak ulasannya yuk di bawah sini.

Baca juga: Kamu Punya 8 Barang Jadul Ini? Jual Saja Pasti Untungnya Gede

1. Sony Playstation One

barang jadul
Sony Playstation One. (Shutterstock)

Sony Playstation One yang ukurannya lebih kecil dari Playstation ternyata banyak dijual di pasaran di harga Rp 250 hingga Rp 300 ribuan lho. Tapi itu semua tergantung dari kondisi juga. Console ini juga seringkali dilengkapi stik getar, dual shock!

Sejatinya, console game era 32 bit ini memang sempat populer di awal tahun 2000. Beberapa game yang terkenal di console ini adalah Tekken, Winning Eleven, Harvest Moon, Resident Evil, Gran Turismo, Crash Bandicoot, hingga WWF Smack Down.

Baca juga: Meski Jadul, Ternyata 5 Barang Ini Nilainya Sampai Triliunan Rupiah

2. Nintendo 64

barang jadul
Nintendo 64. (Shutterstock)

Barang jadul yang satu ini merupakan saingannya Sony Playstation. Tentu saja perbedaannya ada di varian games, stik, dan grafisnya yang sudah mencapai 64 bit. N64 juga merupakan konsol Nintendo generasi kelima yang dinyatakan sangat revolusioner di masanya.

Konsol ini terbilang langka di pasaran, kalaupun ada masih laris Rp 350 ribu lho. Lumayan kan kalau bisa diduitin.

Salah satu game seru yang ada di N64 tentu saja Mario Party yang bisa dimainkan empat orang sekaligus. Belum lagi, ada Pokemon Stadium dan Super Smash Bros.

Baca juga: Gak Sampai Rp 10 Ribu, Deretan Kosmetik Jadul Ini Masih Laris Manis

3. Sega Megadrive

barang jadul
Sega Mega Drive. (Wikimedia Commons)

Kalau yang ini adalah konsol game 16 bit yang dirilis Sega tahun 1988. Jelas banget bahwa konsol ini adalah saingan dari Super Nintendo.

Barang ini pun masih laris dengan harga pasaran Rp 350 ribuan. Padahal, di tahun 1990an, Sega juga dijual di harga yang sama lho.

Beberapa game terkenal Sega antara lain adalah Sonic, Street of Rage, Mortal Kombat, dan Double Dragon.

4. Super Nintendo (SNES)

barang jadul
Super Nintendo. (Pixabay)

Super Nintendo Emulation System harganya mahal lho walaupun ini adalah barang jadul teknologi lama. Video game 16 bit ini dijual di online shop dalam kondisi bekas di harga Rp 800 ribuan lho.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Bisa dibilang, harganya lebih mahal daripada kompetitornya karena games-games di SNES memang lebih variatif dan asyik.

5. Piringan hitam

barang jadul
Piringan hitam. (Pixabay)

Empat barang di atas mungkin bakal dibeli atau dikoleksi gamer, namun yang satu ini tentunya jadi barang favoritnya kolektor musik.

Di era 1940 hingga 1970-an, selain lewat radio, orang-orang yang ingin menikmati musik tentunya perlu membeli sebuah piringan hitam atau vinyl record yang dirilis artis ternama.

Jangan salah lho, piringan-piringan hitam yang udah gak lagi diproduksi di dunia itu, harganya masih tinggi jika dijual kembali sekarang. Apalagi jika itu adalah album dari artis legendaris blues, rock, atau jazz ternama.

Satu piringan hitam harganya berkisar antara Rp 250 ribu hingga Rp 1,2 juta. Semua tergantung kondisinya. Apakah barang ini ada di rumahmu?

6. Kaset tape

barang jadul
Kaset tape. (Pixabay)

Kalau piringan hitam gak ada, coba cek apa masih ada kaset tape di rumahmu. Barang jadul ini juga mahal kalau dijual, apalagi yang rilisan polygram tahun 1990-an.

Tentunya masih banyak yang mencari kaset Metallica, Megadeth, Iron Maiden, Motorhead, Deep Purple, Janis Joplin, dan sebagainya.

Kalau punya kaset Bob Marley rilisan awal, harganya bisa Rp 200 ribuan lho.

7. Jukebox

barang jadul
Jukebox. (Pixabay)

Nah ini bisa dibilang sebagai alat pemutar musik jadul yang harganya paling mahal.

Bayangin aja, pemutar antik tahun 1950-an ini ada yang jual Rp 10 jutaan lho. Mahal banget bukan?

Tapi tentu saja yang beli bukan orang sembarangan. Pasti dia adalah kolektor yang siap bayar mahal.

8. Telepon putar

barang jadul
Telepon putar. (Pixabay)

Nah lho, biar kata sekarang orang-orang sudah pakai ponsel, harga telepon putar malah mahal. Telepon jadul ini rata-rata dibanderol Rp 350 hingga Rp 1 jutaan lho.

Mungkin orang gak bakal menggunakan ini buat alat komunikasi. Tapi lebih kepada sebagai pajangan saja.

9. Handphone Ericsson R310s Hiu

barang jadul
Handphone Ericsson R310s Hiu. (Wikimedia Commons)

Masih ingat sama HP jadul ini? Ponsel yang dirilis tahun 2000-an ini kerap dicari banyak orang lantaran ponsel ini adalah pionir dari alat komunikasi tahan banting. Selain tahan banting, dia juga tahan air lho.

Jangan kaget kalau barang jadul ini harganya berkisar antara Rp 2 hingga Rp 5 jutaan. Padahal ini cuma ponsel monokrom berukuran besar. Tapi fungsinya sebagai alat komunikasi outdoor memang cukup baik.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

10. Barang jadul kamera polaroid

barang jadul
Kamera polaroid. (Pixabay)

Sampai kapanpun, dunia fotografi pasti punya penggemarnya sendiri. Kalau sekarang semua orang bisa foto lewat ponsel tapi jaman doeloe ya pakai kamera polaroid.

Jangan kaget, kamera polaroid kuno harganya berkisar antara Rp 350 ribu hingga Rp 1 jutaan lho.

Itulah 10 barang jadul teknologi lama yang punya nilai jual tinggi saat ini. Kira-kira masih ada gak ya di rumahmu? Atau jangan-jangan kamu masih menggunakan salah satunya? (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →