Belajar Excel Dasar dengan Cepat

wanita lihat komputer

Pada era teknologi saat ini, seluruh kegiatan profesional maupun non profesional di sehari-hari bergantung pada produk Microsoft. Salah satu yang kerap digunakan adalah Microsoft Excel atau yang dikenal dengan Excel. 

Excel pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun 1980-an. Hingga kini, respons dari pengguna publik rupanya cukup tinggi, terutama di sektor perkantoran untuk menunjang proses penghitungan dan pendokumentasian. 

Tertarik untuk belajar Excel? Lifepal merangkum cara singkat mempelajari Excel mendasar berikut. 

Kegunaan yang Ditawarkan Melalui Excel 

pria lihat komputer

Excel punya keunikan yang tidak dimiliki Microsoft Office lainnya, yakni sejumlah baris dan kolom yang menampilkan data serta formula yang berisi referensi terhadap sel-sel lainnya. 

Maka, Excel disebut sebagai sebuah program yang ditujukan untuk mengolah angka dari sejumlah spreadsheet yang terdiri atas baris dan kolom. 

Perangkat lunak yang praktis ini digunakan untuk menyimpan dan mengatur banyak set data. Hanya saja dalam penggunaannya, ada fitur dan rumus yang harus diketahui agar kita dapat menggunakannya secara akurat. 

Excel biasanya digunakan untuk tiga hal, antara lain: 

  • Dapat melakukan penghitungan secara otomatis. 
  • Dapat menggabungkan dua lembar dengan data yang sama. 
  • Menggabungkan informasi dari banyak sel atau melakukan kalkulasi matematika secara sederhana. 

Kegunaan inilah yang membuat Excel cocok digunakan di semua bidang industri dan profesi. 

Apabila kita masuk ke sekolah bisnis, keuangan, atau akuntansi, mempelajari Excel adalah kewajiban. Sebelum menghabiskan berjam-jam menghitung sel atau menyalin dan menempelkan data, berikut cara mudah mempelajarinya. 

Apa pentingnya belajar Excel? 

pendapatan dan realisasi

Sejumlah profesi seperti analis, konsultan, profesional pemasaran, bankir, dan akuntan kerap menggunakan Excel secara konsisten. Tidak terbatas pada profesi tersebut, industri kreatif dan teknik sipil juga memanfaatkan Excel di dalam aktivitas keseharian. 

Misalnya, seorang desain grafis, menggunakan Excel untuk membuat grafik. Begitu juga dengan insinyur untuk menghitung biaya produksi.  

Melihat bagaimana Excel sangat menonjol di dunia kerja, banyak orang yang tertarik untuk belajar Excel. Bahkan keahlian kita dalam mengeksplorasi Excel akan memberi nilai lebih bagi resume riwayat pekerjaan kita. 

Ini menandakan dengan keterampilan kita pada pengoperasian Excel akan tercipta peluang dan meningkatkan prospek kualitas pekerjaan kita. Kesimpulannya, memahami Excel akan membuat kita lebih berharga di dunia kerja.

Mempelajari Excel basic

Jika kita baru memulai Excel, ada beberapa hal dasar yang perlu diketahui dan dipahami. Ini penting untuk mengetahui bagaimana menggunakan Excel pertama kali. Ada dua cara untuk mengakses Excel, mari kita mulai.  

  • Pertama-tama kita masuk dalam tab untuk Excel Formula. Tentukan pula kategorinya apakah Excel yang kita buat untuk keuangan, logika, teks, atau penanggalan dan waktu. Selanjutnya kita bisa gunakan tab yang baru. 
  • Jika kita tahu rumus apa yang digunakan, kita bisa langsung menulis rumusnya. Misalnya, kita bisa langsung menulis rumus dengan memulai tanda (=). Apabila kesulitan untuk menentukan rumusnya, jangan khawatir sebab saat mengetik, Excel akan menunjukkan daftar semua formula yang cocok. Sehingga, kita dapat membaca rumusnya saat mengetiknya. 

Apabila kita tertarik untuk membuat tabel dari angka-angka yang telah kita susun, maka kita dapat melakukannya hanya dengan perlu memilih rentang sel dan pilih insert table

Shortcut Excel

Ada sejumlah pintasan atau shortcut di dalam Excel yang dapat kita pelajari. Asalkan sering menggunakannya, siapa pun dapat mengingatnya. 

Shortcut ini memudahkan kita dan membuat pengerjaan Excel lebih efisien lagi. Jadi, sebaiknya pelajari betul pintasan-pintasan Excel yang ada. Berikut lima hal yang dapat dipelajari terkait pintasan Excel yang paling umum. 

  1. Ctrl+T digunakan untuk membuat tabel. Kita dapat memilih rentang sel dan klik Ctrl+T untuk membuat tabel sel-sel itu.
  2. Ctrl+A digunakan untuk memilih seluruh lembar Excel. Ini sering digunakan ketika kita menyalin dari lembar ke lembar lain.
  3. Ctrl+Alt+“+” digunakan untuk memasukkan sel. Cukup pilih Baris / Kolom / Sel tempat, kemudian kita ingin menyisipkan dan tekan Ctrl+Alt+“+”.
  4. Ctrl+Space digunakan untuk memilih seluruh kolom. Pilih sel dan klik Ctrl+Space untuk memilih seluruh kolom di Excel.
  5. Ctrl+F digunakan untuk menemukan nilai apa pun dari Excel. Ini akan melihat ke dalam sheet dan menyorot sel yang berisi nilai yang dicari.

Keuntungan Menggunakan Excel 

Perempuan mendaftar

Microsoft Excel memungkinkan kita untuk memanipulasi, mengelola, dan menganalisis data. Lewat itu semua, kita terbantu untuk membuat keputusan penting dan menciptakan efisiensi dalam operasional perusahaan atau organisasi kita. 

Secara bisnis, Excel dapat membantu kita mengelola database dan pengeluaran pribadi. Berikut sejumlah keuntungan menggunakan aplikasi Excel. 

1. Mempermudah dalam membandingkan sesuatu 

Excel merupakan alat analitis yang dapat membantu kita menganalisis sejumlah besar data. Data tersebut apabila kemudian diolah akan menemukan sebuah tren dan pola. Kelak, pola dan tren tersebut dapat memengaruhi sebuah keputusan. 

Grafik dalam Microsoft Excel juga memungkinkan kita untuk merangkum data sehingga, kita pun dapat dengan mudah mengatur dan menyusun data. 

2. Mampu menganalisis data dengan akurat dalam jumlah besar 

Lewat Excel, kemampuan kita dalam menganalisis data dalam jumlah besar akan terlihat. Excel dapat menyaring data-data secara sekaligus serta membantu kita mencari informasi yang tepat sebagai hasilnya. Ini tentu memudahkan kita dalam pemilahan dan pencarian nilai. Kita dapat dengan cepat dan mudah mempersempit kriteria yang akan menentukan sebuah keputusan. 

3. Dapat dikerjakan secara bersama

Excel pun tersedia bentuk google docs. Fitur ini memungkinkan dua orang atau lebih banyak untuk dapat bekerja secara bersamaan dengan pengguna lain. Kemampuan kerjasama inilah yang meningkatkan para penggunanya dalam keahlian Excel. Kolaborasi yang dapat dilakukan ini membuat kita dapat meminimalkan kesalahan memasukkan data. 

Bagaimana Cara Mempelajari Excel?

buka akun kitabisa

Ada berbagai cara untuk mempelajari Excel. Kita hanya tinggal memilih data yang manakah sesuai dengan referensi kita selama ini. Berikut berbagai sumber yang kita bisa gunakan untuk mempelajari Excel. 

1. Belajar sambil mencoba 

Adalah cara umum yang biasa dilakukan sebagian orang. Kita bisa memulainya dengan menggunakan spreadsheet secara langsung dan mencoba berbagai hal. Cara terbaik untuk mempelajari sesuatu adalah dengan coba-coba. 

Setelah tahu dasar-dasarnya dan telah mempelajari sendiri beberapa keterampilan menengah, sebaiknya kita mulai membaca beberapa buku dan menghadiri kursus untuk menyempurnakan keterampilan. 

2. Belajar lewat buku 

Ada berbagai macam buku ratusan buku yang tersedia mencakup semua aspek pelatihan Microsoft Excel. Excel 2010 for Dummies adalah salah satu contoh buku yang bagus untuk memulai. Buku penting untuk pengguna menengah yang ingin naik ke tingkat berikutnya. Sementara bagi para ahli, langkah ini mempelajari lebih dalam seluk-beluk Excel.

3. Kursus

Ada banyak kursus pelatihan online yang tersedia di situs web saat ini. Kursus-kursus ini sebagian besar berbasis video dan merupakan sumber yang bagus untuk semua tingkatan pengguna. Bahkan sebagian besar kursus ini gratis. 

Kita juga dapat berlatih dari organisasi profesional yang memiliki kursus pemula, menengah, dan lanjutan, serta perusahaan yang akan datang ke kantor untuk memberikan pelatihan.

4. Mentor 

Salah satu sumber daya yang dapat kita manfaatkan adalah mentor. Seorang mentor dapat memberi tahu tips dan trik yang biasanya tidak akan dibahas dalam kursus pelatihan intensif. Kita dapat menggunakan pengalaman mentor untuk belajar, bahkan ide kita bisa melebihi seorang mentor. 

Demikian tulisan kali ini soal belajar Excel dari Lifepal. Semoga dengan ini kita bisa mendapatkan pencerahan dan manfaat. Semoga sukses mempelajari Excel, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →