Bunga Deposito BTN Terbaru – Simulasi Cara Hitung Bunganya

Bunga deposito BTN

Deposito BTN adalah simpanan berjangka yang disediakan Bank Tabungan Negara dengan bunga di atas bunga tabungan dan tenor dari 1 – 24 bulan. Deposito BTN menjadi pilihan simpanan berjangka yang cocok sebagai investasi karena tawaran bunga deposito BTN yang bersaing dengan bunga deposito bank-bank lainnya.

Di artikel ini, kamu dapat melihat daftar bunga dan melakukan perhitungan deposito BTN dengan kalkulator yang telah disediakan.

Sebagai informasi, suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) menjadi acuan suku bunga simpanan dan kredit perbankan, termasuk juga bunga deposito.

Dalam beberapa bulan terakhir, berikut ini daftar suku bunga acuan BI atau BI 7-day (Reverse) Repo Rate.

Periode BI 7-day
18 Maret 2021 3,50%
18 Februari 2021 3,50%
21 Januari 2021 3,75%
17 Desember 2020 3,75%
19 November 2020 3,75%
13 Oktober 2020 4,00%

Sebelum mengetahuinya lebih jauh sebaiknya kita ketahui dulu bahwa deposito BTN terbagi menjadi dua produk, yaitu Deposito BTN Ritel Rupiah dan Deposito BTN Valas.

Bunga deposito BTN terbaru 2021

Bunga deposito BTN itu dibedakan berdasarkan besaran dana yang disimpan dan jangka waktu atau tenor penyimpanan. 

Seperti yang kamu tahu, jangka waktu deposito yang ditawarkan bank-bank di Indonesia dimulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, hingga 24 bulan.

Deposito BTN terbagi menjadi dua jenis, yaitu deposito BTN Ritel Rupiah dan deposito BTN Valas.

Bunga deposito BTN rupiah

Saldo deposito BTN 1 Bulan 2 Bulan 3 Bulan 6 Bulan 12 Bulan 24 Bulan
<Rp100 juta 3,25% 3,25% 3,25% 3,50% 3,50% 3,50%
≥ Rp100 juta s.d. < Rp500 juta 3,25% 3,50% 3,50% 3,50% 3,50% 3,50%
≥ Rp500 juta s.d. ≤ Rp2 miliar 3,25% 3,50% 3,50% 3,50% 3,50% 3,50%
> Rp2 miliar 3,50% 3,50% 3,50% 3,50% 3,50% 3,50%

Simulasi cara hitung bunga deposito BTN

Bunga deposito secara umum dihitung dengan menggunakan rumus berikut: Bunga Deposito = Dana Deposito x (Bunga Tahunan / 12) * Jumlah Bulan Tenor

Ingat, deposito itu dikenakan pajak bunga deposito sebesar 20%. Kamu dapat simulasikan cara hitung bunga deposito dengan kalkulator bunga deposito di bawah ini.

Biaya deposito BTN

Ada sejumlah biaya yang dikenakan ketika membuka rekening ataupun saat memiliki deposito BTN. Berikut ini daftar biayanya.

Biaya deposito BTN Biaya
Setoran minimal deposito individu Rp1.000.000
Biaya bilyet Rp3.000
Biaya meterai pembukaan Rp6.000
Biaya meterai penutupan Rp6.000
Pajak 20 persen
Biaya penalti pencairan sebelum jatuh tempo 0,5% dari nilai deposito dan bunga berjalan tidak dibayarkan

Mulai dari premi Rp150 ribu, dapatkan manfaat penggantian biaya rumah sakit 100 persen dengan memiliki asuransi kesehatan Sinarmas.

Keuntungan deposito BTN

Deposito BTN sebagai salah satu produk simpanan BTN juga berafiliasi dengan kredit kepemilikan rumah atau KPR BTN yang mana salah satu fiturnya memberi banyak kemudahan serta tambahan fasilitas bagi deposan yang memiliki kredit di BTN.  

Berikut ini beberapa keuntungan deposito BTN yang bisa dipertimbangkan sebagai salah satu cara untuk menginvestasikan uangmu.

  1. Setiap investasi pasti bertujuan untuk mendapatkan imbal balik atau nilai lebih, dan Deposito BTN memberikan imbal balik atau suku bunga yang sangat kompetitif sehingga tujuan investasimu tidak akan sia-sia dan mendapatkan hasil yang signifikan.
  2. Investasi melalui Deposito BTN sangat aman dan minim risiko dibandingkan produk investasi lainnya.
  3. Terdapat berbagai pilihan jangka waktu penyimpanan yang disesuaikan dengan kebutuhanmu.
  4. Rekening deposito dapat dibuat atas nama pribadi atau perusahaan/lembaga sesuai kebutuhan, dan manfaat yang diperoleh tetap sama.
  5. Bunga deposito dapat dimanfaatkan untuk membayar angsuran kredit di BTN, atau membayar berbagai tagihan rumah tangga setiap bulan secara otomatis sehingga kamu tidak perlu mengalami kesulitan untuk membayar tagihan tersebut setiap bulan.
  6. Dengan Deposito BTN, kamu akan mendapatkan passive income yang akan ditransfer secara teratur setiap bulan dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan bulanan, seperti membayar angsuran kredit sehingga kamu tidak perlu repot untuk menyiapkan dana angsuran setiap bulan.
  7. Dana awal untuk membuka rekening Deposito BTN sangat terjangkau sehingga seluruh lapisan masyarakat terutama menengah ke bawah dapat memanfaatkan fasilitas perbankan ini.
  8. Dapat dijadikan sebagai jaminan kredit (kredit swadana).

Syarat pembukaan rekening deposito BTN

Jika kamu ingin membuka rekening deposito BTN, berikut ini syarat-syaratnya yang tidak terlalu sulit dan besar dana awalnya sangat terjangkau:

  1. Mengisi dan menandatangani formulir pembukaan rekening deposito.
  2. Melampirkan fotokopi KTP atau identitas lainnya yang masih berlaku.
  3. Terbuka bagi siapa  saja, termasuk Warga Negara Asing yang memiliki identitas berupa KITAS atau KITAP.
  4. Rekening dapat di buka atas nama perorangan atau perusahaan/lembaga.

Risiko pencurian dijamin hingga 100 persen dengan memiliki asuransi rumah. Beli polis asuransi di Lifepal bisa hemat hingga 25 persen.

Daftar bunga deposito terbaru bank-bank di Indonesia

Perubahan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) memengaruhi besaran bunga yang dipatok setiap bank. Berikut ini besaran bunga terbaru dari sejumlah bank.

Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang deposito ataupun asuransi? Lihat pertanyaan populer seputar topik tersebut di Tanya Lifepal.

Tanya jawab seputar deposito BTN

Berapa bunga deposito BTN terbaru?

Per 1 April 2021, bunga deposito BTN terbaru dimulai dari 3,25 persen. Besaran bunga ini dapat berubah sewaktu-waktu menyesuaikan dengan perubahan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI).

Berapa bunga deposito BTN saldo Rp10 juta per bulan?

Bunga deposito untuk saldo Rp10 juta per bulan mulai dari 3,25 persen. Namun, untuk tenor 6 bulan, 12 bulan, dan 24 bulan, besaran bunganya lebih tinggi. Cek detail informasinya dalam artikel ini.

Apakah bunga deposito BTN dapat diambil setiap bulan?

Bunga deposito bisa diambil setiap bulan apabila bunga tersebut dipindahbukukan ke rekening tabungan BTN. Kemudian dari rekening tabungan, bunga deposito bisa ditarik lewat mesin ATM.