Biar Kerja Produktif, Coba Singkirkan 8 Benda Ini dari Meja Kerja Kamu

Meja kerja bisa dibilang sebagai tempat kedua yang sering kamu tinggali selain rumah atau kost. Apalagi di tempat tersebut, kamu benar-benar harus bisa konsentrasi. Gimana enggak, kamu menghabiskan waktu di sana buat bekerja.

Hanya saja, bisa jadi konsentrasi buyar dan kamu malah gak produktif. Setelah ditelisik, penyebabnya bukan karena orang lain! Benda-benda yang kamu tempatkan di atas meja kerja tersebutlah yang bikin kamu gak bisa berkonsentrasi.

Lho, kok bisa?

Coba deh perhatikan lagi apa-apa aja yang ada di atas meja kerja kamu. Kemungkinan besar benda-benda tersebut seringkali mengalihkan perhatian dari tugas kantor atau laptop kamu.

Apa aja benda tersebut yang bikin kamu malah hilang produktivitas saat berada di meja kerja? Yuk, simak daftar di bawah ini.

Baca juga: Ini 3 Cara Agar Biaya Makan di Jakarta Cuma Rp 25 Ribu, Bisa Kenyang Sampai Malam Kok!

1. Bekal makan siang

cara-hemat
Bawa bekal makan siang sendiri (papasemar)

Kenapa bekal makan siang sebaiknya gak diletakkan di meja kerja? Ada beberapa alasan yang harus kamu pertimbangkan, lho.

Pertama, melihat bekal makan siang yang tergeletak di atas meja kamu malah bikin kamu memikirkan jam makan siang melulu. Sebab, bekalnya ada di depan mata kamu. Jadi deh belum jam 12 aja, perut kamu udah berbunyi padahal bukan karena lapar.

Kedua, bekal makan siang yang ada di meja kerja malah bikin kamu bakal gak pindah dari meja tersebut. Apalagi kalau perusahaan tempat kamu bekerja gak melarang karyawannya buat makan siang di meja. Duh! Terlalu banyak menghabiskan waktu di meja kerja juga kurang baik, lho.

Lebih baik istirahatkan diri dari meja kerja bila memang waktunya istirahat. Dengan gitu, kamu bisa siap kembali buat fokus bekerja dan gak kelelahan.

2. Gelas atau piring kotor

gelas kotor di atas meja kerja (shutterstock).

Gelas atau piring kotor apalagi ada sisa makanan atau minumannya bakal bikin meja kamu terlihat gak rapi. Bahkan, meja kamu bisa jadi berbau.

Kalau udah gitu, kamu dan bahkan rekan kerja lain malah gak nyaman. Oleh sebab itu, segera singkirkan sisa makanan atau gelas dan piring kotor setelah kamu gunakan.

Baca juga: Ingin Hidup Bahagia di Hari Tua, Ini 5 Kunci Sukses Meniti Karier di Dunia Digital

3. Pengharum ruangan

Pengharum ruangan (Shutterstock).

Pengharum ruangan bisa jadi membangkitkan semangat kamu karena kamu suka sama baunya. Namun, teman kerja di sebelah kamu belum tentu, kan?

Daripada teman kamu gak nyaman dan malah melirik kamu terus, lebih baik mengalah sedikit deh buat gak letakkan pengharum ruangan tersebut.

Buat menyiasati hal ini, kamu bisa pilih minyak esensial favorit kamu yang berbentuk botol kecil. Kamu bisa hirup sendiri deh buat meningkatkan semangat.

4. Peralatan tulis yang berantakan

Alat tulis kantor (Shutterstock).

Hampir sama dengan piring dan gelas kotor di atas meja yang bikin meja gak rapi, peralatan tulis yang berantakan juga demikian.

Gak dipungkiri lho meja kerja yang berantakan bikin kamu lebih stres bekerja. Udah stres karena ada problem tertentu, kamu malah makin pusing lihat meja kerja kamu. Gak mau, kan?

Jadi, siasati peralatan tulis maupun dokumen apapun itu biar gak berantakan dengan cara sediakan organizer. Kamu bisa taruh peralatan tulis tersebut di sana. Meja pun jadi lebih lega.

Baca juga: 5 Smartphone Ini Miliki Fitur Face Unlock, Harganya Lebih Murah dari iPhone X Lho!

5. Benda berbau politik

Ini nih yang perlu kamu perhatikan secara serius. Benda-benda berbau politik bisa jadi malah membangkitkan semangat kamu kerja. Namun, hal tersebut bisa jadi mengundang reaksi gak enak dari teman kerja.

Daripada kalian beradu argumen karena pilihan politik di kantor, lebih baik singkirkan benda-benda tersebut deh. Suasana kantor pun bakal lebih kondusif deh.

6. Curriculum vitae

Curriculum vitae (Shutterstock).

Benda satu ini pun sebaiknya gak kamu pamerkan di atas meja kerja kamu. Teman kerja kamu malah mengira kamu baru aja wawancara di tempat lain. Duh, kalau sampai ke atasan, kamu nantinya malah gak nyaman buat kerja di kantor sekarang.

Lebih baik hati-hati dengan dokumen penting seperti CV ini deh. Daripada menimbulkan kesalahpahaman ataupun orang-orang jadi tahu tentang hal pribadi kamu, simpan CV kamu di tempat yang aman.

7. Camilan gak sehat

Camilan di atas meja kerja (Shutterstock).

Kelihatan sepele sih namun nyatanya benda satu ini bisa bikin konsentrasi kerja buyar. Camilan gak sehat emang asyik disantap sembari mengerjakan tugas. Akan tetapi, efek jangka panjangnya yang kurang mengenakkan.

Berat badan kamu bisa bertambah, kesehatan kamu secara perlahan menurun, dan sebagainya. Adalah bijaksana bila kamu ganti aja camilan gak sehat kayak permen, coklat, atau snack tersebut dengan camilan sehat. Kamu bisa stok kacang-kacangan atau buah.

Yang pasti, jangan lupa buat tetap jaga kebersihan meja kerja kamu ya sambil ngemil.

8. Dekorasi musiman

Meja kerja (Shutterstock).

Dekorasi musiman seperti printilan 17-an yang masih bertengger di meja kerja hingga bulan Desember bisa merepresentasikan diri kamu. Orang lain bisa jadi menganggap kamu orang yang malas. Sebab, aksesoris musiman seperti itu aja masih dibiarkan di meja.

Gak cuma pandangan orang lain aja sih, kamu sendiri pasti melihatnya gak rapi. Jadi, ada baiknya buat singkirkan printilan musiman seperti itu bila emang bukan masanya lagi.

Dari daftar di atas mana nih yang masih bertengger di atas meja kerja kamu?

Oh ya, satu lagi nih, ada baiknya foto mantan gak perlu dipajang lagi di meja kerja kamu. Kamu bisa gak konsentrasi kerja karena selalu mengingat kenangan bersamanya. Ayo, mulai move-on dan fokus buat kerja, kerja, kerja! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →