E-Commerce Merajalela, BCA Turun Gunung Bikin Digital Payment

Shutterstock

Shutterstock

Menjawab kebutuhan pasar terkait transaksi pembayaran digital e-commerce, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bersama Shopee Indonesia meluncurkan layanan OneKlik BCA.

Wakil Presiden Direktur BCA Armand W. Hartono menjelaskan, peluncuran layanan tersebut imbas dari transaksi pembayaran online yang semakin diminati masyarakat. Terlebih kini berbelanja online melalui e-commerce semakin digemari.

“Meningkatnya minat masyarakat untuk berbelanja secara online harus dibarengi dengan berbagai aiternatif pembayaran. Gak hanya aman namun juga semakin memudahkan pembeli,” ujar Armand di Menara BCA, Jakarta.

Adapun OneKlik merupakan inovasi pembayaran secara online, dan nasabah dapat Iangsung melakukan pembayaran pada aplikasi merchant dengan hanya satu kali klik.

Untuk dapat menggunakan layanan tersebut, nasabah diharuskan melakukan registrasi sumber dana dari rekening BCA yang akan digunakan untuk pembayaran.

”Sekarang minat masyarakat sangat tinggi untuk belanja online, inovasi terbaru kami OneKlik ini. Kami yakini dapat menambah kenyamanan masyarakat dalam melakukan pembayaran belanja online,” jelasnya.

Armand mengatakan, layanan ini terbuka bagi e-commerce atau startup yang ingin berkerja sama. Saat ini sudah ada beberapa yang tengah menjajaki kerjasama serupa yaitu Go Pay dan Blibli.

“Semuanya silahkan. Jadi siapapun juga yang mau kerjasama kita persilakan,” tambahnya.

Dari sisi keamanan, OneKlik pada saat pembayaran tidak membutuhkan kode OTP. Sebab sesuai namanya pembayaran hanya dilakukan dalam satu kali klik.

Akan tetapi meminimalisir segala risiko, pihak BCA dengan Shopee membatasi jumlah maksimal pembayaran melalui OneKlik.

“Makanya ada batasannya. Jadi kita jaganya dari registrasinya. Yang penting registrasinya harus bener, setelah itu bisa belanja. Tapi masih ada batasannya ya. Rp 1 juta saja dulu,” ujarnya.

Era Pembayaran Digital

Pembayaran digital (ilustrasi).

Sementara itu, CEO Shopee, Chris Feng mengatakan pihaknya akan terus melakukan inovasi seiring dengan pertumbuhan konsumen yang kian besar.

“Kami terus berkomitmen untuk mengoptimalkan platform dengan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan para pengguna. Termasuk memperkuat kerjasama kami dengan mitra terdepan untuk menawarkan berbagai opsi pembayaran,” ujarnya.

Kemunculan BCA dengan layanan barunya ini menambah semarak pemain payment gateway di Indonesia. Tampaknya, era digitalisasi ekonomi akan semakin mengubah perilaku transaksi masyarakat Indonesia dari konvensional, ke arah digital atau online.

Kita tunggu saja, bagaimana kiprah BCA, Shopee dan perusahaan lainnya dalam mendigitalisasi pola pembayaran bangsa Indonesia.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis