Cara Mengoptimalkan SEO untuk Bisnis Online yang Wajib Diketahui Pelaku Usaha

bisnis online

Untuk mengembangkan bisnis online Anda kini tidak hanya lewat lisan, tulisan, banner atau melalui sosial media saja, tapi harus melalui Search Engine Optimization (SEO).

Salah satu fungsi utama bagi pelaku usaha memakai teknik SEO adalah menjadikan situsnya berada pada halaman paling depan Google.

Bila posisi halaman website memiliki ranking bagus di Google, tentu saja dapat memperbesar peluang Anda lebih banyak mendapatkan pengunjung secara terus menerus secara gratis.

Pengguna internet yang mengetikkan satu kata kunci di situs pencarian berarti memang membutuhkan segala macam informasi yang ingin dia ketahui.

Jadi, besar kemungkinan pengunjung yang mengklik situs Anda adalah target market Anda. Dengan kata lain, pengunjung yang tertarget ini adalah pengunjung yang siap beli.

Jika Anda memaksimalkan SEO, itu artinya situs Anda akan sering muncul di internet, khususnya pada mesin pencarian Google.

Artinya, brand atau produk Anda akan semakin dikenal luas oleh banyak orang dan tentu saja akan berdampak kepada awareness produk tersebut.

Halaman situs yang teroptimasi dengan baik tentunya akan berada pada urutan paling atas atau setidaknya pada halaman 1 Google secara organik, bukan karena memasang iklan.

“Pengoptimalan SEO merupakan sebuah solusi atau sesuatu hal penting bagi pelaku usaha mempromosikan produk masing-masing. Online marketing scoop-nya lebih luas, ketika orang search dan klik website kita, penting banget untuk pelaku usaha in line dengan online marketing, minimal memakai blog,” ungkap Dudung Rahmanto Head of SEO Lifepal.co.id dalam Instagram Live bersama Printerous.

1. Pengoptimalan Media Sosial

Berbisnis online tentu saja dapat meningkatkan penjualan, sehingga Anda bisa bersaing dengan kompetitor.

Namun, perlu diketahui juga, banyak pesaing yang menjalani bisnis sehingga menyebabkan Anda harus lebih fokus dan mencari strategi baru untuk meningkatkan penjualan.

Selain mengoptimalkan website sebagai branding atau media berjualan yang didesain menarik dan profesional, Anda juga harus mengoptimalkan media sosial mulai dari Instagram, Tiktok, Facebook, hingga YouTube.

“Semua chanel atau platform itu ada marketnya masing-masing. Untuk pelaku usaha yang mau memulai marketing online wajib memiliki akun di semua chanel platform itu,” imbuh Dudung.

Setelah memiliki seluruh platform sosial media, lalu setiap hari secara continue harus mem-posting produk yang dijual. Setelah itu, baru pembuatan website.

2.  Website

Fokus hanya berjualan online lewat sosial media, maka obyektifnya adalah engagement alias komentar konsumen.

Untuk transaksi agak kecil atau orang sudah familiar dengan produk yang dijual, maka konsumen akan langsung mencari website-nya dan bertransaksi di website tersebut.

“Jadi hal yang paling utama setelah sosmed ready adalah membuat minimal website murah dengan bujet Rp300 ribu-Rp500 ribu,” jelas pria yang sudah aral melintang di dunia Digital Marketing sebelum bergabung dengan marketplace asuransi terbesar di Indonesia ini.

Nah, untuk mengoptimalkan SEO di sebuah website, ada beberapa hal yang bisa dilakukan di antaranya:

Daftar Google Business

Google Business merupakan sebuah tools pada Google yang diluncurkan untuk mempermudah calon pelanggan mengetahui informasi bisnis Anda.

Google Business akan memberikan berbagai informasi penting terkait profil perusahaan hingga review pelanggan secara detail, yang nantinya akan mempermudah calon pelanggan menemukan lokasi usaha Anda.

Biasanya, informasi yang dimaksudkan akan muncul di bagian atas atau samping halaman ketika seseorang mengetik nama brand Anda, lengkap dengan peta petunjuk arah.

Memaksimalkan manfaat Google Business untuk promosi lokasi usaha sangat bagus sebagai salah satu strategi digital marketing yang bisa mendatangkan lebih banyak pelanggan.

“Kekuatan Google Business ini di local location, karena targetnya lokal. Ketika konsumen berada di sebuah kota dan mencari produk tertentu, maka ketika googling akan jadi nomor satu di mesin pencarian Google. Bahkan, bisa mengalahkan marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan sebagainya. Hanya posting gambar, bikin judul, nomor WhatsApp/Handphone dan alamat bisa jadi nomor 1,” papar Dudung.

Pasang Ads untuk Pelaku Usaha dengan Bujet Tak Terbatas

Untuk pelaku usaha memaksimalkan penjualan lewat boost Ads (iklan) harus perhatikan objective-nya terlebih dahulu.

Harus memberikan produk konten dulu yang informasional, konten yang dibuat harus solutif atau edukasi. Setelah sudah memiliki brand awarness, baru bisa boost agar bujetnya tidak sia-sia.

Sebab, bagi pelaku usaha kecil, pengeluaran sekecil apapun harus diukur.

  • Tahu tujuan
  • Prioritas
  • Baru planning.
  • Itulah hal-hal yang wajib diketahui pelaku usaha untuk mengoptimalkan SEO saat berjualan online.

    Tingkatkan Brand Awareness dan Kredibilitas Bisnis Anda

    Sebagai bisnis online, penting untuk mendapatkan review yang baik dari pelanggan mengenai bisnis Anda. Selain kualitas produk, kemasan dapat menjadi salah satu sarana branding yang efektif.

    Kemas produk Anda dengan kardus pengiriman berkualitas agar barang selamat sampai tujuan, tambahkan kartu terima kasih, serta minta pelanggan untuk me-review produk Anda. Dan, minta untuk memberikan star rating 4-5.

    Dengan cara ini, tidak hanya produk Anda semakin dikenal, tetapi juga meningkatkan review dan kredibilitas bisnis Anda secara online.

    Sumber artikel

    Artikel ini ditulis oleh Head of SEO Lifepal.co.id, Dudung Rahmanto sebagai bagian dari kolaborasi Lifepal.co.id dengan Printerous