Mantan Bankir dan Kini Wakil Menteri BUMN, Segini Kekayaan Budi Gunadi Sadikin

Budi Gunadi Sadikin Jadi Wakil Menteri BUMN (Tempo/ Ilham Fikri)

Budi Gunadi Sadikin Direktur Utama PT Direktur PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) Inalum atau Holding Industri Pertambangan (HIP) dipercaya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Wakil Menteri BUMN.

Bersama dengan Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo dirinya akan mendampingi Erick Thohir dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019 – 2024.

Budi Gunadi Sadikin kerap dipanggil BGS ini lahir pada 6 Mei 1964. Beliau lulus dari Institut Teknologi Bandung sebagai seorang Sarjana Fisika Nuklir dan mendapatkan Sertifikasi Sebagai Chartered Financial Consultant (CHFC) dan Chartered Life Underwriter (CLU) dari Singapore Insurance Institute (2004).

Budi juga mengikuti “Strategic Thinking and Management for Competitive Advantage Program” dari Wharton University of Pennsylvania, Philadelphia (2008). Lalu Executive Training “Global Strategic Management” of the Harvard Business School (2009).

Kemudian Executive Education “Venture Capital Executive Program” dari University of California, Berkeley (2010), Executive Education “Interpersonal Dynamics for High Performance Executives” dari Stanford Graduate School of Business (2011). Juga Executive Education “Risk Management in Banking” dari INSEAD (2012).

Karir Budi antara lain dimulai tahun 1988 dengan menjadi Staff Teknologi Informasi di IBM Asia Pasifik, Tokyo, Jepang dan kemudian dipindah ke IBM Indonesia dengan jabatan terakhir sebagai Systems Integration & Professional Services Manager.

Kemudian dilanjutkan dengan berkarir di Bank Bali dengan beberapa jabatan diantaranya sebagai General Manager Electronic Banking, wilayah Jakarta dan Chief General Manager Human Resources hingga tahun 1999.

Kemudian beliau bergabung dengan ABN Amro Bank Indonesia dengan jabatan terakhir sebagai Direktur Consumer dan Commercial Banking (Senior Vice President) untuk ABN AMRO Bank Indonesia & Malaysia hingga 2004. Setelah itu beliau bergabung dengan Bank Danamon dan menjabat sebagai Executive Vice President Consumer Banking dan Direktur di Adira Quantum Multi Finance.

Pada tahun 2006 bergabung di PT Bank Mandiri Tbk sebagai Direktur Micro & Retail Banking, dan pada tahun 2013 diangkat menjadi Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk hingga 21 Maret 2016. Pada tahun 2016 beliau menjabat sebagai Staff Khusus Menteri Negara BUMN dan aktif menjadi Anggota Dewan Penasehat Asosiasi Fintech Indonesia.

Pada tahun 2017 beliau diangkat menjadi Komisaris Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero). Sebelum akhirnya efektif menjadi Direktur Utama pada tanggal 14 September 2017.

Miliki Harta Kekayaan Rp 143 Miliar

Dalam laporan resmi LHKPN, kekayaan Budi Gunadi Sadikin per tanggal 31 Desember 2018 tercatat sebesar Rp 143 miliar.

1. Tanah dan Bangunan

Budi Sadikin mempunyai 6 bidang tanah dan bangunan dengan total nilai Rp 70 miliar. Dirinya memiliki tanah dan bangunan termahal dengan luas 582 meter di Kota Jakarta Selatan dengan nilai Rp 36 miliar.

Sedangkan, untuk nilai terkecil, dirinya mempunyai tanah seluas 50 meter di Bandung dengan nilai Rp 1 miliar.

2. Alat Transportasi dan Mesin

Budi mempunyai 4 kendaraan yang terdaftar. Mobil Toyota Alphard Minibus tahun 2019 Rp 250 juta. Mobil Mercedes Benz E 300 Sedan tahun 2019 Rp 500 juta. Mobil Mini Cooper Sedan tahun 2012 Rp 350 juta. Mobil Mazda 2 All New Skyactiv R AT tahun 2015 Rp 175 juta.

3. Harta Bergerak Lainnya, Surat Berharga serta Kas dan Setara Kas

Dirinya mempunyai harta bergerak lainnya sebesar Rp 3 miliar. Budi juga mempunyai surat berharga senilai Rp 69 miliar. Sedangkan kas dan setara kas, dirinya memiliki Rp 5 miliar.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

4. Utang

Dari besaran harta tersebut, dirinya tidak mempunyai utang. Dengan demikian secara total harta kekayaan Budi Gunadi Sadikin mencapai Rp 143.848.457.242.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo telah resmi menunjuk beberapa kader partai, kalangan profesional, hingga mantan tim pemenangan untuk mengisi pos jabatan Wakil Menteri dalam bidang ekonomi pada Kabinet Indonesia Maju.

  1. Wakil Menteri Keuangan: Suahasil Nazara (Kepala Badan Kebijakan Fiskal)
  2. Wakil Menteri PUPR: John Wempi Wetipo (Politikus PDIP)
  3. Wakil Menteri Perdagangan: Jerry Sambuaga (Politikus Golkar)
  4. Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang: Surya Tjandra (Politikus PSI)
  5. Wakil Menteri BUMN: Budi Gunadi Sadikin (Direktur Utama Mining Industry Indonesia)
  6. Wakil Menteri BUMN: Kartika Wirjoatmojo (Direktur Utama Bank Mandiri)
  7. Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Angela Tanoesoedibjo (Pengusaha/Perindo)
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →