Bukan Cuma CPNS, Ini Produk BKN Lain yang Wajib Kita Ketahui

BKN

Pernahkah mendengar nama BKN? Jika pernah, apa yang terlintas di kepala pertama kali mendengar namanya? Ya, mungkin sebagian dari kita langsung merujuk pada CPNS dan pendaftarannya. Tapi, apa benar hanya pendaftaran CPNS saja yang diurusi BKN?

Nah, kali ini kita akan membahas lebih banyak tentang produk-produk BKN., namun kita bahas terlebih dahulu tugas dan fungsi BKN, ya!

Kenali BKN Lebih Dalam

Tak kenal maka tak sayang, itulah kiranya ungkapan yang pantas kita pakai agar bisa mengenal BKN lebih dalam. BKN atau Badan Kepegawaian Negara memiliki tujuan dan fungsi utama yang mana kita harus sama-sama tahu.

Tujuan

Menurut Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 19 Tahun 2014 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Kepegawaian Negara, BKN memiliki tugas untuk melaksanakan tugas pemerintahan di bidang manajemen kepegawaian negara sesuai ketentuan perundang-undangan.

Bisa kita pahami dari peraturan di atas bahwa BKN memiliki tanggung jawab dalam menjalankan dan menata birokrasi dan sistem kepegawaian Indonesia. BKN tidak sembarangan dalam melaksanakan kewajiban-kewajiban tersebut. BKN harus berpegang teguh pada undang-undang yang menaunginya.

Fungsi 

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, BKN menyelenggarakan fungsi:

  • Penyusunan dan penetapan kebijakan teknis di bidang manajemen kepegawaian;
  • Penyelenggaraan pengadaan, mutasi, pemberhentian dan pensiun, serta status dan kedudukan hukum Pegawai Negeri Sipil;
  • Penyelenggaraan administrasi pensiun, Pejabat Negara dan mantan Pejabat Negara;
  • Penyelenggaraan sistem informasi manajemen kepegawaian;
  • Penyelenggaraan pengawasan dan pengendalian pelaksanaan manajemen kepegawaian;
  • Penyelenggaraan pemetaan potensi dan penilaian kompetensi Pegawai Negeri Sipil;
  • Penyelenggaraan dan pengembangan sistem rekrutmen Pegawai Negeri Sipil;
  • Penelitian dan pengembangan di bidang manajemen kepegawaian;
  • Pelaksanaan bantuan hukum;
  • Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan di bidang manajemen kepegawaian;
  • Pembinaan dan penyelenggaraan dukungan administrasi kepada seluruh unit organisasi di lingkungan BKN; dan
  • pengawasan atas pelaksanaan tugasnya

Inilah Produk-produk BKN

Terdapat 13 produk BKN dengan fungsi-fungsi yang berbeda. Mari kita telaah satu demi satu.

1. LPSE

Layanan Pengadaan Secara Elektronik merupakan layanan pengelolaan berbasis teknologi informasi untuk memenuhi Pengadaan Barang/Jasa secara elektronik.  Selain itu, LPSE melayani registrasi penyedia barang dan jasa yang berdomisili di wilayah kerja yang bersangkutan. LPSE ini bisa diakses melalui https://lpse.bkn.go.id.

2. BKN EWS

EWS merupakan kepanjangan dari Early Warning System yang berguna untuk mendeteksi dan memperingati potensi pelanggaran Manajemen ASN di pusat maupun daerah. Tidak hanya mendeteksi, kita bisa memperoleh solusi dari permasalahan kepegawaian yang muncul.

Sistem ini menyediakan informasi atau aplikasi yang dapat mengolah banyak data dari berbagai sumber hingga untuk diproses dan dijadikan panduan bagi BKN di bawah tanggung jawab Kedeputian Bidang Wasdal dalam melakukan audit dan tindakan pencegahan. EWS mempunyai data yang terintegrasi dan penyajian informasi berupa tabulasi, grafik, dashboard, dan lainnya. Semakin transparan, ya!

3. WBS BKN

Whistle Blowing System menyediakan aplikasi untuk menerima laporan atau aduan sebuah tindakan yang terintegrasi pada sebuah pelanggaran berupa implementasi norma, standar, prosedur, kriteria manajemen ASN di instansi pemerintah. Selain itu, indikasi tersebut berlaku di lingkungan BKN bagi PNS, CPNS, dan pegawai lainnya. WBS bisa diakses melalui https://apps.bkn.go.id/WBSBKN

4. Direktorat Kinerja ASN

Untuk meningkatkan kinerja ASN, BKN mempunyai banyak terobosan yang bisa digunakan seperti E-Lapkin, Coaching Klinik, E-Kinerja, SKP, Dasar Hukum, Video Tutorial, dan DIM (Daftar Inventaris Masalah). Fasilitas tersebut bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan ASN dalam meningkatkan taraf kinerja.

5. SIAVA

Dalam upaya meningkatkan dan mewujudkan dokumen pertanggungjawaban keuangan yang akuntabel dan transparan berbasis teknologi informasi, BKN meluncurkan Sistem Aplikasi Verifikasi Anggaran (SIAVA) pada tahun 2015. Tujuan eksternal dari SIAVA adalah transfer knowledge pengelolaan keuangan instansi dan menumbuhkan kepercayaan masyarakat.

6. SI-ONI

Sistem Informasi Online Inventory (SI-ONI) mengelola barang habis dan pakai secara transparan dan akuntabel. Pengelolaan barang habis pakai akan terintegrasi sehingga informasi tentang barang-barang tersebut mudah didapat. Aplikasi ini sangat efisien dan efektif untuk mendukung pekerjaan pengelolaan barang habis pakai.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

7. Jurnal Civil Service

Jurnal Civil Service adalah media yang memuat tulisan naskah tentang hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tinjauan kepustakaan dan resensi buku dalam bidang kebijakan dan manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang terbit dua kali dalam setahun setiap Juni dan November.

8. Assessment Center

Adalah metode untuk memprediksi perilaku melalui beberapa simulasi yang dilakukan oleh beberapa penilai sebagai ukuran kemampuan seseorang dalam menangani tanggung jawab. Manfaatnya sangat berguna untuk mendapatkan calon pegawai sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan selain potensi dan kebutuhan pelatihan.

9. SSCN-BKN

Untuk mewujudkan PNS yang profesional, BKN melaksanakan pendaftaran CPNS secara serentak dan terintegrasi pada portal online ini. Sistem ini sangat transparan dan akuntabel serta terbebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).

10. SAPK

Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) digunakan dalam berbagai proses layanan kepegawaian seperti penetapan NIP, pencetakan surat keputusan pengangkatan CPNS, pemberian nota persetujuan/pertimbangan teknis kenaikan pangkat, penetapan dan pencetakan surat keputusan pemberhentian dengan hak pensiun dan memperbaharui data mutasi.

11. Pendidikan Ilmu Kepegawaian (PIK)

PIK BKN digunakan untuk menjawab kekurangan pendidikan dengan jurusan Ilmu Kepegawaian Pemerintahan selain untuk memenuhi kebutuhan PNS yang mempunyai kompetensi umum dan keahlian dalam menganalisa permasalahan administrasi dan manajemen kepegawaian secara pragmatis dan komprehensif.

12. Computer Assisted Test (CAT)

Dengan adanya CAT, perekrutan PNS bisa dilaksanakan secara adil dan transparan dalam rangka mewujudkan tenaga profesional. Sistem ini mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian dan menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional.

13. PUSDIKLAT BKN

PUSDIKLAT memiliki program-program Diklat yang pelaksanaannya fokus pada peningkatan kompetensi peserta khususnya di bidang kepegawaian dan umumnya pada pengembangan SDM.

Wah, banyak sekali produk BKN, ya. Sudah paham, bukan? Dari fungsi produk-produk di atas, bisa kita simpulkan bahwa BKN sangat berusaha untuk memberikan pelayanan demi kepegawaian yang transparan dan akuntabel.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →