Biar Makin Produktif, Ini Trik Atasi Penat Saat Jam Kerja

tips kerja sehat

“Pssst…Dita, Dit, ke kantin sebentar yuk!” Bunga mendekati Dita, yang duduk persis berhadapan dengannya.

Dita yang dipanggil mendongakkan kepala dan melihat ke kanan dan kiri, “Emangnya mau ngapain? Kamu lagi gak banyak kerjaan ya?” Dita balik bertanya.

“Kerjaan tuh numpuk kayak cucian kotor! Bete nih, ngopi sebentar aja gak apa-apa lah!” sahut Bunga dengan nada tergesa.

Sering kali yang namanya kerjaan pasti menyita semua energi dan perhatian kita. Gak ada salahnya kok beristirahat sejenak melakukan beberapa hal saat jam kerja biar otak gak jenuh dan lelah.

Mungkin ini beberapa hal yang bisa kita lakukan saat kebosanan melanda di jam kerja. Siapa tahu bisa bikin semangat kerja nongol lagi dan makin produktif.

1. Jalan-jalan sebentar

Coba deh jalan-jalan sebentar, bangkit dari meja kerja. Bukan jalan-jalan naik kereta atau pesawat sampai ke luar kota ya. Turun saja ke lantai dasar, kalau kantor ada di gedung bertingkat. Cari udara segar di luar kantor sejenak.

Duduk terus di dalam ruangan ber-AC selama berjam-jam menatap laptop pasti bikin badan pegal dan mata lelah. Pemandangan dan udara luar bisa mengembalikan mood dan semangat kerja lagi loh. Kalau gak percaya, coba saja!

2. Olahraga ringan

Badan yang berada di posisi yang sama selama berjam-jam, terkena udara dingin pasti bakal terasa kaku. Nah, setiap 2 jam coba lakukan gerakan-gerakan kecil deh biar gak kaku. Kalau badan kaku dan pegal, bakal gak enak kan kerjanya.

Ingat, kantor tempat bekerja ya, bukan gym. Olahraga ringan yang dimaksud bisa berupa peregangan otot-otot, menggelengkan kepala, atau naik-turun tangga sebentar. Badan yang kembali fresh pasti bakal bisa bantu otak bekerja lagi.

Tapi jangan lakukan gerakan yang sampai mengganggu kegiatan rekan-rekan kerja sekitar ya. Dan jangan terlalu sering juga. Sesuaikan gerakan olah tubuh ringan dengan situasi dan kondisi di tempat kerja kita masing-masing.

3. Berinteraksi dengan rekan kerja

Tentu saja berinteraksi di sini maksudnya bisa dengan mengajak ngobrol beberapa rekan kerja yang kelihatannya sedang gak terlalu sibuk. Ingat, jangan ajak ngobrol yang lagi serius dan fokus sama kerjaannya ya. Apalagi ngobrol lama-lama. Itu kan kantor, bukan cafe.

Bisa saja sambil bahas kerjaan atau sharing ide atau apa saja sih selama bukan gosip. Berinteraksi sesekali kayak gini di sela-sela jam kerja boleh kok, justru bisa menstimulus otak untuk mendapatkan inspirasi terkait kerjaan.

Pastikan keluarga telah terlindungi secara finansial dengan asuransi jiwa. Proteksi finansial dari asuransi jiwa akan memberi keluarga dan ahli waris pertanggungan berupa santunan tunai andai tertanggung kehilangan pekerjaan, kecelakaan, atau meninggal dunia.

4. Meditasi

Jangan meremehkan apa yang bisa dilakukan meditasi buat tubuh, pikiran, serta jiwa kita loh. Jika dilakukan dengan sepenuh hati dan sungguh-sungguh, jiwa dan pikiran bakal merasa rileks dan tenang. Bukan gak mungkin otak jadi bisa lebih produktif, semangat, dan kreatif.

Kita juga bakal jadi orang yang lebih tenang dan gak mudah panik. Ini penting loh dalam pekerjaan, karena membantu kita dalam mengambil keputusan dan menjadi lebih baik saat melakukan tugas dan tanggung jawab.

Promo May Lifepal Dekstop
Promo May Lifepal Mobile

Kita juga bisa jadi pribadi yang menyenangkan buat semua orang di kantor, termasuk atasan. Kalau atasan puas dengan apa yang kita kerjakan, bukan gak mungkin mereka akan mempromosikan kita kan?.

5. Cari hiburan sejenak di Internet

Cari hiburan di sini tentu saja bukan yang ke tempat-tempat hiburan dong ya. Kamu bisa kok lihat-lihat video lucu di Youtube atau browsing informasi-informasi seputar topik-topik yang lagi hits di media sosial dan sejenisnya.

Kasihan kan kalau otak kamu terus dipaksa melakukan aktivitas berpikir serius dan berat selama berjam-jam tanpa istirahat atau jeda. Bisa stres nanti.

Manusia itu beda ya sama robot dan mesin, butuh istirahat. Memaksakan diri untuk terus fokus dan konsentrasi bekerja selama berjam-jam bisa gak baik juga buat kesehatan.

Selama disesuaikan dengan situasi dan kondisi kantor masing-masing, serta dilakukan sewajarnya, gak dosa kok melakukan 5 hal di atas saat jam kerja! Yang penting gak disalahgunakan dan malah jadi mengganggu rekan kerja ya.

Kalau kamu punya pertanyaan terkait tips mengelola bisnis dan usaha sekaligus mendapatkan rekomendasi kepada berbagai produk asuransi yang ada di Indonesia, konsultasikan saja di Tanya Lifepal!

Alasan pentingnya punya asuransi

Apa perbedaan manfaat asuransi kesehatan dan asuransi jiwa?

Asuransi kesehatan menawarkan manfaat berupa pertanggungan biaya berobat di rumah sakit atau klinik sehingga manfaat ini tidak bisa diambil dalam bentuk uang tunai. Ada juga asuransi kesehatan cashless yang memungkinkan nasabah bisa mendapatkan layanan medis secepatnya tanpa dikenai biaya apa pun.

Sedangkan, asuransi jiwa menawarkan manfaat pertanggungan berupa santunan tunai. Sesuai namanya, santunan ini berwujud uang tunai yang dimaksudkan untuk digunakan oleh tertanggung atau ahli waris sesuai kebutuhan.

Bagaimana cara memilih perusahaan asuransi terbaik?

Perusahaan asuransi yang baik bagi tiap-tiap nasabah tentu saja berbeda-beda. Misal, untuk yang berusia lanjut, tentu
asuransi kesehatan terbaik adalah yang menanggung hingga usia 100 tahun. Namun, untuk yang memiliki riwayat penyakit kritis dalam keluarga, maka asuransi kesehatan terbaik adalah yang menanggung risiko penyakit kritis sekaligus. Sama halnya dalam memilih asuransi jiwa dan asuransi mobil. Kembali lagi harus disesuaikan dengan profil nasabah. Jadi, jangan hanya berfokus pada premi murah saja.

Asuransi kesehatan menawarkan manfaat berupa pertanggungan biaya berobat di rumah sakit atau klinik sehingga manfaat ini tidak bisa diambil dalam bentuk uang tunai. Ada juga asuransi kesehatan cashless yang memungkinkan nasabah bisa mendapatkan layanan medis secepatnya tanpa dikenai biaya apa pun.

Sedangkan, asuransi jiwa menawarkan manfaat pertanggungan berupa santunan tunai. Sesuai namanya, santunan ini berwujud uang tunai yang dimaksudkan untuk digunakan oleh tertanggung atau ahli waris sesuai kebutuhan.

Perusahaan asuransi yang baik bagi tiap-tiap nasabah tentu saja berbeda-beda. Misal, untuk yang berusia lanjut, tentu asuransi kesehatan terbaik adalah yang menanggung hingga usia 100 tahun. Namun, untuk yang memiliki riwayat penyakit kritis dalam keluarga, maka asuransi kesehatan terbaik adalah yang menanggung risiko penyakit kritis sekaligus. Sama halnya dalam memilih asuransi jiwa dan asuransi mobil. Kembali lagi harus disesuaikan dengan profil nasabah. Jadi, jangan hanya berfokus pada premi murah saja.