Awas! Lakukan Kesalahan-Kesalahan Ini Bisa Bikin Bujet Travel Membengkak Lho

Seorang perempuan muda tengah melakukan solo travelling (Pexels).

Pernah merasa usai jalan-jalan, tagihan kartu kredit membengkak? Atau uang tabungan terkuras? Itu tandanya bujet travel yang kamu anggarkan membengkak tuh.

Dengan kata lain, ada kesalahan-kesalahan yang kamu lakukan yang bikin pengeluaran selama liburan jadi boros. Cukup sekali aja deh mengalami hal tersebut. Kalau berulang kali terjadi, lama-lama bisa tekor nanti.

Supaya jangan sampai kamu punya pengalaman buruk itu kembali, ada beberapa kesalahan yang sebaiknya diperhatikan agar bujet travel gak membengkak angkanya. Nah, apa aja? Dikutip dari Hotel Moxa, kesalahan-kesalahan berikut ini harus diwaspadai.

Baca juga: 12 Tempat Wisata Gratis di Tokyo Ini Mampu Sempurnakan Pelesiranmu di Jepang

1. Tukar uang di bandara

Tukar uang di bandara

Kadang-kadang saat hendak bepergian ke luar negeri, hal yang cenderung terlupa adalah menukarkan uang. Ujung-ujungnya mau gak mau menukarkan uang di bandara negara tujuan.

Nah, di sini letak kesalahannya. Sebab penukaran uang yang dilakukan di bandara ternyata biayanya lebih mahal ketimbang penukaran uang di money changer luar bandara.

Itulah kenapa para pelancong amat disarankan buat menukarkan uangnya lebih dahulu sebelum berangkat ke bandara. Dengan begitu, gak perlu ada biaya berlebih yang keluar yang nantinya bisa bikin bujet travel membengkak.

2. Bawa barang berlebihan yang akibatnya kena biaya bagasi yang tinggi

Terlalu banyak bawa barang (Pixabay).

Kesalahan ini juga bisa berdampak pada membengkaknya bujet travel. Ada ketentuan yang mengharuskan penumpang membayar biaya bagasi.

Seperti yang diberitakan MoneySmart sebelumnya, beberapa maskapai penerbangan di Indonesia secara resmi memberlakukan biaya bagasi. Itu berarti gak ada lagi biaya bagasi cuma-cuma saat naik pesawat.

Maskapai-maskapai penerbangan yang dimaksud adalah Lion Air dan Wings Air. Ketetapan biaya tersebut berlaku buat seluruh penerbangan domestik.

Penumpang Lion Air harus membayar biaya bagasi kalau membawa barang ≥ 20 kg. Sementara penumpang Wings Air harus membayar biaya bagasi kalau membawa barang ≥ 10 kg.

Karena ini bisa membebani bujet travel nantinya, lebih baik barang bawaan yang beratnya gak melebihi ketentuan di atas ya. Pilih barang yang perlu-perlu aja. Soalnya lumayan besar lho biayanya. Per kilonya, kamu mesti bayar Rp 80 ribu.

Baca juga: 6 Cara untuk Kamu yang Introvert Agar Betah Bekerja di Kantor, Gak Susah Kok!

3. Sering tarik tunai saat di luar negeri

Tarik tunai di luar negeri (Pixabay).

Dengan lakukan tarik tunai di luar negeri, kamu harusnya udah tahu apa konsekuensi yang kamu hadapi. Setiap penarikan tunai di ATM luar negeri dikenakan biaya administrasi yang besarannya sekitar Rp 25 ribu lho.

Bisa hitung dong berapa besar uang yang kamu keluarkan kalau keseringan tarik tunai di luar negeri? Sekali aja udah Rp 25 ribu, apalagi tiga kali, udah Rp 75 ribu tuh. Lumayan besar kan uang yang keluar?

4. Lupa isi minum di hotel

Jangan lupa mengisi air minum dalam botol (Pexel).

Sepele, tapi lumayan juga lah kalau sampai keluar uang. Alangkah baiknya kalau kamu bawa botol minum kemanapun tujuan liburannya.

Apalagi di negara tertentu, harga air mineral per botol luar biasa banget lho mahalnya. Contohnya aja di Singapura. Harga air mineral di negara kota yang masuk daftar kota termahal ini mencapai Rp 11 ribuan buat yang kemasa 330 mililiter.

Dengan harga segitu, kamu bisa dapat 2 – 3 botol lho di Indonesia. Walaupun gak keluar negeri, tetap lebih baik bawa aja botol minum. Hitung-hitung hemat pengeluaran buat beli minum dan bujet travel jadinya gak besar-besar amat.

Baca juga: 5 Cara Agar Kamu Selalu Bahagia di Kantor, Cukup Terapkan Hal Baik Ini

5. Bawa snack dari rumah

Bawa snack dari rumah (Pexels).

Membawa snack itu membantu banget buat menghemat pengeluaran. Soalnya nih selama perjalanan, bisa aja perut kamu keroncongan. Mau gak mau beli makan deh yang dijual di pinggir jalan. Ini bisa membebani bujet travel lho kalau harganya mahal.

Karena itu, bawa aja deh snack dari rumah. Membawa snack dari rumah bisa bantu kamu hemat pengeluaran lho. Terus buje travel yang udah kamu susun gak mesti disusupi biaya-biaya siluman deh.

Nah, udah tahu kan sekarang kesalahan-kesalahan yang bisa bikin bujet travel membengkak? Dengan mengetahui kesalahan-kesalahan tersebut, moga-moga gak ada lagi ya cerita pengeluaran berlebihan selama jalan-jalan. (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis