Dinilai Cocok Jadi Menteri Desa, Ini Fakta dan Jumlah Kekayaan Budiman Sudjatmiko

Budiman Sudjatmiko Miliki Total Kekayaan Ratusan Juta Rupiah (TEMPO).

Nama Budiman Sudjatmiko memang sempat disorot pada 24 September lalu saat munculnya demonstrasi menentang pengesahan RUU KUHP. Berkat komentarnya, gak sedikit media lokal yang mengulas profil pria yang sempat jadi aktivis 1998 ini.

Bisa dibilang, Budiman merupakan seorang aktivis tulen. Dia pernah dipenjara oleh Pemerintah Orde Baru karena dituduh menjadi dalang insiden peristiwa 27 Juli 1996, namun berkat mendiang Presiden Abdurrahman Wahid, hukumannya dipersingkat jadi 3,5 tahun.

Pria asal Cilacap, Jawa Tengah, ini memang sudah gak lagi menjabat sebagai seorang wakil rakyat karena masa jabatannya sudah habis dan gak terpilih lagi.

Namun para pengamat menilai, penulis buku Anak-Anak Revolusi ini cocok untuk mengisi posisi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI.

Ingin tahu sekilas fakta mengenai Budiman Sudjatmiko? Yuk simak ulasannya di bawah sini.

1. Berharta Rp 651 jutaan di tahun 2016

Budiman Sudjatmiko
Budiman terbiasa hidup sederhana

Informasi harta dan kekayaan Budiman Sudjatmiko versi terbaru memang belum dilaporkan. Namun berdasarkan informasi dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dia laporkan pada Juni 2016, tercatat bahwasannya Budiman mengantongi kekayaan Rp 651 juta.

Dalam laporan tersebut, Budiman sama sekali gak memiliki aset berupa properti. Hanya ada kendaraan, harta bergerak lainnya, logam mulia warisan dan perolehan sendiri, serta giro dan kas. Budiman juga gak memegang satupun surat berharga. 

Bicara soal tunggangan, kendaraan di garasi Budiman juga sederhana lho. Gak ada satupun yang buatan Eropa. Mau tahu apa saja? Mari lihat poin selanjutnya.

2. Mobilnya cuma dua

Budiman Sudjatmiko
Budiman hanya memiliki dua mobil

Politisi yang satu ini hanya memiliki dua mobil, pertama adalah MPV Nissan Evalia yang produksinya sudah dihentikan oleh Nissan. Dan yang kedua adalah city car Mitsubishi Mirage. 

Menurut informasi dari situs budimansudjatmiko.net, pria ini memang menjunjung tinggi gaya hidup sederhana.

Situs itu memposting artikel tahun 2011 yang menceritakan bagaimana Budiman membeli mobil pertamanya yaitu Toyota Innova, dengan cara menabung dari gajinya sebagai anggota DPR. Sebelum punya Innova, Budiman bahkan menggunakan mobil milik orangtua.

“Tentu saja, siapa pun tidak dilarang jadi kaya di republik ini, sejauh tidak korup. Dan jika pun hartanya diperoleh dengan halal, tidak bermewah-mewah. Ya, tidak berjarak jauh dengan masyarakat pada umumnya. Saya sendiri, kalau jalan macet, tidak merasa risih harus naik ojek ke DPR,” ujar Budiman pada tahun 2011.

3. Jebolan Inggris

Budiman Sudjatmiko
Budiman sempat kuliah di Inggris

Saat terlibat dalam aksi mahasiswa tahun 1998, Budiman Sudjatmiko masih duduk di bangku kuliah lebih tepatnya di Universitas Gadjah Mada (UGM). Usai rezim Orde Baru tumbang dan dibebaskan dari penjara, Budiman langsung pindah ke Inggris untuk mengambil program Master Hubungan Internasional di Cambridge. 

Setelah pulang dari Inggris, dia bergabung di PDIP dan membentuk organisasi bernama REPDEM (Relawan Perjuangan Demokrasi) yang berfungsi sebagai sayap PDI Perjuangan.

Selain jadi wakil rakyat, di tahun 2018 dia juga menjadi salah satu juru bicara untuk pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma’Ruf Amin.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Itulah sekilas fakta tentang Budiman Sudjatmiko. Sejak dulu, kariernya memang berkutat di dunia politik. (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →