Belanja Hemat Saat Tahun Baru Imlek, Kenapa Gak? Begini Tips dan Triknya yang Jitu!

cenderamata khas tahun baru imlek

Tips belanja di Tahun Baru Imlek. (Shutterstock)

Siapa di antara kamu yang udah gak sabar merayakan Tahun Baru Imlek 2020? Gak masalah tentunya terlarut dalam euforia perayaan Imlek, tapi jangan sampai kecolongan. Karena, perayaan hari-hari besar seringkali bikin kalap orang-orang yang doyan belanja offline maupun online.

Meskipun kebanyakan pekerja gak dapet THR seperti di hari raya Idul Fitri atau Natal, momen Imlek banyak dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat Indonesia, khususnya yang berdarah Tionghoa untuk melakukan berbagai aktivitas bersama keluarga ataupun orang terdekat.

Godaan-godaan di mal ataupun media sosial yang menawarkan produk-produk khas Imlek juga menambah kegalauan hati untuk segera berbelanja atau menahannya. Sebab hari tersebut hanya datang setahun sekali.

Nah kalau kamu ingin berbelanja tanpa khawatir dompet kempes bisa menyimak beberapa tips belanja hemat di Hari Raya Imlek berikut ini yang dijamin jitu.

1. Manfaatkan promo diskon dan cashback

wanita tionghoa sedang belanja online di tahun baru imlek pakai kartu kredit
Kalau mau belanja cari yang promo aja. (Shutterstock)

Tips belanja hemat pertama saat Hari Raya Imlek adalah manfaatkan banjir promo diskon dan cashback yang diberikan oleh retail atau e-commerce Tanah Air. Setiap hari raya besar pasti pihak penjual menawarkan banyak promo sebagai salah satu strategi marketing.

Bukan cuma penjual ritel yang memberikan promo, bahkan sekarang banyak startup dompet digital yang ikut-ikut mengadakan promo cashback jika menggunakan metode pembayaran yang disediakan.

Jadi sebelum masuk ke menu pembayaran pastikan kamu mengetahui semua promo yang diberikan dan memaksimalkan keuntungan yang bisa didapat dari kesempatan tersebut. Tapi, ada tapinya nih. Belanja pakai promo boleh aja, tapi jangan kalap juga. Pilih yang benar-benar berguna buat kamu. Jangan beli barang-barang yang pada akhirnya gak terpakai.

2. Pisahkan antara kebutuhan dan keinginan

wanita bawa barang belanjaan
Bedakan antara kebutuhan dan keinginan. (Shutterstock)

Selanjutnya kamu perlu memisahkan antara kebutuhan dan keinginan. Sebab, jika gak dipisahkan bisa-bisa barang belanjaan kamu akan bertumpuk tanpa adanya kontrol dari diri sendiri.

Jika sudah dipisahkan, maka kamu akan melihat prioritas apa saja yang bisa kamu kedepankan untuk dibeli. Hal ini sangat bermanfaat jika uang belanjaan yang kamu miliki terbatas. Jadi, gak perlu pusing-pusing lagi buat milih.

3. Masak sendiri di rumah

keluarga sedang masak di dapur
Masak sendiri buat makan-makan di rumah. (Shutterstock)

Kebiasaan yang sering dilakukan saat momen Tahun Imlek setiap tahunnya adalah makan malam bareng keluarga dan saudara di restoran. Kita tahu bahwa aktivitas yang satu ini kurang ramah di kantong, apalagi kalau kamu punya jumlah keluarga dan saudara yang banyak.

Untuk mengakali hal tersebut kamu bisa memasak sendiri di rumah dengan berbelanja bahan-bahan di pasar. Dengan demikian, kamu bisa menghemat uang lumayan banyak lho.

Selain itu, juga menu-menu yang disajikan bisa lebih variasi dibandingkan beli di restoran.

4. Buat daftar belanjaan

daftar belanja
Jangan lupa bikin daftar belanja biar gak beli yang bukan prioritas. (Shutterstock)

Keempat, kamu juga harus membuat daftar belanjaan ketika datang ke pasar swalayan. Seringkali orang lupa apa yang ingin dibeli, tapi kadang juga sering justru beli lebih banyak dari yang dibutuhkan. Akibatnya, pengeluaran membengkak tanpa disadari.

Selain menghindari lupa, membuat daftar belanjaan juga bisa memperkirakan berapa bujet yang perlu dikeluarkan selama momen Tahun Baru imlek.

5. Bandingkan harga

wanita membandingkan dua produk di supermarket
Tetap bandingkan harga supaya dapat yang paling murah. (Shutterstock)

Tips terakhir yang bisa kamu coba saat belanja di momen Tahun Baru Imlek adalah membandingkan harga satu toko dengan yang lainnya. Ini berlaku buat kamu yang berbelanja online maupun offline.

Setelah membandingkan tinggal kamu pilih deh mana yang paling murah untuk dibeli. Sebab, ada beberapa toko yang menjual barang sejenis dengan harga terlampau mahal.

Nah itulah 5 tips belanja hemat saat Tahun Baru Imlek yang bisa kamu terapkan kali ini. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis