7 Cara Menghilangkan Baret Mobil Dengan Mudah dan Ampuh

baret mobil

Baret pada mobil memang cukup meresahkan, meski tidak mempengaruhi fungsi, namun baret mobil membuat tampilan kendaraan jadi tidak lagi menarik. Ketika dijual, adanya baret pada mobil juga menjadi salah satu faktor yang memberatkan pembeli. 

Sebenarnya, ada banyak cara menghilangkan baret di mobil yang mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Meski menggunakan bahan-bahan yang sederhana, tetapi cukup ampuh, lho.

Lihat pilihan polis asuransi mobil terbaik, tanggung 100% biaya perbaikan di bengkel, termasuk lecet dan baret yang disebabakan berbagai risiko. Premi mulai Rp200 ribu/ bln!

Berikut tips atau cara menghilangkan baret mobil dan rekomendasi penghilang baret mobil yang ampuh. Baca sampai tuntas, ya

Cara menghilangkan baret mobil dengan bahan-bahan sederhana

Kalau hanya menghilangkan baret mobil, apalagi yang tidak terlalu dalam, sebaiknya kamu mencoba untuk menghilangkannya sendiri. Tidak perlu untuk repot-repot datang ke bengkel karena kamu bisa melakukannya dengan bahan-bahan sederhana. 

Ada beberapa komponen penghilang baret mobil yang bisa kamu coba. Beberapa diantaranya mungkin tidak cocok untuk semua warna mobil jadi kamu perlu memperhatikan dengan lebih detail, ya

Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaran. Manfaatkan asuransi mobil all risk untuk mendapatkan jaminan ganti rugi atas biaya perbaikan mobil secara menyeluruh di bengkel terbaik.

Tetapi perlu diingat, baret pada bodi mobil mungkin saja disebabkan karena kotoran seperti lumpur dan tanah. Karena tidak dibersihkan, tanah tersebut menjadi kering lalu menjadi seperti baretan. 

Jadi, cobalah untuk mencuci dulu mobil kamu dengan bersih untuk memastikan apakah itu memang baret mobil atau hanya kotoran saja. 

1. Menghilangkan baret mobil menggunakan pasta gigi

Menghilangkan baret mobil menggunakan pasta gigi

Cara menghilangkan baret mobil menggunakan pasta gigi bukanlah mitos, ini adalah sebuah “life hack” yang bisa kamu coba. Pertama, siapkan pasta gigi, kain lap yang bersih dan sedikit air. 

Ambil pasta gigi dan oleskan pada bagian bodi mobil yang baret, lalu gogok-gosok bagian tersebut dengan kain lap yang sudah dibasahi oleh air. Lakukan hal itu beberapa kali dengan mengoleskan kembali pasta gigi pada mobil yang baret. Terakhir, bilas busa yang keluar menggunakan air. 

Pada percobaan pertama, baret tidak akan langsung hilang. Beri tekanan yang cukup kuat untuk bisa menghilangkan baret pada mobil dengan sempurna.

Pasta gigi cocok untuk menghilangkan baret pada mobil hitam karena pasta gigi yang berwarna putih membuat baretan lebih terlihat saat digosok. Namun, cara ini hanya efektif untuk menghilangkan baret mobil yang tidak terlalu dalam, ya. 

Menurut situs otomotif Auto2000.co.id, pasta gigi termasuk bahan yang cocok juga sebagai cara menghilangkan baret pada cat mobil, khususnya warna mobil silver. 

2. Menghilangkan baret mobil menggunakan obat nyamuk cair

Cara menghilangkan baret mobil selanjutnya yakni menggunakan obat nyamuk cair. Sama seperti pasta gigi, obat nyamuk cair juga bahan penghilang baret mobil yang mudah ditemukan di rumah. 

InArc Banner Web A-100
InArc Banner Mobile A-100

Terdapat kandungan pada obat nyamuk cair yang ternyata bisa menghilangkan baretan pada bodi kendaraan. 

Obat nyamuk cair dapat menjadi alternatif penghilang baret mobil, khususnya baret pada mobil hitam dan warna-warna gelap lainnya. Namun, obat obat nyamuk cair juga bisa dipakai juga kok untuk menghilangkan baret pada mobil warna silver. 

Cara menghilangkan baret mobil dengan autan cukup mudah. Pertama, oleskan obat nyamuk cair tersebut ke lap kain yang kering dan bersih. Usap-usap permukaan bodi mobil yang telah diberikan obat nyamuk cair menggunakan kain lap kering yang sudah ditambahkan obat nyamuk cair tersebut.

Pastikan kain lap nya bersih dan kering, ya. Jika menggunakan kain lap basah, hal itu bisa menyebabkan kandungan penghilang baretnya larut. Dan jika kain lapnya kotor, malah akan bisa menambah baretan pada mobil lagi. 

Setelah permukaan mobil yang baret itu dioles secara merata dengan obat nyamuk, tunggu 15 hingga 20 detik. Lalu elap lagi bagian tersebut dengan kain lap bersih. 

3. Cara menghilangkan baret mobil menggunakan minyak rem

Minyak rem memiliki zat yang cukup keras untuk mengatasi mobil baret. Ini merupakan komponen penghilang baretan yang juga cukup mudah didapatkan. 

Cara ngilangin baret mobil menggunakan minyak rem cukup dengan mengoleskan minyak rem pada kanebo atau lap kering bersih lainnya.

Kemudian, oleskan pada bagian bodi yang baret. Lakukan secara lembut dengan gerakan melingkar. 

Minyak rem dapat digunakan untuk menghilangkan baretan pada mobil hitam maupun warna lainnya. 

4. Menghilangkan baret mobil menggunakan minyak kayu putih

Cara menghilangkan baret mobil menggunakan bahan sederhana lainnya adalah dengan minyak kayu putih. Pastinya, minyak kayu putih ada di rumah kamu atau mudah dibeli di warung, kan

Namun, perlu diingat minyak kayu putih ini hanya berhasil untuk menghilangkan baret mobil yang ringan saja. Akan sia-sia kalau kamu mencoba untuk menghilangkan baret mobil yang dalam menggunakan kayu putih. 

Cara penggunaannya hampir sama dengan sebelumnya yakni mengoleskan minyak kayu putih pada kain lap bersih kemudian gosokkan pada permukaan bodi kendaraan yang baret. 

5. Menghilangkan baret mobil menggunakan cairan amonia

Amonia adalah bahan kimia yang kerap dipakai sebagai gas pendingin untuk memurnikan air. Selain itu, Amonia juga banyak dipakai untuk cairan pembersih lantai dan sebagainya. 

Di marketplace, cairan amonia 25% sebanyak 1 liter dijual hanya dengan Rp27 ribu saja. Cukup terjangkau, bukan? 

Ternyata, amonia juga dapat kamu gunakan untuk menghilangkan baretan pada mobil. Menurut salah satu website otomotif, Autolounge, cairan amonia ini cocok penghilang baret kaca mobil. 

Beberapa komponen penghilang baretan di atas mungkin tidak cocok untuk menghilangkan baretan kasar pada mobil, namun cairan amonia ini dijamin bisa melakukannya. 

Untuk menggunakannya, siapkan cairan amonia sebanyak 15 ml, air sebanyak ½ liter dan lap kering. Tuangkan cairan amonia ke dalam air lalu aduk hingga merata. 

Setelah itu, celupkan kain lap lalu peras hingga cukup lembab. Gosokkan ke bagian bodi atau kaca mobil yang baret dengan gerakan memutar. Tunggu 15 hingga 20 detik lalu bilas menggunakan air bersih. 

6. Menghilangkan baret mobil menggunakan cat kuku 

penghilang baret mobil dengan kutek

Siapa sangka bila cat kuku ternyata dipakai untuk menghilangkan baret pada mobil. Namun, cat kuku hanya bisa dipakai untuk membersihkan baret halus. 

Cara menghilangkan baret halus pada mobil cukup mudah. Pertama, kamu harus mencari cat kuku yang warnanya senada dengan mobil kamu.

Kemudian, oleskan tipis-tipis cat kuku pada pada baretan. Hindari mengoleskan cat kuku terlalu banyak sampai membuat dempul. 

Cara menggunakan cat kuku ini juga bisa dikombinasikan dengan pasta gigi untuk mengurangi excess pada area yang mau dioles. 

7. Cara menghilangkan baret mobil dengan scratch remover

cara menghilangkan baret mobil
Contoh baret mobil

Scratch remover dapat dengan mudah kamu temukan di toko bengkel atau aksesori kendaraan. Produk scratch remover atau penghilang baret mobil ini boleh dibilang pilihan terbaik karena memang dibuat khusus untuk menghilangkan baret pada mobil.

Jika menggunakan bahan-bahan sederhana yang sudah dijelaskan di atas namun hasilnya belum maksimal, pertimbangkan untuk membeli scratch remover ini. 

Ada beberapa tipe produk scratch remover yang dijual di pasaran seperti wax, compound, spray, dan touch pen. Masing-masing tipe penghilang baret memiliki karakteristiknya tersendiri yang ampuh untuk berbagai kondisi. 

Untuk membantu kamu menemukan produk penghilang baretan yang tepat, simak penjelasan beberapa tipe scratch remover berikut ini. 

Tipe spray untuk menghilangkan baret mobil yang dalam

penghilang baret mobil tipe spray

Penghilang baret mobil tipe spray cukup efektif untuk menghilangkan baret mobil yang dalam. Scratch remover tipe spray dapat menyamarkan baret mobil dengan sangat efektif. Namun, tipe ini masih cukup sulit ditemukan di pasar Indonesia. 

Tipe compound untuk menghilangkan goresan dangkal

compound penghilang baret mobil

Compound adalah bahan yang digunakan untuk menghaluskan cat kasar pada saat seseorang melakukan pengecatan. Kompon penghilang baret mobil ini terbilang cukup efektif sebagai cara menghilangkan baret halus mobil karena itu banyak orang yang merekomendasikannya. 

Di platform e commerce, kompon penghilang baret kaca mobil atau bodi mobil dijual cukup murah, mulai dari Rp50 ribu hingga Rp150 ribu saja. Pilihlah kompon warna putih untuk menghilangkan baret ringan pada bodi kendaraan. 

Untuk cara penggunaannya, bersihkan dulu bagian bodi yang ada goresannya menggunakan air agar kotoran yang menempel hilang. Setelah itu, bersihkan lagi menggunakan kain lap kering. 

Poles bagian yang baret menggunakan kompon secara merata. Lakukan dengan cepat karena kompon cepat kering hingga membuatnya susah untuk dibersihkan.  

Usahakan untuk lakukan cara memoles mobil bagian bodi dengan satu arah agar bagian sekitarnya tidak terkikis. Bila baretannya sudah terlihat bersih, lanjutkan dengan membilas bodi mobil dengan air. 

Tipe wax, untuk menyamarkan goresan halus 

wax penghilang baret mobil

Scratch remover tipe wax dapat menjadi pilihan kamu yang ingin menyamarkan baretan halus. Namun, ada juga tipe wax seperti Turtle Wax T-234KT yang mengklaim dapat mengatasi goresan parah pada bodi kendaraan. 

Ada dua jenis tipe wax mobil yakni tipe cair yang dapat menyamarkan goresan dan tipe padat yang efektif untuk membersihkan goresan. Berhati-hatilah saat menggunakan wax tipe cair karena punya sifat abrasif yang dapat merusak bagian mobil lainnya.  Jangan gosok terlalu keras dan lakukan pada bagian yang baret saja. 

Disarankan untuk menggunakan wax tipe padat karena tidak memiliki cairan bersifat abrasif. Jadi, boleh dibilang lebih aman. 

Tipe touch pen untuk menghilangkan goresan pada cat yang terkelupas

merek penghilang baret mobil pen scratch remover(1)
Sumber: consumerreports.org

Ada pula tipe penghilang baret mobil yang mirip seperti spidol karena itu sering juga disebut spidol penghilang lecet cat mobil. Yup, kamu dapat mempertimbangkan untuk memakai scratch remover tipe touch pen ini sebagai cara menghilangkan lecet mobil atau cat mengelupas.

Dari semua jenis penghilang baret pada mobil, tipe touch pen ini yang paling murah, hanya sekitar Rp10 ribuan saja. Meskipun murah, keampuhannya cukup baik, kok

Untuk menggunakannya, pertama pilih touch pen yang warnanya sesuai dengan mobil kamu. Kemudian, oleskan pada bagian bodi mobil yang baret. Spidol ini akan menyamarkan cat dan membuat lecetnya menjadi seamless. 

Touch pen umumnya bersifat permanen dan tahan terhadap hujan.  

Rekomendasi penghilang baret mobil terbaik 

Setelah memahami tipe scratch remover di atas, kamu tentu ingin mencari tahu produk atau merek penghilang baret mobil terbaik. Nah, berikut ini Lifepal sudah rangkumkan untuk kamu daftar penghilang baret pada mobil yang bisa menjadi referensi kamu. 

1. Turtle Wax Scratch and Swirl Remover 

Turtle Wax adalah produsen penghilang baret pada mobil asal Amerika yang sudah berpengalaman lebih dari 70 tahun. Dengan cairan dari Turtle Wax, baret pada mobil yang disebabkan karena tergores maupun terkena ranting pohon dapat dihilangkan. 

Cara penggunaannya juga cukup mudah, cukup menuangkan cairan Turtle Wax ke bagian yang tergores lalu seka secara perlahan menggunakan kain berbahan microfiber. 

Di Indonesia, harga Turtle Wax dibanderol sekitar Rp65 ribu hingga Rp120 ribu. 

2. Simoniz Fix it Pro

Rekomendasi penghilang baret mobil lainnya yakni dari Simoniz. Produk tipe touch pen ini diklaim dapat memperbaiki goresan dengan mudah dan mengasyikkan karena seperti mewarnai mobil kamu dengan spidol. 

Kamu hanya perlu “mencoret-coret” bagian mobil yang baret sampai tertutupi lalu diamkan selama 24 jam. Tetapi, produk Simoniz Fix it Pro ini sama dengan tipe touch pen lainnya yakni hanya untuk menyamarkan baret halus ringan. 

Saat kamu membeli Simoniz, kamu akan mendapatkan formula Simoniz dan alat untuk memolesnya. Alat pemolesnya ada yang berbentuk spidol namun ada pula yang sudah cukup canggih yakni sudah menggunakan penggosok otomatis bertenaga baterai. 

Untuk Simoniz spidol, harganya sekitar Rp15 ribu hingga Rp20 ribu. Sementara Simoniz Fix it Pro yang sudah menggunakan tools bertenaga baterai harganya mulai dari Rp85 ribu. 

3. SONAX ProfiLine Glass Polish

Untuk kamu yang sedang mencari cara penghilang baret kaca mobil, SONAX ProfiLine Glass Polish ini bisa menjadi pilihan. Krim dari SONAX ini dirancang khusus untuk menghilangkan baret kaca mobil ringan dan noda kusam yang mengganggu. 

Sebelum menggunakannya, basahi dulu bantalan pemoles dengan air bersih. Oleskan krim SONAX pada bantalan pemoles sedikit demi sedikit, lalu aplikasikan pada baretan. 

Poles secara merata sambil menekannya pelan-pelan. Jangan fokuskan pada satu area saja atau menekan terlalu kuat. Agar lebih efektif, gunakan mesin pemoles seperti dari Simoniz di atas. Jika sudah selesai, bersihkan dengan clear glass dan kain lembut. 

Harga SONAX ProfiLine Glass Polish untuk ukuran 50ml dibanderol mulai dari Rp120 ribuan.

4. Meguiar’s Scratch X

Meguiar’s Scratch X mengklaim dapat menghilangkan goresan dengan cepat karena menggunakan sistem micro abrasive eksklusif. Baretan ringan sampai menengah, termasuk goresan akibat benda padat bisa diatasi dengan scratch remover mobil yang satu ini. 

Selain menghilangkan baretan, krim ini juga bisa untuk mengembalikan kilapnya mobil kamu seperti baru. Harganya memang terbilang cukup mahal. Di salah satu platform e-commerce, Meguiar’s Scratch X dibandrol di harga sekitar Rp255 ribu. 

5. KIT Cream/Rubbing Compound 

Kamu pastinya sudah akrab dengan merek KIT yang juga banyak dipakai untuk mengkilapkan mobil atau motor. Produk ini cukup mudah ditemukan di minimarket terdekat. 

Dari beragam produk yang dimiliki oleh KIT, ada yang memang dibuat khusus untuk menghilangkan baret pada mobil atau motor, salah satunya KIT Cream/Rubbing Compound.  

KIT penghilang baret mobil  ini mengandung heavy duty dan caranuba wax premium yang punya sifat abrasif sangat kuat. Dari segi harga terbilang ekonomis, yakni sekitar Rp20 ribuan saja. 

6. Mothers California Gold Scratch Remover

Produk kit penghilang baret lainnya yang menjadi rekomendasi adalah Mothers California Gold Scratch Remover. Produk ini sangat efektif untuk menghilangkan baret mobil dalam atau parah yang disebabkan karena benda tumpul maupun benda tajam. 

Untuk hasil yang lebih maksimal, sebaiknya kamu menggunakan waxing guna melindungi cat mobil lebih tahan lama. Harga yang dibanderol untuk Mothers California Gold Scratch Remover ini sekitar Rp200 ribu. 

7. American Magic Polisher 

Buat kamu yang mencari cara menghilangkan baret pada mobil hitam, produk American Magic Polisher pastinya cocok untuk kamu, nih. Produk kosmetik kendaraan yang satu ini dipercaya efektif untuk menghilangkan baret pada mobil dan mengembalikan tampilan menjadi kinclong kembali. 

Produk scratch remover yang dijual dengan harga Rp100 ribuan ini memang idealnya untuk mobil warna hitam.

Cara menghilangkan baret mobil yang dalam

Beberapa cara di atas mungkin saja tidak efektif bila mobil kamu mengalami baret atau lecet yang parah. Jika sudah begitu, sebaiknya kamu mendatangi ahlinya. Berikut beberapa opsi yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan baret mobil yang dalam. 

Pergi ke salon mobil  

Opsi pertama yang bisa kamu lakukan adalah mendatangi salon mobil terdekat yang memang berpengalaman untuk menghilangkan baret mobil parah. Salon mobil umumnya terbagi menjadi beberapa jenis layanan seperti cleaning, detailing, coating, fogging dan fumigator. 

Untuk menghilangkan baret mobil parah, kamu dapat memilih layanan detailing yang menggunakan teknik poles (polishing) dan waxing untuk mempercantik kendaraan. 

Teknik polishing bekerja untuk membetulkan cat kusam atau cat mobil yang terkikis sementara waxing bekerja untuk memberikan perawatan dan perlindungan pada cat mobil. 

Berikan perlindungan terbaik untuk keuanganmu dengan asuransi mobil TLO. Asuransi mobil TLO memberikan ganti rugi kerusakan mobil di atas 75 persen dan kehilangan akibat pencurian. Dapatkan asuransi TLO terbaik di Lifepal.

Menurut informasi yang dikutip dari Gridoto.com, teknik polishing merupakan proses mengikis atau meratakan permukaan cat mobil pada lapisan clear coat. Baret halus umumnya muncul di lapisan clear coat ini sehingga harus dikikis terlebih dahulu. 

Setelah baretan atau lecet dapat diperbaiki, maka untuk menjaganya dilakukan teknik waxing atau coating

Banyak yang salah kaprah soal polishing ini dengan menganggapnya sebagai teknik perawatan. Padahal, teknik polishing lebih tepat dikatakan sebagai teknik perbaikan yang dilakukan sesekali saja. Jika dilakukan sering, teknik polishing ini malah berakibat tidak baik. 

Pergi ke ketok magic  

Pergi ke ketok magic juga dapat menjadi pilihan yang patut kamu pertimbankan. Orang umumnya pergi ke jasa ketok magic untuk memperbaiki mobil penyok, remuk atau retak. 

Jika baretan pada mobil kamu cukup dalam, akan susah menggunakan bahan-bahan sederhana yang sudah disebutkan di atas. Pada kasus mobil penyok yang menyebabkan mobil juga menjadi lecet, bodi mobil perlu didempul kemudian di poles ulang catnya. 

Jika hanya menghitung jasa catnya saja, maka biaya yang dibutuhkan hanya sekitar Rp150 ribu hingga Rp300 ribu saja. Lain halnya dengan mobil penyok yang sudah pasti akan lebih mahal. 

Cat ulang body mobil

Solusi terakhir untuk menghilangkan baret mobil yang cukup banyak adalah dengan pergi ke jasa cat ulang mobil. Biaya cat mobil baret umumnya dihitung per panel dengan memperhatikan pula cat yang digunakan. 

Biaya cat ulang per panel adalah Rp300 ribu – Rp450 ribu, untuk standar panel yakni Standar Panel Pintu, Spakbor/Fender, Bumper, Side skirt dan Spoiler/Wing). Sementara bila pada atap mobil, hitungannya menjadi Rp500 ribu hingga Rp800 ribu.

Glass coating bisa jadi cara merawat body mobil. Simak selengkapnya tentang glass coating di Lifepal!

Bengkel untuk memperbaiki mobil baret 

Perlu rekomendasi bengkel untuk memperbaiki mobil baret dan lecet? Berikut daftar bengkel body repair yang bisa kamu kunjungi. 

Bengkel body repair Jakarta 

Nama bengkel bodi repairAlamat BengkelNomor Telepon
Auto 81Jalan Kedoya Raya No. 7, Kelurahan Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat(021) 93399881
Autowerke Body RepairJalan Asem II Blok Ros No.32, South Cipete, Cilandak, South Jakarta City, Jakarta(021) 27828272
Aumos Car Repair & DetailingJalan Tanjung Barat No. 2B, Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan0812-9988-009
Bengkel cat oven Murah JakselJalan Warung Buncit Raya No.22, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan0878-8688-8071
Spectra Body RepairJalan Jl.Ampera Raya No.1 (Disamping SMP/SMU Sumbangsih), Cilandak Timur, Jakarta Selatan(021) 7829956

Bengkel body repair Bekasi 

 

Nama bengkel body repairAlamatNomor telepon
Bengkel Ketok Magic Wajah BaruJl. Puskesmas No.4, RT.006/RW.001, Aren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi0823-2024-3239
Berkah Body Repair | Bengkel Las KetokJl. Pulau Jawa Raya Perumnas 3 No.1, RT.002/RW.007, Aren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur0878-8103-3765
Akmal Service StationJl. Pahlawan No.12, RT.005/RW.004, Duren Jaya, Kec. Bekasi Timur(021) 71351819

Bengkel body repair Depok 

Nama bengkel body repairAlamatNomor telepon
Rafet AutoJl. Raya Jakarta-Bogor No. 37, Sukamaju Baru, Kec. Tapos, Kota Depok0813-8105-0309.
Garasi 35Jl. Raya Jakarta-Bogor No. 35, Cisalak, Kec. Sukmajaya, Kota Depok0818-0822-1085
HRM Body RepairJl. Putri Tunggal, Harjamukti, Kec. Cimanggis, Kota Depok0857-1702-8256.

Cara klaim asuransi mobil baret 

Diantara kalian mungkin sudah ada yang memiliki asuransi mobil, kan? Nah, ketimbang mengeluarkan uang untuk memperbaiki mobil yang baret, klaim saja asuransi mobil kamu untuk mengcover biaya mobil baret atau mobil lecet di bengkel rekanan perusahaan asuransi. 

Jenis asuransi yang biasanya mengcover mobil lecet adalah asuransi mobil all risk. Tetapi, perlu diingat kalau perusahaan asuransi tidak akan langsung mengabulkan klaim kamu, ya. Syarat dikabulkannya klaim jika mobil mengalami lecet akibat kejadian yang tidak terduga seperti kecelakaan atau tersempet pengendara lain. 

Langkah-langkah klaim asuransi mobil baret

Cara klaim asuransi mobil baret cukup mudah, kok. Berikut langkah-langkahnya. 

  • Foto bukti mobil baret kamu dengan jelas. Foto tersebut harus menggambarkan secara real kondisi mobil pasca kejadian.  
  • Siapkan dokumen yang diperlukan guna mengklaim asuransi mobil yakni formulir klaim, salinan polis asuransi, fotokopi SIM, STNK, dan Surat Keterangan Polisi jika kendaraan mengalami kecelakaan. Lebih baik lagi jika kamu menyertakan surat pertanggung jawaban pihak ketiga yang terlibat dalam kecelakaan. 
  • Isi formulir pengajuan klaim asuransi dan jelaskan apa yang terjadi secara jujur dan tanpa ada yang ditutup tutupi. 
  • Terakhir, kontak pihak asuransi untuk mengajukan klaim. Sebenarnya, kamu dapat langsung menghubungi perusahaan asuransi untuk meminta formulir atau menanyakan detail klaim asuransinya.  

Tips dari Lifepal! Agar pengajuan klaim asuransi mobil baret diterima, ada hal-hal penting yang mesti kamu ketahui sebelum mengajukan klaim asuransi mobil. Berikut beberapa diantaranya. 

  • Pastikan kejadian mobil baret yang kamu alami terjadi setelah masa kesepakatan asuransi. Jika terjadi sebelumnya, maka klaim otomotif akan ditolak. 
  • Pastikan pula waktu kejadian setelah masa tunggu, biasanya sekitar 1 bulan sejak masa berlaku polis asuransi. 
  • Pastikan tidak ada tunggakan asuransi di bulan sebelumnya (polis lapse). 
  • Pastikan mobil baret atau mobil lecet karena murni disebabkan oleh hal-hal yang tidak disengaja atau kecelakaan. 
  • Pastikan dokumen klaim sudah lengkap dan diajukan tepat waktu. Pasalnya, ada batas waktu tertentu yang bila melebihinya bisa mengakibatkan klaim kamu ditolak. 

Cari tahu asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan 

Asuransi mobil memberikan manfaat berupa penggantian biaya servis akibat kerusakan karena kecelakaan maupun bencana alam. Dengan asuransi mobil kamu tidak perlu khawatir lagi jika terjadi sesuatu dengan mobil kamu. 

Cari tahu di Lifepal daftar asuransi mobil terbaik di Indonesia yang bisa kamu pertimbangkan menggunakan kuis asuransi mobil di bawah ini. 

Kemudian, setelah mendapatkan referensi asuransi mobil terbaik, hitung perkiraan biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan dengan kalkulator premi asuransi mobil dari Lifepal berikut ini.

Pertanyaan seputar baret mobil

Apakah baret mobil bisa dihilangkan?

Ya, baret pada mobil bisa dihilangkan dengan beberapa cara dari menggunakan bahan-bahan sederhana seperti pasta gigi dan minyak rem, sampai menggunakan produk scratch remover yang banyak dijual di pasaran. Untuk baret mobil dalam atau yang sudah pasaran, sebaiknya diperbaiki di salon mobil atau bengkel terdekat karena membutuhkan penanganan khusus.

Apa itu asuransi mobil?

Asuransi mobil adalah produk pengelolaan keuangan yang menawarkan jaminan ganti rugi atas kerusakan yang menimpa mobil. Dengan memiliki jaminan finansial dari asuransi mobil, pemilik mobil tidak perlu khawatir lagi dengan mahalnya tagihan perawatan dan perbaikan di bengkel karena perusahaan asuransi yang akan menanggungnya.

Produk asuransi mobil terbagi dua, yaitu asuransi all risk dan asuransi TLO. Asuransi all risk memberikan jaminan biaya perbaikan berskala ringan hingga berat. Asuransi TLO memberikan jaminan biaya perbaikan khusus untuk tingkat kerusakan berskala berat dan jaminan penggantian unit baru andai mobil nasabah asuransi mobil hilang akibat pencurian.

Temukan referensi kepada berbagai pilihan perusahaan asuransi mobil terbaik dan konsultasikan kebutuhan asuransimu secara gratis di Lifepal.

Dapatkan Promo