Kata CEO Ini, Passion Bukanlah Kunci Sukses dalam Berbisnis Lho

Ray Chan (startupbeat.hkej.com)

Situs 9GAG pasti udah gak asing lagi buatmu kan? Pendiri 9GAG, Ray Chan gak pernah menyangka situsnya bisa populer banget kayak sekarang. Coba ingat-ingat berapa kali kamu melihat postingan 9GAG, baik di akun media sosialnya atau pun situs resminya?

Kontennya yang ringan dan menghibur bikin banyak orang betah berlama-lama melihat berbagai gambar konyol ala 9GAG. Tapi siapa sangka, 9GAG semula hanyalah proyek sampingan yang tidak dijalankan dengan serius.

Lalu, gimana 9GAG bisa menuai kesuksesan hingga seperti sekarang? Yuk, simak kisah pendiri 9GAG, Ray Chan yang mampu menyulap “kelucuan” jadi bisnis yang untung besar.

Berawal dari keinginan membuat orang tertawa

pendiri 9gag
(Image: cnbc)

Nama 9GAG sendiri berasal dari bahasa Cantonese yang berarti membuat senang. Sesuai namanya, situs ini memang paling jago bikin orang terhibur. Itulah salah satu tujuan Ray Chan saat mendirikan 9GAG. Ia ingin orang bisa tertawa dan bersenang-senang dengan meme, gambar, dan video di Internet.

Proyek sampingan yang berhasil

pendiri 9gag
(Image: money.cnn)

Saat usia 24 tahun, Ray Chan berusaha menjalankan proyek berupa aplikasi foto sharing dan web karaoke Singboard bersama 500 startup lain di Amerika.

Pada saat bersamaan, Ray membuat 9GAG sebagai proyek sampingan. Seiring berjalannya waktu, proyek utamanya malah gagal total sementara 9GAG justru mendapatkan tanggapan luar biasa dari para penggemarnya. Sejak itulah Ray Chan dan teman-temannya mulai berkonsentrasi dan fokus mengerjakan 9GAG.

Semakin berhasil, semakin butuh kerja keras

pendiri 9gag
(Image: flickr)

Bagi Ray, ia dan teman-teman satu timnya bukanlah orang yang sangat pintar. Keberhasilan yang mereka raih merupakan buah dari kerja keras. Menurutnya, kerja keras gak bisa dianggap remeh ataupun dibandingkan dengan kerja cerdas. Justru, penggabungan kerja keras dan kerja cerdas akan memberikan hasil yang jauh lebih baik.

Jadilah begitu hebat sampai mereka gak bisa mengabaikanmu

pendiri 9gag
(Image: 9gag)

Itulah pesan sekaligus prinsip yang dimiliki oleh pendiri 9GAG ini. Ray Chan dan tim datang dari Hong Kong dan tidak memiliki kaitan apa pun dengan Silicon Valley. Tapi, mereka berhasil mendapatkan pendanaan dan mendirikan perusahaan dengan skala global, membuat orang bahagia, dan mendapatkan keuntungan besar dari hal tersebut.

Jadi, menurut Ray, gak perlu mencari-cari alasan yang bisa menghambat kesuksesanmu.

Tiap pengalaman adalah pelajaran berharga

Banyak orang yang terinspirasi oleh kesuksesan Bill Gates, Steve Jobs, dan Mark Zuckerberg. Mereka pun mencari tahu kunci sukses para tokoh tersebut dan berusaha menirunya.

Hal ini berbeda dengan Ray Chan yang menilai bahwa gak ada kunci sukses yang bisa ditiru 100 persen. Menurutnya, tiap orang memiliki pengalamannya masing-masing yang bisa jadi guru terbaik. Oleh sebab itu, gak perlu meniru siapa pun, tapi pikirkanlah cara yang paling pas buatmu.

Bukan passion, tapi dua hal ini yang lebih penting

pendiri 9gag
(Image: 9gag)

Bagi Ray Chan, mengikuti passion bukanlah hal yang penting. Faktanya, gambar-gambar lucu yang ada di 9GAG bukanlah passion-nya. Passion akan muncul ketika kerja keras mulai memberikan hasil.

Oleh sebab itu, menurut Ray, jauh lebih penting tekad yang kuat dan kualitas dari produk yang diciptakan. Dibandingkan “follow your passion”, Ray lebih setuju dengan prinsip “follow your effort” atau “ikuti kerja kerasmu”.

Visi pendiri 9GAG untuk membuat dunia jadi lebih menyenangkan pun berhasil. Terbukti di tahun 2017 aja pengunjung 9GAG mencapai 223 juta orang dari berbagai negara di dunia.

Di Indonesia sendiri, 9GAG menginspirasi anak muda untuk membuat situs hiburan sejenis seperti 1CAK. Semoga perjalanan Ray Chan dan timnya ini juga bisa menginspirasi kamu ya.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →