BNI TabunganKu – Bunga, Buka Rekening, dan Simulasinya

Tabungan BNI dan TabunganKu BNI

BNI TabunganKu adalah produk tabungan bagi perorangan dengan persyaratan mudah dan ringan. 

Produk bernama TabunganKu ini bukan hanya diluncurkan BNI, melainkan sejumlah perusahaan perbankan Tanah Air lainnya. 

Tujuannya adalah menumbuhkan budaya menabung yang diharapkan mendongkrak kesejahteraan masyarakat.

Apa aja sih yang bikin TabunganKu BNI ini unggul? Simak serba-serbi komplit tentang produknya berikut ya!

Bunga BNI TabunganKu dan keuntungan lainnya

Sebagai salah satu produk yang paling mudah dijangkau masyarakat Indonesia secara menyeluruh, TabunganKu menawarkan beberapa keuntungan yang bikin nasabahnya nyaman. 

Bunga BNI TabunganKu

Sama seperti produk tabungan lainnya yang ditawarkan BNI, BNI TabunganKu juga menawarkan suku bunga yang cukup menarik.

Bunga dihitung berdasarkan saldo harian dan jenjang saldo (tiering). Saldo antara Rp0 – Rp500 ribu dikenakan bunga sebesar 0% per tahun.

Adapun saldo harian lebih dari Rp500 ribu – Rp1 juta dikenakan bunga sebesar 0,25% per tahun. Untuk saldo harian lebih dari Rp1 juta, kamu akan mendapatkan bunga sebesar 1% per tahun.

Keuntungan BNI TabunganKu lainnya

  • Tetap menyediakan buku tabungan, yaitu TabunganKu BNI
  • Saldo minimum setelah penarikan Rp 20 ribu, tidak seperti produk tabungan lain antara Rp50 – Rp100 ribu
  • Jumlah penarikan minimum di teller Rp100 ribu
  • Bebas biaya administrasi
  • Setoran awal ringan Rp20 ribu saja
  • Transaksi penarikan tunai, setoran tunai dan pemindahbukuan bisa dilakukan melalui teller di kantor cabang BNI

Meski standar yang diberikan dari Bank Indonesia (BI) adalah bahwa tabungan ini diterbitkan tanpa ATM, TabunganKu juga memiliki fitur optional atau kustomisasi yang bisa ditawarkan bank dalam menyelenggarakan program TabunganKu. 

Salah satu fitur ini adalah kartu ATM dan layanan jasa lain dengan kesepakatan dalam biaya yang lebih ringan.

Poin fitur ini yang menjadi pembeda antara TabunganKu BNI dan produk TabunganKu bank lain. 

BNI sendiri menawarkan TabunganKu konvensional dan TabunganKu syariah dengan aturan berbeda.

Asuransi Greet Eastern General memberi manfaat berupa santunan hingga Rp1 miliar. Miliki polisnya sekarang hanya di Lifepal bisa hemat hingga 25 persen.

Syarat buka rekening BNI TabunganKu

Berikut ini syarat membuka rekening BNI TabunganKu.

  • KTP asli (harus sudah KTP elektronik)
  • Uang tunai minimal Rp20 ribu sebagai setoran awal.

Apakah perlu membawa NPWP? Jawabannya adalah tidak. Kenapa? Karena seperti penjelasan sebelumnya, TabunganKu ini program pemerintah untuk mendongkrak minat menabung masyarakat, makanya dibuat sederhana tanpa ribet.

Cara buka rekening BNI TabunganKu

Caranya gak jauh berbeda saat membuka rekening bank lainnya. 

  1. Pilih bank yang memiliki TabunganKu seperti BNI.
  2. Kemudian datangi kantor cabang terdekat dan sampaikan tujuan kamu untuk membuka rekening. Biasanya ada nomor antrean yang harus kamu ambil.
  3. Kemudian, kamu akan mendapat penjelasan seputar fitur dan program TabunganKu BNI. dua syarat yang telah disebutkan sebelumnya harus kamu kasih ke bagian customer service.
  4. Jangan lupa isi formulir pembukaan rekening TabunganKu BNI dan membayar setoran awalnya di teller ya! Setelah semua proses ini selesai, rekening TabunganKu sudah bisa kamu bawa pulang dan kamu bisa mulai deh program menabungmu.

Adakah biaya lain saat buka BNI TabunganKu?

Sebenarnya, setiap pembukaan rekening ada biaya tambahan lain yang tidak terlalu besar yaitu materai 6000. Gak cuma di tabungan umum lainnya, TabunganKu BNI pun demikian.

Jadi, selain uang setoran awal sebesar Rp20 ribu, ada tambahan biaya materai 6000. Ada beberapa bank yang juga bakal meminta biaya fotokopi.

Selain itu, kamu juga dikenakan biaya pada saat melakukan transaksi ketiga penarikan tunai melalui teller di kantor cabang BNI.

BNI hanya membebaskan biaya untuk maksimal 2 kali penarikan tunai melalui teller di kantor cabang BNI. Setelah, penarikan ketiga, keempat dan seterusnya akan dikenakan biaya sebesar Rp1.000 per transaksi.

Informasi lain mengenai BNI TabunganKu

Sebelum berangkat ke bank buat buka rekening TabunganKu, ada hal lain yang perlu kamu tahu. Berikut penjelasannya.

Rekening ini hanya bisa digunakan perorangan. Artinya, satu rekening hanya bisa dimiliki satu orang. Begitupun sebaliknya, satu orang hanya bisa membuka satu rekening TabunganKu. Hal ini dikecualikan bagi orangtua yang ingin membuka rekening TabunganKu bagi anaknya.

Selain itu, TabunganKu tidak bisa digunakan sebagai rekening bersama. Itu sebabnya, rekening ini gak bisa kamu gunakan untuk keperluan bisnis, terlebih jika bisnis bersama.

Tanpa transaksi 6 bulan berturut-turut, pemilik rekening dikenakan denda Rp20 ribu. Rekening juga bakal ditutup pihak BNI jika saldo minimal Rp20 ribu.

Nominal Rp20 ribu ini akan hangus karena menjadi biaya penutupan rekening sesuai sistem di BNI.

Lindungi seluruh anggota keluarga dari risiko kesehatan yang mengancam dengan asuransi keluarga terbaik. Cek produknya sekarang hanya di Lifepal!

Simulasi menabung tiap bulan untuk mencapai target

Menabung sangat penting dalam mencapai tujuan-tujuan finansial. Namun, menabung juga harus dilakukan dengan pemilihan instrumen yang tepat.

Berikut ini simulasi menabung yang dapat membantu kamu membuat perencanaan keuangan dalam mewujudkan tujuan-tujuan finansial.

Perbedaan BNI TabunganKu dengan BNI Taplus

Produk TabunganKu merupakan produk simpanan yang diterbitkan sejumlah bank di Indonesia. Minimal setoran awal hanya Rp20 ribu, berbeda dengan BNI Taplus yang mewajibkan nasabahnya menyetor sebesar Rp250 ribu – Rp500 ribu di awal.

Adapun suku bunga yang ditawarkan BNI Taplus untuk saldo harian antara Rp1 juta – Rp 50 juta sebesar 0% – 0.50%. Sementara BNI TabunganKu menawarkan saldo hingga 1% apabila saldo harian mencapai lebih dari Rp1 juta.

Perbedaan lainnya adalah fasilitas dan layanan autodebet dan kemudahan transfer bank disediakan BNI Taplus. Gak ketinggalan juga promo dan diskon di beberapa merchant yang nilainya fantastis.

Perbedaan BNI TabunganKu dengan BNI Taplus Muda

BNI TabunganKu dan BNI Taplus Muda merupakan produk simpanan yang dikhususkan untuk perorangan. Namun, hanya anak muda dengan usia antara 17 – 35 tahun yang bisa membuka rekening di BNI Taplus Muda.

Jika pada BNI TabunganKu kamu bisa mendapatkan bebas biaya administrasi, hal tersebut gak bisa kamu dapatkan saat membuka rekening di BNI Taplus Muda. Kamu akan dibebankan biaya administrasi sebesar Rp5 ribu per bulan.

Perbedaan biaya lainnya adalah biaya saat melakukan penutupan rekening. Di BNI TabunganKu, kamu hanya dibebankan biaya sebesar Rp20 ribu saat penutupan rekening atas permintaan nasabah sedangkan BNI Taplus Muda sebesar Rp50 ribu.

Bunga yang ditawarkan BNI Taplus Muda untuk saldo harian sebesar Rp1 juta – Rp10 juta sebesar 0% – 0.050%. Bunga yang ditawarkan BNI TabunganKu lebih besar untuk saldo harian lebih Rp1 juta sebesar 1%.

Namun, dengan BNI Taplus Muda kamu bisa menikmati fasilitas dan layanan e-banking, BNI CDM (Cash Deposit Machine), BNI Cashless, dan BNI CRM (Cash Recycle Machine) selama 24 jam.

Perbandingan BNI TabunganKu dengan Mandiri TabunganKu dan TabunganKu BRI

BNI TabunganKu Mandiri TabunganKu TabunganKu BRI
Kartu TabunganKu Tidak diberikan kartu TabunganKu Diberikan kartu TabunganKu apabila minimal setoran awal atau saldo rekening Rp500 ribu Tidak diberikan kartu TabunganKu
Biaya penarikan Bebas biaya penarikan maksimal 2 kali per bulan. Untuk transaksi ketiga dan seterusnya dibebankan biaya Rp1.000 per transaksi Dibebankan biaya Rp5 ribu per transaksi per bulan
Penarikan uang di mesin ATM Hanya bisa di teller di kantor cabang Disediakan fasilitas penarikan tunai dengan kartu TabunganKu melalui mesin ATM Hanya bisa di kantor cabang
Penyetoran uang di mesin ATM Hanya bisa di teller di kantor cabang Disediakan fasilitas penyetoran tunai di Mandiri ATM Cash Deposit Machine Hanya bisa di kantor cabang

Perbedaan menempatkan dana di BNI TabunganKu dengan unit link

Di BNI unit link, dana yang kamu investasikan akan ditempatkan langsung di instrumen investasi, seperti saham dan pasar uang.

Dana tersebut akan ditempatkan minimal 80% pada saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan reksadana saham yang perusahaannya memiliki izin Manajer Investasi dan diseleksi menurut kriteria BNI Life.

Sementara di BNI TabunganKu, dana tersebut tidak langsung ditempatkan sebagai dana investasi.

Produk TabunganKu dari bank-bank di Indonesia

TabunganKu merupakan salah satu program pemerintah sejak 2010. Tujuannya adalah untuk menumbuhkembangkan sikap gemar menabung di masyarakat.

Tujuan lain dari terbentuknya TabunganKu adalah diharapkan agar dapat menjangkau penduduk yang masih belum memiliki tabungan di bank.

Gak cuma BNI aja yang meluncurkan produk tabungan perorangan TabunganKu. Bank-bank besar di Indonesia pun turut menyempurnakan program ini.

Sebut saja hjsahfdfdsjkhfdkhfkd. Kamu bisa cek produk TabunganKu di bawah ini

Tentang Bank Negara Indonesia (BNI)

Bank Negara Indonesia (BNI) berdiri pada 1946 sebagai bank pertama milik negara. Fungsinya saat itu sebagai bank sentral dan bank umum.

Pada 1996, BNI menawarkan saham kepada masyarakat dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya.

Pada 2004, BNI mengubah logonya menjadi logo yang biasa kita kenal sekaligus identitas korporat baru, Melayani Negeri Kebanggan Bangsa.

Sumitomo Life Insurance Company membeli saham yang diterbitkan PT BNI LIfe Insurance sebesar Rp4,2 triliun di tahun 2013.

BNI pernah mendapatkan laba bersih dengan nominal yang cukup fantastis hingga menembus angka dua digit. Pada 2014, labanya sebesar Rp10,8 triliun dan 2016 labanya sebesar Rp11,4 triliun.

BNI merupakan salah satu bank di Indonesia yang berstatuskan BUMN memiliki sejumlah anak perusahaan, di antaranya:

  • BNI Syariah
  • BNI Multifinance
  • BNI Sekuritas dan Entitas Anak
  • BNI Life Insurance
  • BNI Remittance

Tentang BNI Life Insurance

Semula BNI Life Insurance didirikan dengan nama PT Asuransi Jiwa BNI Jiwasraya. Namun pada 26 November 2004 telah berubah nama menjadi PT BNI Life Insurance.

Salah satu perusahaan asuransi terbesar di Jepang, Sumitomo Life Insurance Company (Sumitomo Life) membeli saham BNI Life Insurance sebesar Rp4,2 triliun di tahun 2014.

Kerja sama strategis ini membawa angin segar untuk BNI LIfe Insurance. Sebab dapat mempercepat pertumbuhan bisnis dan memberi ruang yang besar untuk memenangkan peluang bisnis.

Produk asuransi yang ditawarkan BNI Life Insurance di antaranya asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, investasi, pensiun, dan syariah.

Tanya jawab seputar BNI TabunganKu

Apakah ada kartu ATM pada TabunganKu BNI?

Ya, ada. BNI juga menyediakan kartu ATM bagi pemilik rekening TabunganKu BNI. Biaya pencetakan kartu ATM TabunganKu BNI sebesar Rp15.000.

Apakah TabunganKu BNI bisa transfer?

TabunganKu BNI dapat melakukan transfer dan menerima dana transfer. Limit transfer TabunganKu BNI adalah Rp1 juta per hari.

Selain BNI, TabunganKu ada di bank apa aja?

Di luar TabunganKu BNI, rekening TabunganKu juga tersedia di banyak bank, mulai dari TabunganKu BCA, TabunganKu BRI, TabunganKu Mandiri, TabunganKu CIMB Niaga, TabunganKu Maybank, TabunganKu Danamon, TabunganKu CIMB Niaga, dan masih banyak lagi.