Jangan Boros! Salah Satu Cara Menjadi Kaya yang Bisa Diterapkan dengan Mudah

Jangan boros dalam membelanjakan uang salah satu cara menjadi kaya yang cerdas (Shutterstock).

Memiliki banyak uang menjadi idaman setiap orang. Dengan memiliki uang yang tanpa batas, tentu kamu bisa membeli apapun yang ada di dunia ini. Gak perlu kerja bertahun-tahun, asalkan kamu tahu cara menjadi kaya yang cerdas. 

Apalagi jika kamu ini adalah perantau dari luar daerah yang tengah bekerja di kota. Tentu impian menjadi orang sukses selalu terbayang-bayang di kepala bukan? Gak heran kalau banyak anak muda yang rela merantau demi mewujudkan impian menjadi orang kaya dan sukses demi membahagiakan orang tua. 

Pada kenyataannya, menjadi anak rantau yang memiliki impian sukses bukanlah hal mudah untuk dilakukan. Banyak kendala dan rintangan yang harus dihadapi untuk mencapai sebuah kesuksesan tersebut.

Terlebih ketika kamu dihadapkan pada kondisi dan masalah keuangan setiap akhir bulan. Kalau tidak pandai dalam mengaturnya, bukan tidak mungkin kamu jadi sulit untuk pulang kampung menjenguk orang tua. Gimana mau sukses, kalau pulang kampung aja susah diwujudkan. 

Agar tidak semakin terjebak dalam kondisi keuangan yang memprihatinkan, berikut ini ada beberapa cara menjadi orang kaya dengan mudah dan cerdas. Kita simak ulasan berikut ini yuk. 

Punya perencanaan keuangan yang jelas

Cara menjadi orang kaya
Perencanaan keuangan dibutuhkan jika ingin kaya raya (Shutterstock).

Perencanaan keuangan memang perlu dibuat sejelas dan sedetail mungkin. Tanpa perencanaan keuangan yang jelas, kamu bakal terlilit utang. Coba renungkan dengan seksama, kemana saja uangmu selama ini. Hingga harus menahan lapar meski masih tengah bulan. 

Kondisi ini kalau terus dibiarkan akan merusak mata pencaharianmu. Uangmu semakin tidak jelas dibelanjakan untuk apa. Berapapun gaji yang kamu dapat, selalu habis tak bersisa. Nah, jika tidak ingin terjebak pada kondisi seperti ini ubahlah dengan mengatur dan membuat rencana keuangan yang pasti.

Usahakan untuk selalu mencatat arus masuk dan keluar. Jangan boros dalam membelanjakan uangmu setiap belanja bulanan. Sebaiknya mulai sisihkan dengan teratur dalam bentuk tabungan. 

Investasi

Cara menjadi orang kaya
Investasi sangat dianjurkan (Shutterstock).

Menyisihkan uang dalam bentuk tabungan atau investasi di zaman sekarang adalah wajib hukumnya. Kamu gak bakalan tahu apa yang terjadi besok. Bisa saja perusahaan tempatmu bekerja bangkrut dan kamu tidak mendapatkan pesangon. Kalau sudah begini mau pulang kampung juga malu kan? 

Tetapi jika kamu memiliki tabungan, kondisi seperti ini bisa teratasi sambil menunggu dapat pekerjaan baru. Menabung gak ada ruginya kok. Jadi cobalah menabung mulai sekarang ya. Sisihkan setiap 30 persen dari penghasilanmu setiap bulan. 

Belanja sesuai kebutuhan

Cara menjadi orang kaya
Belanja sesuai kebutuhan saja (Shutterstock).

Seringkali yang membuat pengeluaran morat marit adalah sistem belanja yang salah. Banyak orang cenderung membelanjakan uang mereka untuk hal yang gak diperlukan sama sekali. Ada juga yang membelanjakan uang mereka karena tergiur promo. Padahal itu sama aja membuat pengeluaran kian membengkak. 

Mulai catat kebutuhan apa setiap bulan yang wajib kamu miliki. Jangan pernah menambahkan sesuatu yang sifatnya hanya konsumerisme. Usahakan untuk membeli sesuai kebutuhan saja ya. Satu hal lagi, jangan terlalu sering melihat marketplace online yang ada di ponsel. Lebih baik malah kamu tidak pernah menginstallnya sekalipun. 

Buat target jangka panjang

Cara menjadi orang kaya
Tetapkan target dan tujuan dalam mengatur keuangan (Shutterstock).

Untuk menjadi kaya raya di usia muda, kamu perlu membuat target dalam jangka panjang. Pasalnya, hidup bukan untuk hari ini saja, perjalanan masih jauh dan rintangan kian sulit. Lindungi diri dengan menyiapkan asuransi perlindungan yang sesuai. Asuransi banyak macamnya seperti asuransi jiwa, kesehatan, properti, kecelakaan hingga pendidikan. Asuransi pendidikan dapat membantu kamu mengatasi biaya sekolah yang kian meningkat setiap tahunnya. 

Buat dana darurat

Cara menjadi kaya
Dana darurat wajib dimiliki (Shutterstock).

Selain tabungan, kamu juga wajib memiliki dana darurat untuk kepentinganmu ke depan. Dana darurat biasanya dalam bentuk uang, pasalnya ketika kamu butuhkan ya memang sudah disiapkan dengan baik. Penting untuk meluangkan sedikit saja penghasilan untuk dialokasikan ke dana darurat ini. Tabungan jenis ini untuk digunakan dalam keadaan yang benar-benar mendesak saja ya. 

Semua orang selalu memimpikan dirinya menjadi kaya raya atau merdeka secara finansial. Namun banyak juga yang keliru bagaimana mereka mengalokasikan pendapatannya selama ini. Gak sedikit pula orang kaya yang mendadak jatuh miskin karena tidak pandai dalam mengatur keuangannya sendiri. Untuk itu, bukan soal bagaimana cara menjadi orang kaya saja yang perlu kamu ketahui, tetapi gimana caranya mengatur dan mengelola keuangan itu sendiri secara bijak. Semoga artikel ini bermanfaat ya! (editor: Winda Destiana Putri). 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →