Bikin Gym di Rumah, Ini 6 Alat Olahraga Murah yang Bisa Dibeli Sekarang

Gak dipungkiri menyediakan waktu buat olahraga cukup sulit dilakukan. Bahkan, saat kamu udah daftar keanggotan gym sekalipun, kamu bisa jadi ogah-ogahan. Daripada buang-buang uang, mengapa gak bangun gym di rumah aja?

Bangun gym di rumah? Mungkin kamu berpikir bakal butuh banyak uang buat bisa punya alat-alat olahraga yang ada di pusat kebugaran, bukan?

Salah besar kalau menurut kamu harus ke gym buat dapatkan badan sehat dan bugar. Alat-alat olahraga berikut yang juga ada di gym sebenarnya sangat murah, lho.

[Baca: 6 Tempat Gym Murah di Jakarta Buat yang Bujetnya Rp 350 Ribu]

Penasaran apa aja?

1. Skipping

gym di rumah - skipping
Skipping (stylecraze)

Skipping atau jump rope adalah salah satu alat paling gampang digunakan. Kamu cukup lakukan aktivitas lompat tali seperti biasa.

Dengan lompat tali selama sejam aja, minimal kamu bisa bakar sekitar 730 kalori. Lumayan banget, kan?

Nah, alat ini bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp 30 ribuan aja. Pengin lebih murah lagi? Gabungkan aja karet gelang dan jadikan mainan lompat tali pada waktu SD.

2. Dumbell

gym di rumah - dumbbell
Dumbbell (Google)

Siapa sangka alat gym ini sebenarnya sangat murah? Dumbell plastik mudah ditemukan di online shop ataupun di pasar atau toko olahraga.

Di online shop, kamu bisa beli dumbell dengan harga sekitar Rp 7 ribuan aja per kilogram. Salah satunya di Tokopedia.

Dumbell bisa kamu gunakan buat melatih otot lengan sekaligus mengecilkannya. Pun ada banyak gerakan yang bisa kamu lakukan dengan alat gym di rumah ini.

[Baca: Mau Punya Badan Ideal, Lebih Hemat Beli Alat Fitness Sendiri atau Ikut Membership Ya?]

3. Gym ball

gym di rumah - gym ball
Gym ball (Greatist)

Alat yang biasanya ada gym yang bisa kamu bawa ke rumah. Gym ball bisa kamu beli dengan dana minimal Rp 50 ribuan.

Dengan gym ball, kamu bisa latihan otot perut, paha dan bokong. Bahkan, cukup duduk di atas gym ball aja diperkirakan bisa membakar 260 kalori.

4. Matras yoga

Pengin olahraga yang gak pakai alat sama sekali? Matras yoga harus kamu siapkan. Kamu bisa lakukan beragam gerakan yoga deh.

Yoga sendiri bukan cuma mampu menurunkan berat badan tetapi juga bikin tubuh lebih bugar. Bahkan, tubuh yang tadinya pegal-pegal bisa terasa lebih ringan.

Nah, harga matras yoga ini biasanya cuma Rp 100 ribu aja, lho. Gak cuma bisa buat yoga, matras wajib kamu miliki buat lakukan gerakan olahraga dengan alat lainnya.

[Baca: Nyari Ide Olahraga Tanpa ke Gym, Gratis dan Gak Perlu Keluar Duit, Contek Ini]

5. Push-up bar

gym di rumah - PUSHUP BAR
push-up bar (teleonebd)

Push-up berguna buat membentuk otot perut, dada dan membantu memperbaiki postur tubuh. Alat push-up bar sendiri sangat membantu biar pergelangan tangan gak gitu capai.

Alat ini bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp 34 ribu aja. Namun, kalau kamu pengin yang lebih berkualitas semisal menggunakan bahan bukan plastik maka sediakan dana di atas Rp 100 ribu.

6. Pull-up bar

gym di rumah - pull up bar
Pull-up bar (thewirecutter)

Latihan pull-up gak cuma bisa kamu lakukan di gym aja. Alat gym ini bisa kamu bawa ke rumah dengan harga ratusan ribu. Di Tokopedia bahkan ada yang jual sekitar Rp 100 ribuan aja.

Alat pull-up bar ini nantinya bisa kamu pasangkan di kusen pintu. Pastikan pemasangan alat tersebut benar sehingga meminimalisir terjadinya hal gak diinginkan.

Dengan pull-up, minimal kamu bisa bakar 13 kalori per menit.

Murah banget, kan, alat-alat gym di atas? Jadi, masih punya alasan malas buat olahraga? Gak bisa ke gym, kamu bisa bangun gym di rumah sendiri dengan modal yang sangat-sangat minim.

Bahkan, sekarang juga kamu bisa beli alat-alat tersebut. Biar gak memberatkan, kamu bisa cicil beli satu per satu alat-alat tersebut.

Salam olahraga!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →