Hidup Sehat Gak Harus Mahal, 12 Hal Murah Ini Bisa Bikin Badan Fit!

Cara-Hidup-Sehat-yang-Murah-dan-Gampang-Shutterstock.

Cara hidup sehat sebenarnya tidak sulit. Asalkan kamu memiliki niat dan berkomitmen menjaga kesehatan tubuh, pasti bisa dilakukan.

Cuma, banyak yang gak kuat menjalaninya. Alasannya beragam, ada yang karena terlalu sibuk dengan aktivitas kegiatan sehari-hari, ada juga yang sudah menganggap gaya hidup sehat itu mahal. 

Padahal, faktanya untuk bisa hidup sehat itu gak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Berikut ini deretan cara hidup sehat yang gak bikin kantong jebol. 

Gaya hidup sehat alami dan murah 

cara hidup sehat
Buah-buahan sehat (Shutterstock).

Buat kamu yang masih berpikiran cara hidup sehat itu mahal, Kamu gak perlu pergi ke gym atau membeli katering sehat yang harganya bisa ratusan ribu untuk mendapatkan tubuh yang fit. 

Berikut ini kita mau kasih deretan kebiasan murah yang bisa membuat tubuhmu sehat secara alami. 

1. Istirahat yang cukup 

Setelah seharian beraktivitas, tentu sangat menguras energimu. Untuk mengembalikannya maka perlu istirahat atau tidur yang cukup. Soalnya, begadang cenderung membuat tubuh seseorang untuk mengonsumsi lebih banyak makanan. 

Kamu pasti pernah deh ngerasa lapar tengah malam saat begadang, akhirnya pesan nasi goreng, bikin mie, beli martabak buat nemenin begadang. Kebiasaan itu sangat tidak sehat. 

Tidur yang cukup adalah 8 jam sehari. Kamu bisa memulai tidur dari pukul 22.00 sampai 06.00. 

2. Pola makan sehat dengan perbanyak konsumsi sayur-sayuran 

Sayuran adalah kudapan wajib yang harus ada di setiap menu makanan sehari-hari. Kandungan vitamin dan seratnya sangat dibutuhkan untuk tubuh. 

Manfaat mengonsumsi sayuran pun beragam, di antaranya terhindar dari risiko terkena penyakit-penyakit berbahaya, seperti jantung, diabetes, darah tinggi, stroke, dan masih banyak lagi. 

Konsumsi sayur juga gak mahal kok, jauh lebih murah dari daging dan ayam. Tapi bukan berarti kamu gak mengonsumsi daging yak, karena kamu butuh kandungan proteinnya. 

3. Rajin makan buah-buahan 

Cara hidup sehat selain rajin makan sayur, jangan lupa juga untuk makan buah-buahan setiap hari. Banyak buah yang murah namun memiliki kandungan vitamin yang berguna untuk tubuh, sebut saja seperti pir, jeruk, pisang, dan lain-lain. 

4. Cara hidup sehat sederhana dengan olahraga rutin

Kunci utama sehat selain asupan makanan adalah aktivitas fisik. Berolahraga apapun yang kamu bisa namun jangan berlebihan. Olahraga yang paling populer di antaranya berenang, jogging, jalan santai, lari, atau bersepeda. 

Usahakan luangkan waktu selama 30 menit setiap harinya. Durasi segitu sangat singkat bila dibandingkan jumlah jam dalam satu hari, jadi gak ada alasan sibuk untuk olahraga. 

5. Jangan makan berlebihan 

Jangan makan secara berlebihan, makanlah secukupnya asalkan gizi dan nutrisinya tercukupi. Dengan cara ini kamu bisa menjaga tubuhmu tetap ideal dan terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya. 

Kelebihan berat badan itu sangat gak baik untuk tubuh. Kamu bisa berisiko kena obesitas, penyakit jantung, diabetes, sampai stroke. 

6. Liburan 

Ya kamu gak salah baca kok, liburan termasuk salah satu tips sehat yang paling menyenangkan. Liburan bisa menyehatkan pikiran kamu yang sudah terkontaminasi dengan padatnya aktivitas sehari-hari. Setelah liburan dijamin pikiranmu bakal fresh

Manfaat liburan selain bikin pikiran fresh, produktivitas bekerja juga bakal kembali normal bahkan meningkat. 

7. Tidak merokok, karena merokok adalah contoh pola hidup tidak sehat 

Merokok sudah menjadi salah satu gaya hidup tidak sehat yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia khususnya. Data menunjukkan kalau Indonesia menempati urutan pertama negara dengan jumlah perokok terbanyak di ASEAN, dengan total mencapai lebih dari 65 juta orang. 

Itu sebabnya mengapa industri rokok di sini sangat berkembang pesat. Udah gitu, sektor pertanian tembakau juga pendapatannya sangat membangggakan. 

Padahal, kalau dilihat dari segi kesehatan, rokok itu sangat membunuh. Asap dan zat-zat kimia di dalam rokok menjadi racun bagi organ dalam tubuh seperti tenggorokan, paru-paru, dan jantung. 

Alhasil, rokok sangat memicu berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker, jantung sampai stroke. 

8. Kurangi makan-makanan cepat saji 

Cara hidup sehat selanjutnya adalah mengurangi atau bahkan berhenti makan-makanan cepat saji. Hal ini karena produk-produk makanan cepat saji sangat tinggi kalori dan rendah nutrisi. 

Kalau kamu keseringan makan ini, bahkan setiap hari, siap-siap saja terkena risiko obesitas, gangguan pencernaan, tekanan darah tinggi, sampai gangguan di otak. 

9. Tidak makan-makanan sembarangan di pinggir jalan

Kebiasaan jajan makanan di pinggir jalan harus kamu kurangi, apalagi kalau tempat jualan dan memasaknya terbuka. Contohnya adalah jajanan gorengan pinggir jalan yang menggunakan gerobak. 

Meski rasanya terlihat enak dan gurih, nyatanya gorengan pinggir jalan sangat tidak sehat. Pertama beberapa dari penjual menggunakan minyak berkali-kali, kedua makanan tersebut telah terkontaminasi langsung oleh debu-debu di jalanan. 

10. Jangan keseringan main ponsel 

Media sosial itu memang bikin kecanduan. Tiap menit bahkan tiap detik kita selalu mantengin ponsel pintar untuk ngecek medsos. 

Meskipun sepele, namun kebiasaan ini sangat tidak baik bila dilakukan terus-terusan. Radiasi yang dipancarkan dari ponsel dan layarnya sangat tidak bagus untuk kesehatan mata. 

11. Jangan terlalu banyak minum dan makan yang manis-manis 

Cara hidup sehat yang paling sulit dilakukan adalah menghindari minum dan makanan manis. Memang sih tubuh manusia membutuhkan gula, tapi jangan terlalu kebanyakan. Kementerian Kesehatan RI menyarankan batas konsumsi gula per harinya adalah 50 gram atau sekitar 5 sendok teh. 

Kalau kelebihan hati-hati, bahaya obesitas dan diabetes bisa mengintaimu di hari tua nanti. 

12. Rajin minum air putih 

Minuman yang paling murah dan menyehatkan, ya apalagi kalau bukan air putih. Air putih yang mengandung mineral sangat dibutuhkan untuk tubuh. 

Fungsinya di antaranya untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, menjaga tekanan darah, melancarkan pencernaan, sampai menurunkan berat badan. 

Kok air putih bisa bikin turun berat badan? Hal ini karena air bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Sementara metabolisme itu berfungsi untuk membakar kalori.

Manfaat gaya hidup sehat 

cara hidup sehat
Yoga (Ilustrasi).

Menerapkan gaya hidup sehat tentu sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tapi syaratnya kamu harus konsisten dan berkomitmen menjalankannya. Kalau setengah-setengah manfaatnya pun akan sulit dirasakan. 

Dari 12 cara hidup sehat yang telah disebutkan di atas, kamu bakal dapat langsung merasakan manfaat berikut ini, 

1. Tubuh jadi jarang terkena penyakit 

Dengan menerapkan cara hidup yang sehat, seluruh organ di dalam tubuhmu bakal bekerja maksimal. Alhasil, imun di dalam tubuh bakal meningkat, kamu jadi gak gampang terkena penyakit. 

2. Berat badan terjaga

Buat yang merasa kelebihan berat badan, gak ada salahnya untuk menerapkan gaya hidup sehat di atas. Salah satu manfaatnya adalah mampu mengontrol berat badan agar lebih ideal lagi. 

3. Terhindar dari penyakit berbahaya

Penyebab seseorang terjangkit berbahaya, seperti jantung, diabetes, stroke, darah tinggi, kanker adalah karena gaya hidup yang tidak sehat. Jadi kalau kamu berkomitmen untuk merubah gaya hidup dijamin bakal terhindar dari penyakit berbahaya itu. 

4. Memperpanjang umur 

Hidup sehat otomatis bisa membuat umurmu lebih panjang lagi, karena terhindari dari segala jenis penyakit termasuk yang berbahaya. 

Sekian informasi tentang 12 cara hidup sehat dan manfaatnya yang bisa kamu terapkan sekarang juga. Terbukti kan, kalau hidup sehat itu gak butuh uang banyak, yang terpenting adalah konsistensi dan komitmen untuk mau merubah pola hidup. (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →