Cuma Bisa Dilalui Motor, Ini 4 Fakta Rumah Jonatan Christie

Masih membekas di ingatan aksi selebrasi Jonatan Christie membuka baju usai memenangkan pertandingan bulu tangkis tunggal putra yang membuatnya diganjar medali emas, di Asian Games 2018. Tapi, di balik kesuksesannya itu, siapa sangka rumah Jojo jauh dari kemewahan.

Selain mendapat medali emas, Jojo juga mendapat hadiah tambahan Rp 300 juta dari Pemprov DKI, uang Rp 1,5 miliar dari Pemerintah RI, emas 100 gram dari sponsor, hingga rumah gratis. Gak hanya itu aja, Jojo juga mendapat status sebagai PNS tanpa tes masuk lho.

Membahas mengenai huniannya, ternyata rumah Jojo jauh dari kesan mewah. Fakta itu keluar dari bibir Gubernur Anies Baswedan. Dia menceritakan, mesti melalui gang sempit untuk datang ke rumah Jojo.

Anies bisa berkunjung ke rumah Jojo karena menerima undangan dari Ketua RW 03, Kelurahan Bidara Cina, yang disampaikan kepadanya. Dalam undangan tersebut, Anies diminta kesediaannya menghadiri acara syukuran keberhasilan Jojo di Asian Games 2018.

Dalam posting-an di Instagramnya, Anies juga mengungkapkan, Jojo udah dikenalkan bulu tangkis sejak usia 6 tahun. Berkat latihan yang dijalaninya sejak masih kecil, Jojo meraih tujuh trofi di kejuaraan tingkat DKI, nasional, dan internasional.

Dengan potensi yang udah terlihat saat masih anak-anak, gak heran kalau Jojo bisa bergabung dalam timnas bulu tangkis. Bahkan, bisa jadi juara Asian Games 2018.

Kembali membahas soal rumah Jonatan Christie, ternyata ada sejumlah fakta menarik di balik rumahnya tersebut. Seperti apa? Yuk disimak.

1. Aksesnya cuma bisa dilalui sepeda motor

Anies Baswedan (IG aniesbaswedan)
Anies Baswedan (IG aniesbaswedan)

Seperti disampaikan Anies, akses menuju rumah Jojo mesti melalui gang yang sempit. Saking sempitnya gang tersebut, cuma sepeda motor yang bisa melewati jalur tersebut.

Makanya Anies ketika memenuhi undangan syukuran kemenangan Jojo, mau gak mau mesti berjalan kaki menyusuri gang kecil yang dibilangnya tersebut.

2. Terletak di wilayah Bidara Cina

Anies Baswedan ke rumah Jojo (IG aniesbaswedan)
Anies Baswedan ke rumah Jojo (IG aniesbaswedan)

Jojo memilih tinggal di Kebon Jeruk karena saat masih berusia 6 tahun masuk ke klub PB Tangkas yang kebetulan berada di wilayah tempat tinggal sang nenek. Konsekuensinya, ia cuma bisa ke rumahnya di Bidara Cina setiap Sabtu dan Minggu.

3. Berada di wilayah rawan banjir

Bidara Cina banjir (Tribunews)
Bidara Cina banjir (Tribunews)

Bidara Cina menjadi sorotan pemberitaan bukan hanya karena Jonatan Christie, melainkan karena wilayah ini termasuk langganan banjir.

Seperti yang terjadi pada bulan Februari lalu, banjir setinggi 2,5 meter menerjang wilayah Bidara Cina. Akibat banjir tersebut, sebanyak 673 orang mengungsi.

Bisa dibilang fenomena air membanjiri Bidara Cina selalu terjadi dari tahun ke tahun. Sampai-sampai warga di sana udah terbiasa mengungsi demi menghindari banjir.

4. Wilayah tempat tinggal Jojo sarat nilai historis

Bidara Cina (Detik)
Bidara Cina (Detik)

Rupanya, wilayah tempat tinggal Jojo sarat nilai historis. Ada dua versi yang menerangkan kenapa wilayah rumah Jojo diberi nama Bidara Cina.

Versi pertama, pemberian nama ini gak lepas dari pemberontakan orang-orang Cina terhadap Belanda. Pemberontakan tersebut mengakibatkan terbunuhnya orang-orang Cina yang mayatnya dibuang pasukan Belanda ke sungai Ciliwung. Dari sinilah kata bidara yang artinya berdarah muncul.

Versi kedua menyebutkan, nama Bidara Cina muncul karena orang-orang Cina pada masa kolonial Belanda menanam banyak pohon bidara di wilayah tersebut. Karena itu, muncullah istilah Bidara Cina.

5. Harga tanah Rp 1,5 juta-Rp 2 juta per meter persegi

Rumah Jonatan Christie (Tempo)
Rumah Jonatan Christie (Tempo)

Sewaktu ramai pemberitaan penggusuran di wilayah Bidara Cina buat normalisasi, dan pembangunan sodetan Kali Ciliwung. Seperti dilansir dari Kompas, harga tanah di sana sekitar Rp 1,5 juta-Rp 2 juta per meter persegi tahun 2015.

Itu berarti kalau membeli lahan seluas 72 meter persegi, harganya mencapai Rp 108 juta dengan harga Rp 1,5 juta per meter persegi. Namun, kamu perlu tahu kalau lahan gusuran itu gak boleh dibeli lho. Pasalnya, ada aturan yang melarang lahan gusuran diperjualbelikan.

Demikian lima fakta tentang rumah Jonatan Christie. Ada satu lagi nih hal membanggakan dari Jojo. Rumahnya yang sekarang ini ternyata baru direnovasi dari hasil jerih payahnya sendiri. Malahan, rumah saudaranya yang bersebelahan juga ikut ia renovasi.

Menurut ibunya, Jojo ini gak pernah pelit. Kalau ada uang, pasti ia bakal bantu. Salut deh sama perbuatan Jojo yang satu ini. Semoga terus mengukir prestasi ya Jo!