Disebut Sebagai Penyelamat Lalu Zohri, Siapa Sih Bob Hasan?

bob hasan

Di tengah ramainya perbincangan soal atlet lari jarak pendek Muhammad Zohri, muncul pula nama Bob Hasan. Kamu tahu siapa dia? Dia adalah pengusaha tajir yang disebut-sebut sebagai dewa penolong Zohri.

Katanya sih Bob Hasan yang memberikan dana buat Zohri mengikuti kejuaraan dunia lari di Finlandia. Tanpa dia, Zohri gak bakal berangkat. Titel juga dunia pun mustahil diperoleh.

Orang ini punya rekam jejak yang panjang di dunia atletik. Dia adalah Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI). Dan jabatan itu udah dia pegang selama empat dasawarsa alias 40 tahun. Lama banget ya!

Kakek ini bekerja seperti seorang pencari bakat. Anak-anak muda dari daerah bakal diseleksi. Jika terpilih, mereka bakal diberikan akomodasi serta dibiayai buat pendidikannya. Kalau berhasil maka pembinaan bakal terus lanjut, sementara jika gak lulus bakal dipulangkan.

Menurut wawancara yang dilakukan SWA, pemerintah sama sekali gak membantu apa yang dilakukan Bob. Uang pembinaan murni dari dompet Bob Hasan sendiri dan juga perusahaan.

Bisa dibilang, Bob Hasan adalah orang di balik layar.

Meski dedikasinya di dunia olahraga patut diacungi jempol, namun sepak terjangnya di dunia bisnis dan politik malah sebaliknya. Bob penuh dengan kontroversi.

Penasaran? Yuk simak!

1. Raja Hutan Indonesia

Bob Hasan sering disebut sebagai Raja Hutan Indonesia. Titel ini disematkan karena dia adalah pebisnis besar di bidang perkayuan. Pada masa Orde Baru, dia adalah salah satu pengusaha yang disegani dan dekat dengan presiden kala itu, Soeharto.

Pria asal Semarang yang nama aslinya The Kiang Seng ini adalah anak angkat Jenderal Gatot Subroto. Hasan kemudian menjadi sahabat baik Soeharto. Mereka berdua terlibat dalam berbagai bisnis, terutama setelah Soeharto jadi presiden.

Bob Hasan pernah memegang proyek penebangan komersil di wilayah luar Jawa. Dia juga berperan sebagai perantara bagi perusahaan-perusahaan asing yang pengin melakukan penebangan hutan di Indonesia, sebut aja seperti Georgia Pasific.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Pak Bob sendiri punya saham lumayan besar di Georgia Pasific. Pada saat perusahaan itu meninggalkan Indonesia, Georgia Pasific resmi dia akuisisi.

Perusahaan holding yang dia pimpin bernama Kalimanis Group. Dari situlah Bob Hasan sukses mengembangkan gurita bisnisnya.

2. Pernah jadi menteri di Indonesia dan masuk bui

Selain sebagai pengusaha kaya, Bob Hasan juga pernah dinobatkan sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan Indonesia pada Kabinet Pembangunan VII. Bob menjadi satu-satunya menteri keturunan Tionghoa pertama di Indonesia.

Saat duduk di pemerintahan, pria ini terlibat korupsi. Dia didenda Rp 50 miliar karena kasus pembakaran hutan di Sumatera. Bob Hasan terbukti merugikan negara sebesar US$ 244 juta. Karena kasus korupsi itulah dia dikirim ke Nusakambangan.

Meski demikian, saat berada di penjara Bob malah aktif melatih keterampilan narapidana dalam mengolah batu akik.

Hmmm, kreatif juga ya.

3. Pendiri Majalah Gatra

Selain jadi Raja Hutan, ternyata Bob Hasan juga merupakan bos media lho. Dia adalah pendiri Majalah Gatra yang terbit mingguan sejak 1994.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Karena kedekatannya dengan Soeharto, Gatra dikemas sebagai media yang pro terhadap pemerintah. Format sampulnya dibuat mirip dengan majalah TIME asal Amerika Serikat.

4. Aktif dalam kegiatan sosial

Tahu Yayasan Damandiri? Itu adalah singkatan dari Dana Sejahtera Mandiri. Yayasan ini didirikan tahun 1996 oleh Soeharto. Bob turut serta membantu yayasan ini.  

Bob Hasan emang gandung di kegiatan sosial. Tahun 2016 misalnya, Bob sempat meluncurkan program pembangunan desa di Mataram.

Dia juga merupakan Ketua Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni). Dalam organisasi tersebut, Bob Hasan menggelar berbagai program seperti Pelatihan Komputer Kewirausahaan biar para tunanetra bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Kabarnya sih Pertuni punya 204 cabang di 31 daerah.

Demikian cerita tentang Bob Hasan, pria dermawan yang masa lalunya dipenuhi dengan kontroversial. Meski gitu kita harus akui kalau gak ada dia Lalu Zohri mungkin gak bakal dikenal seperti sekarang. Jasanya besar dalam bidang olahraga.

Saat ini Bob udah gak lagi aktif di dunia bisnis. Yang aktif berbisnis malah putrinya, Ikki Hassan atau Siti Taskiyah. Dia adalah salah satu Direksi PT Boga Handal Indonesia (BohanFood).

Jadi, gimana pendapatmu tentang pak Bob Hasan? Apakah dia layak dijadikan inspirasi karena dedikasinya atau malah enggak sama sekali?

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →