Wajib Dicontoh, Ini 5 Startup Lokal Karya Anak Muda yang Mendunia

GO-JEK (instagram @gojekindonesia)

Siapa bilang generasi milenial Indonesia cuma bisa jadi konsumen? Menjamurnya startup lokal beberapa tahun terakhir jadi bukti bahwa anak muda Indonesia gak kalah dari anak muda di negara-negara maju.

Startup alias perusahaan rintisan pada umumnya memiliki bisnis yang berkembang cepat sehingga para pegiatnya gak berhenti berinovasi.

Tanpa strategi yang tepat, startup yang hanya “membakar” uang investor dipastikan gulung tikar dalam waktu dekat. Mendirikan startup mungkin bisa dilakukan siapapun, tapi membuat startup tetap berjalan dan berkembang besar adalah tugas yang sangat sulit.

Para pendiri startup lokal inilah yang telah berhasil mengatasi kesulitan tersebut. Bukan cuma bertahan di tengah gencarnya persaingan, startup-startup ini bahkan melebarkan sayap bisnis hingga ke mancanegara.

Siapa aja mereka? Yuk, simak sama-sama ulasannya berikut ini.

GO-JEK

https://www.instagram.com/p/BjwjtTkDzc7/?taken-by=gojekindonesia

Kehadiran GO-JEK membawa dampak positif bagi banyak orang, terutama para pengguna kendaraan umum. Gak bisa dipungkiri, GO-JEK membuat hidup kita jadi lebih mudah. Tanpa perlu pergi ke pangkalan, kita jadi bisa menggunakan jasa ojek dengan harga terjangkau. Buat kamu yang gak hafal jalan, transportasi online ini pun bisa diandalkan.

Nadiem Makarim, pendiri perusahaan GO-JEK terus berinovasi sehingga menciptakan sejumlah layanan menyusul layanan Go-Ride, jasa ojek online. Fitur-fitur tersebut meliputi Go-Car, Go-Food, Go-Send, Go-Box, dan masih banyak lagi.

Kamu pasti pernah pakai salah satu fiturnya kan?

Kesuksesan GO-JEK membuat perusahan ini mendapat suntikan dana hingga US$550 atau sebesar Rp 7,8 triliun. GO-JEK juga akan melakukan ekspansi ke empat negara di Asia Tenggara, seperti Thailand, Vietnam, Filipina, dan Singapura.

Traveloka

View this post on Instagram

Tinggal satu hari lagi buat menangin LIBURAN GRATIS! . Kami bagikan 5 juta rupiah dalam bentuk Traveloka Poin untuk 5 orang yang beruntung, buruan ikutan! . Caranya: 1. Follow @Traveloka 2. LIKE postingan ini
3. Upload foto dengan tema #MomenKebersamaan bersama keluarga, sahabat, atau orang-orang tercinta saat libur Lebaran
4. Pada bagian caption ceritakan bagaimana Traveloka telah membantu kamu saat Momen Kebersamaan di libur Lebaran ini
5. Gunakan tagar #MomenKebersamaan #CreateMoments
6. Tag dan mention @Traveloka
7. Jangan kunci akun kamu
8. Foto yang diikutsertakan harus foto yang kamu upload pada tanggal 12-18 Juni 2018
9. Peserta boleh mengupload lebih dari 1 foto . Kontes #MomenKebersamaan berlangsung s.d 18 Juni 2018 pukul 23.59 WIB. Yup, BESOK! . Pengumuman pemenang akan dilakukan tanggal 23 Juni 2018 di postingan foto ini! Semoga beruntung! . (Foto: @her_journeys, #Sumba)

A post shared by Traveloka Indonesia (@traveloka) on

Mendunia, layanan Traveloka gak hanya bisa dinikmati di Indonesia. Negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam dan Singapura juga bisa menikmati fitur-fitur layanan startup Indonesia ini.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Semula, Traveloka hanya berupa situs perbandingan harga tiket pesawat dari berbagai sumber. Setahun setelah didirikan (2013) startup ini menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat secara mandiri.

Traveloka yang didirikan Ferry Unardi (CEO), Derianto Kusuma (CTO), dan Albert Zhang (Head of Design) ini telah mendapat kucuran dana dari sejumlah perusahaan asing ternama kayak East Ventura, Expedia, dan berberapa investor lainnya. Total investasinya mencapai Rp 6,7 triliun.

PicMix

Hayo siapa yang belum tahu kalau aplikasi photo PicMix ternyata startup lokal? Calvin Kizana adalah pendiri startup yang beroperasi sejak 2012 ini. PicMix berhasil menggaet hingga 1 juta pengguna dalam kurun waktu dua bulan sejak peluncuran.

Per tahun 2016, penggunanya melonjak hingga 27 juta user. Gak hanya dari Indonesia, penggunanya tersebar di berbagai negara seperti Afrika Selatan, India, dan negara-negara lain di benua Asia dan Afrika.

 

HijUp

View this post on Instagram

Bersama keluarga #HIJUPmodellook dan #faceofHIJUP yang cantik-cantik dan baik-baik masyaAllah.. 😍 • Dari Abu Hurairah Radhyallahu anhu ia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kalian jangan saling mendengki, jangan saling najasy, jangan saling membenci, jangan saling membelakangi! Janganlah sebagian kalian membeli barang yang sedang ditawar orang lain, dan hendaklah kalian menjadi hamba-hamba Allah yang bersaudara. Seorang muslim itu adalah saudara bagi muslim yang lain, maka ia tidak boleh menzhaliminya, menelantarkannya, dan menghinakannya. Takwa itu disini, beliau memberi isyarat ke dadanya tiga kali. Cukuplah keburukan bagi seseorang jika ia menghina saudaranya yang Muslim. Setiap orang Muslim, haram darahnya, hartanya, dan kehormatannya atas muslim lainnya.”

A post shared by Diajeng Lestari (@diajenglestari) on

Terkenal dengan fashion muslimahnya, bisnis HijUp sudah merambah ke berbagai negara tetangga dari Malaysia, Singapura, Australia, negara-negara Timur Tengah, negara-negara di benua Eropa seperti Inggris, Prancis, Rusia, Jerman, hingga Kanada dan Amerika Serikat. Mantap banget!

Startup yang didirikan Diajeng Lestari ini menjual ratusan merek dari puluhan desainer lokal. Untuk bisa sejajar dengan brand besar dunia, Diajeng mendorong para desainernya untuk mengacu pada standar dunia, mulai dari pemilihan bahan, style, hingga packaging.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Kurio

Kurio adalah aplikasi yang mengumpulkan ragam berita dari berbagai media dalam satu tempat. Nama startup ini berasal dari kata curios yang berarti “ingin tahu”. Melalui aplikasi ini David Wayne Ika, founder Kurio berharap dapat membuat masyarakat terbiasa membaca dan cerdas dalam menggunakan ponsel pintarnya.

Kurio hanya bekerja sama dengan publisher yang terpercaya dan melakukan kurasi terhadap berita yang akan ditampilkan. Jadi, kamu terbebas dari konten-konten hoax yang kontroversial.

Atas prestasinya, Kurio dapat kucuran dana dari CyberAgent Venture (CVA) dan dapat bekerja sama dengan Polytron untuk menjadikan Kurio sebagai pre-install app di smartphone Polytron. Keren banget kan?

5 startup lokal di atas hanya sekian persen dari total startup lokal yang berjaya di Indonesia maupun mancanegara. Kesuksesan mereka dapat jadi inspirasi dan pelajaran yang berharga buat kita. Di sisi lain, mereka juga berhasil membuka banyak lapangan pekerjaan di Indonesia. Pasti banyak tuh pahalanya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →