Bisa Hasilkan Rp 90 Juta Sebulan, Begini Kisah Sukses Mie Aceh Seulawah

Bisnis kuliner kian menjamur. Salah satunya yang jadi favorit banyak orang adalah bisnis kuliner mie Aceh. Rupanya nih omzet yang dicetak bisnis mie Aceh gak main-main lho besarnya. Seperti kisah Mie Aceh Seulawah yang mencetak penghasilan hingga Rp 90 juta per bulan.

Buat kamu yang doyan masakan Aceh, pastinya tahu banget nih restoran Mie Aceh Seulawah. Dan bisa dipastikan juga kalau kamu udah pernah cicipi nikmatnya mie Aceh Seulawah.

Dengan harga jual mulai dari Rp 24 ribuan hingga Rp 84 ribuan, Mie Aceh Seulawah menawarkan kelezatan yang sulit buat ditolak. Wajar aja kalau restoran ini begitu populer dan kini cabangnya ada di mana-mana.

Di balik kesuksesan Mie Aceh Seulawah, ternyata ada fakta yang menarik untuk disimak. Seperti apa? Yuk cari tahu dalam ulasan berikut ini.

1. Merintis restoran mie Aceh dengan modal Rp 4 juta

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Mie Aceh Seulawah (@mieacehseulawah) on Jun 14, 2018 at 3:45am PDT

Ratna Dwikora adalah sosok di balik suksesnya restoran Mie Aceh Seulawah. Berawal dari hobinya yang suka makan mie Aceh, mantan dosen ini memiliki ide bisnis buat menjalankan usaha kuliner.

Bermodalkan Rp 4 juta, Ratna kemudian merintis usaha kuliner khas Aceh yang diberi nama restoran Mie Aceh Seulawah. Nama tersebut diambil dari salah satu gunung di Aceh yang memiliki arti gunung emas.

2. Buka usaha pertama di Bendungan Hilir

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Mie Aceh Seulawah (@mieacehseulawah) on Aug 3, 2018 at 9:19pm PDT

Begitu ide dan modal udah siap, Ratna tinggal mencari di mana dirinya memulai usaha ini. Ia pun mengambil tempat di kantin Kementerian Agama, Jakarta Selatan. Dari situlah usaha restoran Mie Aceh Seulawah dimulai tahun 1996.

Usaha kuliner yang dirintis Ratna ini semakin ramai. Ia pun memilih tempat lain buat menampung pelanggan yang kian bertambah. Maka dipilihlah wilayah Bendungan Hilir, Jakarta sebagai lokasi dirintisnya usaha kulinernya.

Maka berdirilah restoran Mie Aceh Seulawah di Bendungan Hilir tahun 1996. Saat itu usaha kuliner ini masih berupa kantin kecil-kecilan belum sebesar restoran.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

3. Menggunakan bumbu racikan sendiri

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Mie Aceh Seulawah (@mieacehseulawah) on Aug 8, 2018 at 2:20am PDT

Demi menyajikan cita rasa yang lezat di lidah, Ratna mengaku meracik sendiri bumbu masakan mie Acehnya. Sebab menurutnya, enak gaknya mie Aceh itu tergantung dari bumbu yang digunakan.

Asal tahu aja nih. Meracik rempah-rempah buat bumbu mie Aceh itu gak boleh sembarangan. Di dalam racikan bumbu tersebut, ada 22 jenis rempah-rempah yang digunakan. Mulai dari ketumbar, merica, kayu manis, cabai, jinten, tembulaga, cengkeh, hingga rempah-rempah lainnya.

Seperti yang diungkapkannya kepada Elshinta, Ratna gak mau kompromi kalau soal bumbu. Ia pun memiliki kitchen center sendiri untuk mengolah bumbu mie Acehnya. Dari situ barulah dikirim ke semua cabang. Malahan nih biar rasa aslinya terjaga, sebagian bumbunya didatangkan dari Aceh.

4. Mendirikan banyak cabang

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Mie Aceh Seulawah (@mieacehseulawah) on Jul 31, 2018 at 12:21am PDT

Nama Mie Aceh Seulawah makin dikenal orang. Dari waktu ke waktu pelanggannya pun kian bertambah. Sampai-sampai Ratna merasa perlu membuka cabang baru agar makin banyak yang bisa mencicipi mie Aceh khasnya.

Dari yang tadinya cuma berdiri di Bendungan Hilir, restoran kuliner ini kemudian mendirikan cabang-cabang baru. Dikutip dari Mie Aceh Seulawah, sebanyak enam unit restoran udah berdiri di Jakarta. Kabarnya nih cabangnya pun juga ada di luar negeri lho.

5.  Restoran Aceh pertama yang tawarkan program franchise

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Mie Aceh Seulawah (@mieacehseulawah) on Apr 4, 2018 at 10:02pm PDT

Melihat fenomena franchise yang tambah menjamur saat ini, restoran Mie Aceh Seulawah pun juga gak mau ketinggalan. Sejak 2013, restoran Aceh ini resmi menawarkan program kemitraan atau franchise. Asal tahu aja nih. Restoran yang satu menjadi restoran Aceh pertama yang menawarkan program franchise.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Ada tiga paket franchise yang ditawarkan. Tiap paket berbeda dari modal investasi hingga peruntukannya. Modal investasinya dimulai dari Rp 300 jutaan buat paket kafe, Rp 500 jutaan buat paket resto, dan Rp 1,2 miliar buat rumah Aceh.

Pokoknya dengan modal yang besar tersebut, gak usah memikirkan lagi fasilitas-fasilitasnya. Udah pasti bakal disediakan. Soal omzet, berinvestasi di restoran ini dijamin menguntungkan. Omzetnya per hari bisa mencapai Rp 3 juta. Itu berarti sebulan bisa capai Rp 90 juta. Hebat kan!

Demikian kisah sukses restoran Mie Aceh Seulawah. Pencapaian Ratna lewat restoran mie Acehnya ini gak lepas dari niat, kerja keras, dan kesabarannya. Buktinya selama 10 tahun lebih bersabar, kini ia bisa merasakan buah kerja kerasnya. Semoga kisah di atas bisa menginspirasi dan memotivasi kamu untuk segera menjalankan usaha!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →