Bukan Cuma Investasi Emas, 5 Barang Ini Juga Bisa Kasih Untung Gede, Penasaran?

Kalau dengar kata investasi, biasanya langsung terpikir beragam instrumen seperti investasi saham, investasi emas, investasi properti, dan sebagainya. Tapi, tahu gak kalau sebetulnya instrumen investasi gak terbatas wujudnya, lho.

Idealnya, barang investasi harus memenuhi kriteria berikut ini: 1) punya capital gain atau harga jualnya naik, 2) dapat dijadikan jaminan transaksi dalam pinjam meminjam, serta 3) menghasilkan keuntungan dari cash flow. Dengan begitu, selama memenuhi ketiga kondisi di atas, barang apa pun bisa jadi investasi.

Nah, tanpa disadari, ternyata banyak barang-barang yang kerap dikoleksi anak muda yang punya nilai investasi tinggi. Bisa tebak apa aja?

Komik klasik

Komik Amerika klasik yang banyak diburu kolektor (Ilustrasi).

Beli komik bukan cuma buat koleksi tapi juga bisa buat investasi, lho. Hobi masa kecil ini bisa mendatangkan untung yang besar. Semakin tua dan langka, komik akan dihargai semakin tinggi. Apalagi jika kondisinya masih bagus dan terawat.

Bagi para kolektor, komik klasik atau komik lama bisa dihargai hingga jutaan dolar. Salah satu kolektor komik, Vincent Zurzolo mengaku pernah menjual komik koleksinya hingga seharga Rp 21 miliar.  

Umumnya, para kolektor komik mengincar komik keluaran Amerika Serikat. Sebab, komik-komik ini tak dijual secara masih layaknya komik Jepang atau dari negara lain sehingga peminatnya harus berburu bagai mencari barang langka. Di sisi lain, hal ini membuat nilai komik tersebut jadi meningkat.

Uang kuno

Uang lama (Ilustrasi).

Mau tajir dengan jadi numismatik alias pengoleksi duit lama, juga bisa. Udah banyak nih numismatik yang mendapatkan keuntungan berlimpah dari koleksinya tersebut. Selama kondisi uang tetap dalam keadaan baik, nilainya tak akan pernah turun seiring waktu.

Kolektor uang kuno rela berburu hingga ke pelosok daerah dan membayar mahal demi selembar uang kuno. Secara bisnis, kolektor uang kuno juga dilirik para calon pengantin yang ingin menyiapkan mahar dengan pecahan khusus.

Jadi, kalau saat ini kamu masih menyimpan beberapa lembar pecahan duit lama, simpan baik-baik. Siapa tahu beberapa tahun kemudian, harganya naik berkali-kali lipat.

Sneakers

Sneakers (Ilustrasi).

Bagi para pecinta gaya sporty, sneakers gak cuma bisa dipakai buat bergaya. Tapi juga bisa sebagai investasi jangka panjang. Beberapa produk sneakers diproduksi secara terbatas sehingga jadi incaran para kolektor sepatu sneakers. Jika disimpan dan dirawat dengan baik, bukannya turun harga sneakers juga bisa melejit.

Salah satu contohnya adalah sepatu Nike yang berkolaborasi dengan Kanye West, Yeezy 2. Saat pertama kali diluncurkan, sepatu tersebut dihargai sekitar $ 245 atau setara Rp 3,6 juta. Beberapa tahun setelahnya saat dijual kembali harganya melejit hingga Rp 1,3 miliar. Ajib kan?

Action Figure

Action Figure (ilustrasi).

Hobi koleksi action figure gak bisa dibilang murah. Gak jarang patung kecil dengan aneka ragam karakter ini dibanderol dengan harga cukup tinggi. Seperti prinsip ekonomi, semakin banyak permintaan, harga barang dengan produksi terbatas ini pun akan semakin mahal.

Untuk karakter yang punya penggemar fanatik, harga action figure bisa meningkat sebesar 3-10 persen tiap tahunnya. Dilansir dari CNN Indonesia, Eric, kolektor sekaligus pengusaha bisa mendapatkan keuntungan hingga lebih dari 50 persen dari penjualan action figure yang ia produksi. Sementara action figure langka dengan karakter yang diidolakan, harganya bisa meningkat hingga Rp 60 lipat dari harga awal

Tas branded

Tas branded merk Louis Vuitton (ilustrasi).

Dilansir dari CNBC, menurut Marisa Tumbuan, kolektor tas bermerek sekaligus pendiri Irresistible bazaar, investasi tas bermerek bisa mendatangkan cuan hingga 500 persen. Gila gak tuh? Bahkan bisa lebih menguntungkan dibanding investasi emas. Gak heran nih, para sosialita yang gemar belanja tas branded sekelas Hermes, Dior, Chanel, dan Louis Vuitton justru jadi semakin tajir.

Tas branded juga dapat disewakan untuk memberikan passive income bagi pemiliknya. Sementara, untuk barang yang dijual, sekalipun bekas pakai, nilai tas branded tetap meningkat sepanjang waktu. Terutama untuk model yang unik dan kondisi terawat.

Kamu punya salah satu barang di atas? Atau jadi tertarik untuk mengoleksi salah satunya? Demi dapat banyak cuan, jangan lupa perawatan yang diberikan harus maksimal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →