Santai di Hari Tua, Ini 3 Cara Cepat Kaya dari Miliuner dan Sahabat Warren Buffett

Menikmati hari tua dengan santai begini lho caranya

Kamu semua pasti sudah mengenal dan tahu Warren Buffett kan? Nah dikenal sebagai salah satu miliuner di dunia, gak pengin nih santai di hari tua? Banyak lho cara cepat kaya bagi kamu yang pengin menikmati hari tua dengan santai. 

Nah kali ini gimana caranya agar cepat kaya memang bukan langsung mendengarkan dari mulut Warren Buffett. Melainkan Charlie Munger yang gak lain merupakan miliuner dan kawan dekat dari Warren Buffett. 

Pepatah atau pesan orangtua kita mungkin kalian masih ingat, “Rajin menabung pangkal kaya”. Pesan itu memang gak pernah kita bisa lupakan begitu saja bukan? 

Sejak kecil banyak dari kita diajarkan bagaimana menyimpan uang yaitu dengan menabung. Seiring perkembangan zaman, banyak cara cepat kaya yang bisa kita lakukan saat ini. 

Mulai dari berinvestasi dengan berbagai macam intrumen yang bisa kalian pilih, betul gak? Soal berinvestasi atau menabung memang perlu adanya disiplin dalam diri semua orang. 

Jika rajin berinvestasi serta menyimpan uang dengan baik, alhasil buah manis bakal kita petik kelak nanti. Kita balik lagi ke Charlie Munger yang gak lain merupakan tangan kanan dan sosok berperan membawa kesuksesan bisnis di Berkshire Hathaway. 

Gak cuma Buffett saja yang pandai dalam berinvestasi. Munger pernah diminta lho menjadi pembicara di Stanford dan memberikan pesan yang begitu fenomenal gimana caranya menjadi orang bijaksana di muka bumi ini. 

Dalam pidatonya itu, Munger pun melontarkan tips-tips buat banyak orang gimana cara cepat kaya. Hal ini memang perlu kamu serap dan lakukan agar kesuksesan mengiringi kegigihan mu dalam menikmati masa tua yang santai alias merdeka finansial. 

Seperti dikutip dari CNBCIndonesia.com, Rabu, (22/1/2020), ada tiga kunci gimana cara cepat kaya seperti yang diungkapkan oleh Munger. 

Baca juga: 5 Cara Mudah Mendapatkan Modal Investasi Biar Kaya Raya Seperti Warren Buffett

Mencari tahu bakat serta kelebihan yang ada di dalam diri kita

Gali sedalam mungkin kemampuan dan bakatmu
Ketahuilah bakat dan kemampuan mu agar mencapai kesuskesan di kemudian hari, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tanpa disadari kita jarang banget lho peka dengan bakat serta kelebihan yang dimiliki, betul gak? Nah poin pertama ini di yakini sebagai salah satu cara cepat kaya bagi Charlie Munger. 

Menurut Munger sangat penting lho kita mengasah kemampuan yang ada di dalam diri. Karena jika kita gak mengasah kemampuan yang dimiliki, banyak orang gak bakal mengetahui sejauh mana kapasitasnya bisa meraih kesuksesan. 

“Anda masing-masing harus mencari tahu di mana bakat Anda berada. Dan Anda harus menggunakan kelebihan Anda. Jika Anda mencoba untuk berhasil dalam apa yang Anda paling buruk, Anda akan memiliki karir yang sangat buruk. Saya bisa menjaminnya,” ujar Munger di hadapan siswa Stanford. 

Kesuksesan memang gak mudah didapat begitu saja, apalagi yang namanya serba kilat. Munger perlu bertahun-tahun lho buat mendapatkan kesuksesan dalam porfolio kariernya. 

Memanfaatkan bakat yang ia miliki merupakan cara Munger bisa meraih sebuah kesuksesan. Oh iya ketika kamu sudah meraih sebuah kesuksesan yang namanya nominal bakal mengikutinya. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Baca juga: Pengin Cepat Kaya Raya di Tahun 2020 Ini? Begini 5 Cara Mudah yang Bisa Dilakukan

Mengetahui bagaimana mencari jalan keluar menangani sebuah masalah

Jangan pernah lari dari sebuah masalah
Menyelesaikan masalah lebih baik ketimbang kamu lari dari kesalahan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Jika kamu memiliki masalah ya jangan lari begitu saja! Selesaikan dan mencari jalan keluar agar masalah yang dihadapi bisa terselesaikan. Munger salah satu orang yang membanggakan dirinya sendiri saat mampu menangani kesalahannya. 

Lewat sebuah kesalahannya, Munger belajar menelaah sebuah kesalahan yang dihadapi. 

“Anda dapat belajar membuat kesalahan lebih sedikit daripada orang lain, dan cara memperbaiki kesalahan Anda lebih cepat ketika Anda melakukannya. Tapi tidak mungkin kamu bisa menjalani kehidupan yang memadai tanpa [membuat] banyak kesalahan,” tambahnya. 

Jadi saat dihadapkan dengan kesalahan belajar dan jangan pernah buat menghindar darinya. Banyak orang yang gak luput membuat sebuah kesalahan. 

Bagi Munger adalah gimana kalian bisa bereaksi terhadap kesalahan ini. Carilah jalan keluar bagaimana caranya kamu bisa menyelesaikan sebuah masalah. 

Baca juga: Begini 3 Cara Menabung di Rumah yang Bikin Keuanganmu Tetap Aman!

Katakan “saya tidak tahu” merupakan jawaban yang sangat baik

Katakan "saya tidak tahu" salah satu jawaban yang bijak
Saat kamu gak mengetahui persoalan ada baiknya menjawab “saya tidak tahu”, (Ilustrasi/Shutterstock).

Lebih baik dengan menjawab “saya tidak tahu”. “Tidak ada yang mengharapkan Anda untuk mengetahui segalanya tentang segalanya. Ketika Anda tidak tahu dan Anda tidak memiliki kompetensi khusus, jangan takut untuk mengatakannya,” jelas Munger. 

Hal ini pernah lho dilakukan oleh Jack Welch, mantan CEO General Electric, yang menunjukkan pada dirinya dengan cara terbaik yakni mengatakan saya tidak tahu. 

Saat itu Welch ditanya soal keputusan yang dibuat oleh Apple, dan Welch mengatakan, bahwa dirinya gak memiliki kompetensi soal menjawab perihal keputusan Apple. 

Nah cara begini diyakini oleh Munger merupakan salah satu bentuk sikap atau bereaksi soal topik yang gak kamu tidak ketahui tapi gak terlihat sok tahu. Ibarat pepatah “diam itu emas”, jadi ada baiknya kamu tidak memberikan komentar soal hal yang gak kamu ketahui.

“Saya mencoba untuk menyingkirkan orang-orang yang selalu dengan percaya diri menjawab pertanyaan tentang mana mereka tidak memiliki pengetahuan nyata,” pungkasnya. 

Nah ketiga pesan penting yang disampaikan oleh Charlie Munger merupakan gimana kamu mengetahui cara cepat kaya. Buat mendapatkan sebuah kesuksesan disertai kekayaan memang gak ada yang instan. Semua dilakukan dengan proses, jadi jangan pernah takut dengan yang namanya sebuah proses ya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →