Begini 5 Tips Menjual Mobil dengan Cepat, Mudah dan Menguntungkan!

Begini lho tips saat jual mobil agar untung

Bukan hanya sekedar membeli saja, menjual mobil ternyata bukan perkara mudah yang bisa dilakukan oleh semua orang. Sebab ada berbagai macam hal yang harus diurus dan memakan waktu relatif panjang dari awal sampai benar-benar akhirnya terjual ke tangan kedua.

Perkembangan dunia otomotif Tanah Air memang bisa diakui sangat positif setiap tahunnya. Hal itu bisa dilihat dari data angka penjualan motor dan mobil yang baik dari waktu ke waktu. Meskipun kadang mengalami kendala, gak mengurungkan niat para produsen untuk mengeluarkan produk-produk terbarunya.  

Godaan untuk membeli kendaraan baru pastinya gak terelakkan dan memaksa kamu menjual mobil yang saat ini nangkring di garasi lantaran menghindari pajak lebih besar.

Nah kalau kamu lagi berada di situasi tersebut atau membutuhkan uang segera, ada baiknya menyimak 5 tips menjual mobil berikut ini:

1. Rutin melakukan servis berkala

Melakukan servis berkala salah satu tips buat melepas mobil mu
Melakukan servis berkala salah satu tips buat melepas mobil mu, (Shutterstock).

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat pengin menjual mobil lama adalah rutin melakukan servis berkala untuk memastikan kondisi kendaraan tetap prima. Bagi pembeli, hal ini sangat krusial karena menjadi pertimbangan utama dalam membeli mobil bekas. 

Dengan kondisi mobil yang prima pastinya akan membantu pembeli mengurangi pengeluaran saat memiliki kendaraan bekas. Selain itu, supaya lebih memuaskan pelanggan kamu juga perlu mencatat seluruh pergantian spare part dan waktu terakhir servis.

Poin pertama ini akan meningkatkan harga jual kendaraan kamu jika dibandingkan dengan kondisi yang jarang terawat.

2. Siapkan surat-surat penting

Menyimpan surat-surat penting juga perlu kamu perhatikan
Menyimpan dokumen atau surat-surat penting mobil mu juga perlu diperhatikan lho, (Shutterstock).

Selanjutnya kamu juga harus menyiapkan berkas-berkas seperti STNK, BPKB dan KTP sebagai syarat proses administrasi penggantian nama pemilik.

Khusus untuk STNK, pastikan juga pajak tahunan dan pajak 5 tahunan mobil masih aktif terbayarkan. Kalau mati, hal ini berpotensi menurunkan harga jual kendaraan kamu. Lagi pula akan lebih sulit mencari orang yang pengin membeli kendaraan bodong dibandingkan yang masih legal.

3. Eksterior dan interior mobil juga harus diperhatikan

Menjaga eksterior dan interior mobil sangat perlu lho
Menjaga keawetan interior dan eksterior mobil sangat diperlukan lho, (Shutterstock).

Gak hanya mesin dan spareparts yang perlu diperhatikan, kondisi eksterior mobil seperti bodi dan interior juga wajib dirawat untuk meningkatkan harga jual kendaraan kamu.

Paling gak cara ini meminimalisir lecet atau cacat di kedua bagian tersebut. Walaupun ada, kamu juga harus bisa menjelaskan kepada pembeli kenapa cacat itu bisa terjadi agar calon pembeli gak curiga.

4. Manfaatkan media sosial dan e-commerce

Memanfaatkan e-commerce atau social media bisa lho buat menjual mobil
Memanfaatkan e-commerce atau social media bisa lho buat menjual mobil, (Shutterstock).

Tips keempat supaya jual mobil terasa mudah, cepat dan menguntungkan adalah dengan memanfaatkan media sosial maupun e-commerce sebagai sarana iklan. Saat ini platform seperti Instagram dan Facebook terbukti ampuh untuk memasarkan berbagai macam barang, termasuk mobil yang pengin kamu jual.

Sedangkan e-commerce seperti Tokopedia, Beli Mobil Gue dan Mobil 88 juga bisa kamu manfaatkan sebagai tempat mengiklankan mobil mu yang bakal dijual. Kamu gak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun untuk melakukan tips keempat ini alias gratis.

5. Sebelum jual mobil kamu harus cek harga pasaran

Mengecek terlebih dahulu harga pasaran mobil sebelum dijual itu penting lho
Mengecek terlebih dahulu harga pasaran mobil sebelum dijual itu penting lho, (Shutterstock).

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan sebelum menjual mobil adalah mengecek harga pasaran mobil. Hal ini berguna untuk meminimalisir kerugian sekaligus menarik lebih banyak calon pembeli.

Jika dirasa terlalu mahal, kamu juga bisa menawarkan fitur negosiasi kepada calon pembeli agar keduanya saling diuntungkan dalam melakukan transaksi jual beli.

Nah itulah 5 tips menjual mobil yang cepat, mudah dan menguntungkan yang bisa kamu coba. Jadi kamu gak perlu bermalasan lagi deh mencari calon pembeli karena semuanya sekarang sudah serba mudah. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →