3 Cara Buat Surat Kuasa Sesuai Fungsinya

Apa Fungsi Surat Kuasa

Surat kuasa adalah sebuah bukti tertulis yang berfungsi memberikan wewenang kepada seseorang agar bisa melakukan tindakan yang sesuai isi surat tersebut. 

Biasanya, surat kuasa menjadi prasyarat untuk mengambil dokumen yang bersifat rahasia atau penting seperti surat tanah, ijazah, surat BPKB, dan sebagainya.

Anda bisa memanfaatkannya, misalnya, saat sedang berhalangan hadir untuk mengurus pajak harta. Dalam hal ini, Anda bisa memberikan kuasa kepada seseorang untuk mengurusi pajak tersebut. Tidak terbatas kepada orang saja, pemberi kuasa dan penerima kuasa bisa berwujud organisasi, perusahaan, atau pemangku jabatan. 

Fungsi Surat Kuasa

Cara Buat Surat Kuasa dan Fungsinya

Surat kuasa berfungsi membantu Anda dalam mengatasi berbagai persoalan yang berkaitan dengan pengambilan dokumen atau urusan penting lain yang tidak bisa dilakukan sendiri. 

Pada saat seseorang mengantongi surat kuasa yang dikuasakan oleh Anda, maka orang itu berhak menggantikan peran Anda dalam melakukan hal-hal tertentu sesuai yang diamanatkan. Surat kuasa ini akan memberikan jaminan hukum atas kepentingan diri Anda.

Jenis-jenis Surat Kuasa

Jenis-jenis Surat Kuasa
urprint.id

Setidaknya ada tiga jenis-jenis surat kuasa yang perlu Anda ketahui:

1. Surat kuasa perseorangan

Surat kuasa perseorangan diberikan oleh seseorang kepada orang lain atau perusahaan agar bisa melakukan suatu tindakan atas kepentingan pribadi dari pemberi kuasa. Kebanyakan surat kuasa perseorangan ditujukan untuk membayar pajak, membayar listrik, pengambilan barang, dan pengambilan gaji. 

2. Surat kuasa kedinasan

Surat kuasa kedinasan biasanya datang dari organisasi, baik organisasi masyarakat, perusahaan swasta, atau instansi pemerintah kepada orang atau pemangku jabatan. Dengan begitu penerima kuasa bisa menjalankan tugas atas nama organisasi atau pimpinan terkait. 

3. Surat kuasa istimewa

Surat kuasa istimewa diberikan kepada seseorang atau pihak lain agar bisa mewakili pemberi kuasa dalam menangani masalah hukum. Biasanya surat kuasa istimewa diberikan oleh orang yang terkena masalah hukum kepada pengacara atau lembaga bantuan hukum (LBH) agar bisa menyelesaikan masalah tersebut.

Cara Buat Surat Kuasa

Cara Membuat Surat Kuasa
riuhimaji.com

Terdapat tiga jenis surat kuasa yang memiliki perbedaan dalam cara membuat. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Cara buat surat kuasa perseorangan 

Saat membuat surat kuasa perseorangan, Anda hanya perlu menulis beberapa hal, yaitu:

  • Bagian pertama, judul surat harus tertulis “Surat Kuasa” atau “Surat Kuasa Perseorangan”.
  • Bagian kedua, ada keterangan terkait data diri pemberi kuasa, antara lain nama, alamat, pekerjaan, nomor telepon genggam, dan lain-lain.
  • Bagian ketiga, harus ada data diri penerima kuasa. Jangan lupa sebelum menuliskan data diri, Anda harus menulis satu kalimat yang menerangkan bahwa data diri seperti berikut ini merupakan orang penerima kuasa.
  • Bagian keempat, jangan lupa Anda membuat paragraf tentang apa saja kuasa yang ada di dalamnya. Pada paragraf ini menjadi penting dalam membatasi ruang gerak atau wewenang penerima kuasa dalam menjalankan kegiatan dari pemberi kuasa.
  • Bagian kelima, tanggal dan tanda tangan harus dari kedua belah pihak (pemberi dan penerima).
  • Bagian keenam, jika kuasa yang diberikan mengandung unsur hukum yang mengikat, maka Anda bisa mencantumkan materai dalam surat kuasa.

2. Cara buat surat kuasa kedinasan

Surat kuasa kedinasan dibuat oleh instansi atau perusahaan untuk menyerahkan wewenang kepada orang atau jabatan tertentu dalam melaksanakan tugas atas nama pimpinan atau organisasi. 

Sebagaimana surat ini mengatasnamakan pimpinan atau organisasi, maka surat kuasa kedinasan tidak semudah membuat surat kuasa perseorangan.

Ada beberapa hal yang disinggung dalam surat kuasa kedinasan demi memastikan keasliannya dan menghindari penyalahgunaan, yaitu: 

  • Bagian pertama, surat kuasa harus memiliki “Kepala Surat” dari instansi, organisasi, atau perusahaan pemberi kuasa.
  • Bagian kedua, judul surat harus tertulis “Surat Kuasa” atau Surat Kuasa Kedinasan”.
  • Bagian ketiga, harus ada nomor surat kuasa yang akan menjadi bukti pengarsipan.
  • Bagian keempat, membuat bagian data diri pemberi kuasa, seperti nama instansi atau perusahaan beserta alamatnya, nama orang pemberi kuasa beserta NIK dan jabatan pemberi kuasa. 
  • Bagian kelima, membuat bagian data diri penerima kuasa. 
  • Bagian keenam, pada paragraf tujuan pemberian kuasa harus dijelaskan secara terperinci terkait apa saja yang bisa dilakukan penerima kuasa.
  • Bagian ketujuh, jangan lupa menuliskan tempat dan waktu surat kuasa itu dibuat.
  • Bagian kedelapan, setelah itu Anda jangan lupa membuat masa berlaku surat kuasa. Ini salah satu cara agar penerima kuasa tidak menyalahgunakan wewenang. 
  • Bagian kesembilan, ada tanda tangan kedua belah pihak (pemberi dan penerima kuasa). Di bawah tanda tangan, maka jangan lupa membuat NIP, dan jabatan.
  • Bagian terakhir, harus ada materai atau cap instansi. Ini sebagai bukti persetujuan dari instansi atau organisasi.

3. Cara buat surat kuasa istimewa

Membuat surat kuasa istimewa hampir sama dengan surat kuasa perseorangan. Perbedaannya surat kuasa istimewa harus ada materai. Karena itu merupakan sebuah kewajiban agar bukti administrasi hukum dinyatakan sah. 

Bukan hanya itu, jika surat istimewa diberikan ke kantor pengacara, pastinya pihak kantor pengacara meminta menggunakan kepala surat (kop surat) dari pemberi kuasa. 

Contoh Surat Kuasa

Berikut ini tiga contoh surat kuasa yang bisa menjadi referensi Anda.

1. Contoh surat kuasa perseorangan

Contoh surat kuasa perseorangan

2. Contoh Surat Suara Kedinasan

Contoh Surat Suara Kedinasan

3. Contoh surat kuasa istimewa

Contoh surat kuasa istimewa

Begitu kira-kira artikel ringkas terkait cara buat surat kuasa. Tiap jenis surat kuasa memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda. Jangan keliru dalam membuatnya agar keperluan bisa diselesaikan tanpa masalah.

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →