Bob Hasan: Mantan Koruptor Menjadi Pahlawan Sosial

Sosok Bob Hasan sempat menjadi buah bibir di media sosial berkat kontribusinya atas kemenangan Muhammad Zohri di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Finlandia tahun 2018 lalu. 

Namun, tahukah Anda siapa Bob Hasan? Bob Hasan merupakan pengusaha sukses kelahiran Semarang pada tahun 1931 yang dibesarkan oleh Jenderal Gatot Subroto. Lahir di tengah keluarga petinggi kemiliteran Indonesia membuat pria keturunan Tionghoa ini memiliki hubungan cukup dekat dengan Soeharto. 

Kedua sosok politisi ini terlibat dalam berbagai bisnis, terutama setelah Soeharto menjabat sebagai presiden. Yuk, berkenalan dengan Bob Hasan dan lihat prestasinya bagi Indonesia. 

1. Dijuluki “Raja Hutan Indonesia” 

bob hasan raja hutan
Sumber gambar: Sains.kompas.com

Ketika Soeharto menjabat sebagai presiden, Bob Hasan mulai melakukan ekspansi secara besar-besaran dalam bisnis penebangan hutan komersial di Indonesia, khususnya di luar Jawa. 

Di tahun 1970, Bob Hasan bertindak sebagai perantara bagi perusahaan asing yang ingin melakukan penebangan hutan di Indonesia. 

Bob Hasan juga merupakan salah satu  pemegang saham terbesar di perusahaan Georgia Pacific atau manufaktur kertas dan hasil produksi kertas. Di tahun 1976, perusahaan kertas tersebut hengkang dari Indonesia dan resmi di akuisisi oleh Bob Hasan.

Keberhasilan Georgia Pacific kemudian menginspirasi Bob menciptakan perusahaan kayunya sendiri, yaitu Kalimanis Group. Kalimanis Group dikabarkan menguasai lebih dari dua juta hektar lahan hutan di Kalimantan. Sejak saat itulah Bob dijuluki sebagai Raja Hutan Indonesia.

Kesuksesannya dalam mengelola PT Georgia Pacific, menginspirasi dirinya untuk merambah di bisnis lain, seperti di industri keuangan, asuransi, otomotif, dan lainnya.

2. Pemilik Media Gatra 

bob hasan media gatra

Selain sukses mengelola bisnis kayu, Bob Hasan turut melihat peluang di industri media. Di tahun 1994, lahirlah Media Gatra yang juga didukung penuh oleh presiden di masa itu, Soeharto. Tidak mengherankan, berita yang diangkat pun terbilang propemerintah. 

Meski dikenal sebagai salah satu media cetak paling lama di Indonesia, saat ini Gatra telah menjangkau pembaca online lewat situs resminya di www.gatra.com. 

3. Menjadi Menteri Perindustrian dan Perdagangan

bob hasan perindustrian dan perdagangan

 

Besar di tengah keluarga petinggi kemiliteran Indonesia, Bob Hasan kemudian melebarkan sayapnya di dunia politik sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan pada tahun 1998. Jabatan ini menjadi perbincangan hangat pada masa Order Baru sebagaimana dia merupakan menteri keturunan Tionghoa pertama di kabinet Soeharto. 

Sayangnya di tahun 2001, Raja Hutan Indonesia ini terlibat kasus korupsi dan terbukti merugikan negara sebesar USD 244 juta. Karena kasus tersebut, dia harus mendekam di Nusa Kambangan selama kurang lebih tiga tahun. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Selama berada di penjara, Bob aktif memberikan pelatihan mengelola batu akik pada para narapidana. Bob Hasan kemudian dinyatakan bebas bersyarat pada bulan Februari 2004. 

Saat ini, Bob mengaku tidak lagi tertarik menekuni bisnis kayu dan ingin fokus pada bidang olahraga dan sosial. 

4. Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI)

bob hasan dan zohri
Sumber gambar: Shutterstock.com

Di usianya yang mendekati 90 tahun ini, Bob Hasan kembali dipercaya untuk menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) periode 2016-2020. Ini berarti sudah 40 tahun sejak Bob menjabat pertama kali di tahun 1977. 

Selama menjabat sebagai ketua umum, Bob sering membiayai kebutuhan asosiasi para atlet secara mandiri. Bahkan, tercatat setiap tahunnya dia rela mengeluarkan dana pribadi hingga Rp10 miliar.

Dana pribadi tersebut digunakan untuk melakukan pencarian bakat atlet di seluruh Indonesia. Kemudian, para calon atlet akan diberi pelatihan, biaya akomodasi, dan biaya hidup selama pelatihan di Jakarta. Salah satunya adalah Muhammad Zohri. 

Kabarnya, Bob membiayai seluruh kebutuhan Zohri hingga menjadi juara U-20 pada perlombaan lari dunia di Finlandia. Sangat inspiratif, bukan?

5. Aktif dalam Kegiatan Sosial

bob hasan kegiatan sosial

Selain menyokong kebutuhan para atlet Indonesia, sosok inspiratif ini ternyata telah aktif dalam kegiatan sosial sejak era Soeharto. Pada tahun 1996, Bob Hasan bersama-sama dengan Soeharto mendirikan Yayasan Damandiri yang bertujuan sebagai penanggulan kemiskinan di Indonesia. 

Di tahun 2016, Bob juga meluncurkan program pembangunan desa di Mataram dan menjabat sebagai Ketua Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni). Di Pertuni, dia menggelar berbagai pelatihan untuk para tunanetra agar kemudian bisa memiliki kesempatan kerja yang sama. 

Meski diliputi berbagai kontroversial tetap tidak dapat dimungkiri bahwa Bob Hasan adalah sosok inspiratif yang membawa begitu banyak perubahan positif di Indonesia. Saat ini Bob tidak lagi aktif di dunia bisnis dan fokus pada kegiatan sosialnya. 

Mari cari tahu ulasan mengenai pengusaha sukses Indonesia lainnya di Lifepal untuk mendapatkan inspirasi yang bermanfaat untuk kehidupan finansial Anda!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →