Cara Aman Menggunakan Kartu Kredit saat Belanja Online Agar Tak Kena Penipuan

Belanja online dengan kartu kredit memang sangat mudah dan cepat.

Di era digital seperti sekarang ini, orang semakin mudah melakukan transaksi menggunakan kartu kredit, termasuk berbelanja. Dari membeli kebutuhan sehari-hari, fesyen, hobi, hingga kendaraan sekalipun. Semuanya bisa dilakukan melalui komputer maupun gadget saja. 

Saat ini kita juga dimanjakan oleh kehadiran sejumlah situs belanja online atau sering disebut e-commerce, yang menyediakan kebutuhan-kebutuhan tersebut. Belum lagi kemudahan dalam pembayarannya membuat masyarakat tak perlu keluar rumah demi membeli barang yang mereka inginkan. 

Tetapi perlu kamu ketahui juga nih guys bahwa belanja dengan menggunakan kartu kredit bukan tanpa risiko. Seringkali banyak orang yang terkena pencurian uang dari belanja online karena kurangnya kehati-hatian. Nah, gak ingin hal seperti ini menimpa kamu bukan? berikut tips menghindari penipuan atau pencurian uang saat belanja dengan menggunakan kartu kredit

1. Teliti memilih toko online saat belanja dengan kartu kredit 

Teliti sebelum belanja online itu penting (Shutterstock).
Teliti sebelum belanja online itu penting (Shutterstock).

Ada baiknya kamu lebih teliti lagi sebelum membeli barang di toko online. Perhatikan dengan seksama toko tersebut, apakah terpercaya atau tidak. Lihat juga dari banyaknya komentar yang ada tentang toko itu. 

Ada pula toko tipuan yang berupaya mengelabui para korban dengan membuat username mirip dengan akun terverifikasi. Pastikan kamu mengetik dengan benar toko yang terpercaya, jangan sampai masuk ke dalam penipu yang mana akan menguras habis uangmu. 

2. Belanjalah di toko online resmi

Belanja online (Shutterstock).
Belanja online (Shutterstock).

Ada baiknya kamu belanja di toko online resmi agar terhindar dari akun bodong penipuan yang berupaya menjebakmu dengan menjual produk serupa. Biasanya toko online resmi memiliki tanda khusus, bisa berupa centang verified. Kalau kamu belanja di akun resmi, sekalipun ada penipuan, akan segera ditindak lanjuti. Mudah bagi pihak kepolisian melacak penipuan tersebut. 

Jangan mudah percaya dengan embel-embel harga murah yang ditawarkan suatu toko. Lebih baik merogoh kocek lebih ketimbang rugi besar karena barang yang dipesan tak kunjung sampai.

3. Belanja dengan komputer atau laptop

Belanja online lewat laptop
Belanja online lewat laptop

Meski hal ini jarang terjadi namun ada baiknya kamu belanja dengan menggunakan komputer atau laptop. Ada beberapa kasus penipuan kartu kredit karena pembeli menggunakan tablet atau gadget. Pasalnya alat komunikasi lebih mudah diretas ketimbang komputer. 

4. Pastikan setiap prosesnya sesuai

Belanja online kian mudah (Unsplash)
Belanja online kian mudah (Unsplash)

Belanja online dengan menggunakan kartu kredit memang sedikit rumit ketimbang membayarnya langsung. Kamu akan diarahkan ke berbagai tahapan sebelum transaksi diproses. Beberapa toko menggunakan jasa payment gateway untuk sistem pembayarannya terutama untuk kartu kredit ini. 

Perhatikan segala informasi dan langkah-langkah yang harus dilakukan pada laman pembayaran tersebut telah sesuai. Jika ingin memastikannya lagi, kamu bisa menghubungi customer service toko tersebut. Jika semua sudah sesuai kamu bisa melanjutkan pembayaran

5. Install Anti-Virus 

Instal antivirus dan antimalware agar transaksi online tetap aman (Unspalsh)
Instal antivirus dan antimalware agar transaksi online tetap aman (Unsplash)

Jika kamu melakukan belanja online dengan PC atau laptop pastikan perangkat tersebut sudah dilindungi oleh antivirus dan antimalware. Pasalnya peretas bisa saja masuk dan mencuri data serta akun kartu kredit kamu. 

Oleh karena itu, pastikan perangkat komputer sudah dilengkapi dengan software antivirus. Jika belum, segera install sekarang juga untuk meminimalisir pencurian data yang dilakukan oleh peretas.

Nah itu tadi lima tips belanja aman dengan menggunakan kartu kredit. Kini kamu gak perlu khawatir atau bingung lagi ketika ingin belanja online. Cukup hati-hati dan perhatikan setiap prosesnya, sehingga kamu akan tahu jika terjadi kejanggalan dalam setiap transaksi. (Editor: Winda Destiana Putri). 

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →