Tips Jitu Bikin Surat Lamaran Kerja yang Buat HRD Kepincut

cover letter

Buat kamu yang lagi bikin surat lamaran kerja, kamu perlu tahu bahwa lamaran kerja bukan CV (Curriculum vitae). Bikin surat lamaran kerja juga mesti diperhatikan nih agar rencana kamu mau kerja di kantor baru dilirik oleh HRD.

Buat kamu yang masih asing dengan istilah cover letter, ini adalah semacam surat pengantar sebelum pihak HRD buka CV kamu.

Jika kamu ngelamar kerja via e-mail maka biasanya surat lamaran kerja alias cover letter ditempatkan pada badan e-mail. Sementara itu, bila kamu kirimkan CV hard-copy, dokumen cover letter terpisah dari CV.

Bisa diibaratkan cover letter ini mirip pakaian yang kamu kenakan saat interview. Kalau kamu bisa memberikan impresi menarik saat awal perkenalan, HRD atau user bakal jauh lebih antusias buat ‘mengobrol’.

Baca juga: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Kekinian dan Profesional Berikut Contohnya

Apa Aja yang Mesti Kamu Cantumkan Pada Cover Letter?

Idealnya, cover letter terdiri dari tiga sampai empat paragraf aja. Kalau kamu kirim dalam format hard-copy, kamu cukup tulis cover letter maksimal satu lembar.

Biar makin jelas gimana caranya bikin cover letter, yuk simak panduannya dalam infografik berikut ini.

cara membuat cover letter

Baca juga: Jangan Sedih! Ini 6 Cara Move On Saat Gak Lolos Tes Wawancara Kerja

Yang Perlu Diperhatikan Saat Bikin Surat Lamaran Kerja

Saat kamu tuliskan cover letter, harap perhatikan tiga hal berikut ini.

Yang pertama, sebisa mungkin cantumkan nama HRD atau penerima surat lamaran kerja yang kamu kirimkan.

Kedua, tulisan gak perlu bertele-tele. Sampaikan maksud kamu secara to the point.

Kemudian, yang ketiga, harap ingat bahwa kamu sedang menulis cover letter, bukan mengulang poin CV yang kamu lampirkan. Jadi, cantumkan informasi paling penting dan sesuai dengan posisi yang kamu lamar.

Udah siap buat bikin surat lamaran kerja yang baik dan benar? Semoga tips di atas bantu kamu agar dapat dilirik oleh HRD Salam sukses!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →