Cepat dan Mudah, Begini Cara Belajar Coding untuk Pemula

Perangkat laptop (Unsplash)

Belajar coding bisa jadi hal yang paling malas untuk sebagian orang lakukan karena terbilang ribet dan sulit. Namun untuk orang yang bergelut di dunia IT atau Sistem Informasi coding udah menjadi makanan sehari-hari.

Banyaknya aplikasi yang diluncurkan merupakan bukti bahwa perkembangan dunia teknologi yang kian pesat. Perkembangan yang semakin pesan itu ternyata mengharuskan kita secara tidak langsung untuk memahaminya. Sebut saja Google, Instagram, Twitter, Facebook, hingga aplikasi  yang sedang viral, Tik Tok.

Kelima aplikasi di atas merupakan hasil olahan proses codingan. Tak hanya itu, seluruh sistem operasi Android dan aplikasi yang kita gunakan di smartphone merupakan hasil magic dari proses coding. Sebegitu populernya codingan saat ini, banyak jenis pekerjaan yang diminati banyak orang. Misalnya, Android Developer, Front End Developer, Back End Developer, dan Web Developer.

Buat kamu yang penasaran dan pengin belajar coding dengan mudah, yuk simak ulasan singkatnya berikut ini:

Pengertian Coding

Coding merupakan proses menulis kode-kode program khusus (pengkodean) yang nantinya akan menghasilkan sebuah software, aplikasi, atau web. Berdasarkan pengertiannya, fungsi utama coding adalah membuat sebuah aplikasi untuk komputer, smartphone, ataupun website yang menggunakan internet.

Sedangkan fungsi lain dari rutin mempelajari coding adalah:

  • Melatih ketelitian
  • Mengasah kemampuan otak
  • Mengembangkan skill

Kode-kode program khusus atau pengkodean yang digunakan dalam proses coding biasa disebut dengan bahasa pemrograman. Saat kamu ingin membuat aplikasi android, bahasa pemrograman yang diterapkan adalah Java, Kotlin, atau Dart. Beda halnya jika kamu ingin membuat aplikasi berbasis web, maka bahasa pemrograman yang digunakan adalah Javascript, ruby, dan lainnya.

Hal yang harus diperhatikan saat belajar coding

Terdapat beberapa hal penting yang harus ketahui sebelum bergerak lebih jauh mengenai dunia coding. Berikut ini adalah daftarnya.

1. Menentukan tujuan

Kamu harus memantapkan tujuanmu saat ingin belajar coding. Tujuannya agar kamu nggak kebingungan dengan banyaknya bahasa pemrograman dan mengetahui bahasa pemrograman mana yang menjadi prioritasmu untuk belajar.

Tentukan kamu apakah aplikasi android, iOS, web, atau aplikasi berbasis desktop yang akan kamu hasilkan dari proses coding tersebut. Jangan lupa juga menetapkan profesi apa yang hendak kamu capai kedepannya. Hal ini wajib dan penting untuk kamu pertimbangkan sedari awal untuk mengetahui bahasa pemrograman yang tepat yang akan dipelajari.

2. Menguasai bahasa pemrograman

Setelah mantap ingin membuat aplikasi berbasis apa dan profesi apa yang akan digeluti, secara tidak langsung kamu juga udah mengetahui bahasa pemrograman apa yang akan diprioritaskan untuk dipelajari. Sebagai referensi, berikut beberapa bahasa pemrograman untuk tiap-tiap aplikasi.

Beberapa bahasa pemgrograman yang sering dijumpai adalah JAVA, C++, PHP, Javascript hingga Vb.Net. Tidak semuanya harus dipelajari, tergantung minat dan bidang yang ingin kamu dalami.

3. Tekun dan konsisten

Untuk menjadi seorang ahli kamu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Harus bekerja keras dan konsisten saat belajar dan proses coding agar mencapai hasil yang diinginkan. Bukan berarti dengan cara belajar seharian penuh tapi hanya belajar seminggu sekali atau sebulan beberapa kali saja.

Disarankan kamu memiliki waktu khusus untuk mempelajari coding. Misalnya selama 45 hingga 60 menit setiap harinya. Jika kamu memang nggak punya kesibukan lain dan ingin cepat mendapatkan hasil, kamu bisa menambah waktu belajar, misalnya 1 sampai 2 jam. Kuncinya adalah bekerja keras dan konsisten atau jangan mudah menyerah saat menemui kendala.

 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

4. Memiliki kemampuan dasar bahasa Inggris

Penting untuk memperhatikan kefasihan kamu dalam berbahasa Inggris. Gak perlu menggunakan bahasa Inggris yang aktif. Sebab, tutorial coding yang disediakan di dunia maya kebanyakan berasal dari situs luar negeri yang tentu saja menggunakan bahasa Inggris. Setidaknya, kamu bisa mempelajari bahasa Inggris sedikit demi sedikit supaya gak terlalu bingung saat mempelajari tutorial pemrograman nanti.

5. Pelajari ilmunya

Pelajarilah bahasa pemrograman dari dasarnya. Biasanya saat belajar coding, kamu harus mengawalinya dengan mempelajari hal-hal seperti struktur dan aturan penulisan bahasa pemrograman,  variabel dan tipe data, penggunaan operator dan fungsi logika.

Metode belajar coding untuk pemula

Kamu bisa mempelajari coding dengan dua metode, yakni belajar secara online dan offline.

Belajar coding online

Untuk kamu yang kesehariannya di depan laptop atau berselancar di dunia maya, kamu bisa menggunakan metode yang satu ini. Banyak para pemula yang belajar otodidak menggunakan metode ini. Sumber belajarnya bisa dari aplikasi android, blog, youtube, web interaktif, dan web penyedia kursus online.

  • Belajar coding melalui aplikasi android

Gak terlalu memiliki waktu banyak untuk mengakses internet di laptop, kamu bisa mencobanya dengan mempelajari coding melalui smartphone. Ada 4 aplikasi belajar coding yang paling banyak digunakan dan diminati, seperti Programming Hub, SoloLearn, Programming Hero, dan Mito.

  • Belajar coding melalui blog

Kamu bisa mempelajari bahasa pemrograman dari beberapa sumber blog yang terpercaya. Jangan khawatir nggak bakalan ketemu blog yang tepat, sebab saat ini udah banyak banget blog khusus yang mempelajari dan memberikan tutorial coding.

  • Belajar coding melalui kursus online

Kamu juga bisa mempelajari coding melalui website khusus. Banyak banget website yang memberikan kursus online di bidang coding. Baik untuk pengembangan aplikasi berbasis website, android, desktop, atau iOS lainnya. Biasanya akan dikategorikan juga khusus untuk pemula, intermediate, dan advance.

  • Belajar coding melalui website interaktif

Website interaktif yang paling terkenal untuk mempelajari coding adalah codecademy.com. Adapun website yang berbahasa Indonesia yakni codepolitan dan codesaya. Akan tetapi, website berbahasa Indonesia tersebut hanya memiliki beberapa kategori pemrograman saja.

  • Belajar coding melalui channel Youtube

Bukan cuma sebagai media hiburan, youtube juga dikenal sebagai media pembelajaran tutorial terbaik. Mulai dari belajar memasak, menjahit, hingga coding. Banyak sekali channel-channel di youtube yang menyajikan tutorial belajar coding. Untuk kamu yang minim budget alias maunya belajar coding dengan gratis cukup bermodalkan kuota saja, kamu bisa menggunakan cara ini. Tapi ingat, tetap konsisten belajarnya, ya.

Belajar coding secara Offline

Metode pembelajaran yang kedua adalah belajar coding secara offline. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan, yaitu belajar melalui buku cetak atau ebook dan mengikuti kursus atau bootcamp.

  • Belajar coding melalui buku cetak atau ebook

Kamu yang suka membaca juga tetap bisa mempelajari coding dengan membeli buku di toko buku. Baik terbitan luar negeri maupun dalam negeri, udah banyak buku yang diterbitkan mengenai bahasa pemrograman, coding, atau apapun di bidang IT. Atau bisa juga berlangganan ebook.

  • Belajar coding melalui kursus atau bootcamp

Sekalipun banyak kursus online ditawarkan untuk mempelajari coding, tetap saja kurang cukup jika kita gak belajar tatap muka dengan mentornya. Kamu bisa memilih metode pembelajaran bootcamp.

Apa sih bootcamp? Coding bootcamp merupakan program khusus atau pelatihan dengan materi yang udah disusun sesuai kebutuhan industri. Durasinya singkat, yakni selama 3 hingga 6 bulan. Dengan sistem belajar setiap hari (kecuali weekend). Namun, kamu harus merogoh kocek lumayan dalam untuk mengikuti coding bootcamp ini. Coding bootcamp biasanya diselenggarakan atas kerja sama dengan beberapa startup atau perusahaan tertentu di bidang IT. Saat lulus nanti, kita bisa langsung disalurkan bekerja di perusahaan dan startup tertentu.

Contoh pembelajaran coding

Sedikitnya ada 2 metode pembelajaran coding yang bisa dicoba untuk pemula. Berikut ini adalah penjelasan singkatnya.

  • Belajar coding HTML

Sebenarnya, HTML bukanlah bahasa pemrograman. Akan tetapi, untuk belajar pengembangan website dasar kamu harus mempelajari HTML. HTML digunakan untuk mendesain sebuah halaman website. Dasar-dasar yang harus kamu pahami sebagai berikut:

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal
  • Tools yang digunakan
  • Struktur dasar HTML
  • Pengertian dokumen
  • Penggunaan heading
  • Format teks pada HTML
  • Format paragraf pada HTML
  • Pembuatan list atau daftar yang meliputi si berurutan, tidak berurutan, dan kombinasi keduanya
  • Belajar Coding C++

Bahasa pemrograman C++ merupakan bahasa pemrograman yang paling mudah untuk dipelajari. Bahkan siswa-siswa Sekolah Menengah Kejuruan di bidang IT pun akan mempelajari bahasa pemrograman ini. Nggak hanya tingkat SMK saja, tetapi juga banyak kampus dengan jurusan sistem informasi dan teknik informatika yang mempelajari C++ sebagai bahasa pemrograman dasar atau pemrograman berorientasi objek.

Berikut adalah alur pembelajarannya:

  • Memahami cara kerja pemrograman C++
  • Instalasi tools yang digunakan seperti notepad, visual code, sublime text, dan lainnya
  • Memahami program dan compiler
  • Memahami processing, linking, dan compiling
  • Memahami printing dan console
  • Mehamai variable dan deklarasi
  • Memahami tipe data

Belajar Coding untuk Anak

Semua orang bisa mempelajarinya, bahkan anak-anak seperti anak SD. Tidak seperti orang dewasa yang wajib serius dan berkonsentrasi tinggi saat mempelajari coding, anak-anak yang akan mempelajari coding harus melalui proses pendekatan logika yang mudah dipahami. Kuncinya, jangan dulu kasih coding-coding yang rumit.

Untuk mengasah skill coding sedari kecil kita bisa mengajarkannya melalui situs-situs belajar coding untuk anak yang interaktif dan menarik, di antaranya yaitu :

  • Scratch.com
  • Tynker.com
  • Waterbear.com

Itulah beberapa hal yang harus dan wajib kamu ketahui saat hendak mempelajari bahasa pemrograman atau belajar coding. Semoga usaha yang kamu lakukan gak sia-sia dan bisa membawa kesuksesan ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →