Keren Tanpa Mahal, Ini Tips Capsule Wardrobe yang Lagi Hits di Kalangan Fashion Blogger!

capsule wardrobe

Istilah capsule wardrobe memang masih terdengar asing di telinga masyarakat. Padahal trik tersebut bisa menjadi solusi tepat buat kamu yang ingin tetap tampil menawan tanpa harus mengeluarkan bujet besar.

Pasalnya tak bisa dipungkiri kalau pengeluaran untuk membeli barang-barang fashion memang sangat menguras kantong.

Sederhananya saja coba bongkar isi lemari kamu, berapa banyak tumpukan baju yang sudah gak terpakai? Berapa banyak juga aksesori yang berceceran di kamar? Saking banyaknya, mungkin kalau dijual lagi nominalnya udah bisa buat beli perabotan rumah.

Uniknya, meski isi lemari udah penuh tapi masih ada aja segelintir orang yang mengaku gak punya baju. Ya, mungkin bosan kali ya kalau menggunakan pakaian yang itu lagi itu lagi.

Alhasil, setiap bulan mereka harus menggelontorkan sejumlah uang untuk membeli item fashion baru untuk menunjang penampilannya.

Emang gak ada salahnya sih beli pakaian baru, tapi kalau kamu harus mengeluarkan setengah gaji buat belanja sih ya siap-siap aja tekor dan gak punya tabungan.

Tapi tenang aja, kamu bisa tetap tampil keren dan menawan kok tanpa harus keluar duit gede. Salah satunya adalah dengan menerapkan sistem capsule wardrobe yang kini lagi hits banget di kalangan fashion blogger.

Seorang pakar fashion sekaligus pemilik butik di London, Wardrobe yang bernama Susie Faux menyarankan agar kamu memiliki beberapa item fashion yang nantinya dapat dipadu-padankan sehingga dapat menciptakan penampilan yang super keren.

Beberapa item tersebut terdiri dari beberapa bawahan, mulai dari celana panjang kain, celana jeans serta rok. Selipkan juga tiga hingga empat potong atasan, baik kemeja, jaket maupun kaos. Dress dan jas juga penting untuk acara formal serta dua pasang sepatu dan tas.

Dengan hanya memiliki beberapa item fashion di atas kamu bisa tetap tampil kece setiap hari tanpa harus merogoh kocek terus menerus untuk membeli pakaian baru.

Lalu bagaimana caranya? Berikut beberapa konsep capsule wardrobe yang bisa kamu terapkan mulai sekarang. Simak ulasannya di bawah ini yuk!

Baca juga: Franka Soeria, Modest Fashion Expert dengan Tarif Puluhan Ribu Dolar dan Klien Putri Kerajaan

1. Memilih bahan yang berkualitas bagus

capsule wardrobe
Pilih pakaian yang kualitasnya bagus. (Shutterstock)

Tak sedikit orang yang justru salah melakukan trik berhemat dengan membeli barang yang kualitasnya kurang bagus. Memang sih terlihatnya lebih irit, tapi hal itu sebenarnya hanya menguras kantongmu lebih dalam lho.

Pasalnya banyak orang yang akhirnya tak menggunakan pakaiannya lagi karena sudah tak layak dipakai padahal baru beberapa kali digunakan. Ujung-ujungnya, beli baru deh.

Nah, salah satu prinsip dasar dari capsule wardrobe itu adalah menggunakan baju dalam jangka waktu lama. Karena itu, pilihlah pakaian yang bahannya memiliki kualitas yang bagus.

Dengan jumlah pakaian yang terbatas, pasti kamu akan menggunakan item fashion tersebut berulang kali kan?

Baca juga: Kakek 84 Tahun Hypebeast Abis, Yuk Intip Gayanya!

2. Memilih pakaian bermotif klasik atau polos

capsule wardrobe
Pilih yang model dan motifnya klasik. (Shutterstock)

Karena konsep capsule wardrobe adalah mengenakan pakaian yang sama dalam jangka waktu lama, kamu disarankan untuk memilih pakaian polos sehingga mudah untuk dipadupadankan.

Tapi kalau kamu pengin berbeda, kamu juga bisa memiliki beberapa item pakaian bermotif, dengan catatan polanya harus klasik. Salah satunya adalah motif garis-garis yang memang dari tahun ke tahun akan terus digemari banyak orang.

Itulah mengapa pemilihan pola atau motif pakaian itu sangatlah penting agar konsep capsule wardrobe berjalan mulus. Tujuannya agar pakaian bisa digunakan dalam waktu lama tanpa harus pusing gonta-ganti mengikuti tren terbaru.

Baca juga: Tiga Brand Fashion Indonesia Ini Serbu Paris

3. Memilih pakaian yang warnanya senada dan netral

capsule wardrobe
Pilih yang warnanya senada dan netral. (Shutterstock)

Memilih pakaian dengan warna senada dan netral juga sangat penting diterapkan jika kamu memutuskan untuk melakukan trik capsule wardrobe.

Tujuannya sangatlah jelas. Biar semua pakaian bisa lebih mudah untuk dipadupadankan, kamu bisa memilih warna pakaian dasar, seperti hitam, putih, abu-abu, navy dan coklat.

Beberapa warna tersebut sangat aman untuk dikombinasikan. Jika ingin terlihat berwarna, kamu bisa menambahkannya lewat aksesori seperti warna gold atau perak.

Nah, itu dia tiga konsep capsule wardrobe yang bisa kamu terapkan. Jadi, udah gak ada alasan untuk boros belanja pakaian lagi kan? (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →