6 Cara Kerja Cerdas untuk Menaiki Tangga Menuju Kesuksesan!

perbedaan akuntansi manajemen

Banyak orang beranggapan bahwa jika ingin berhasil dalam mencapai suatu kesuksesan, kita harus bersedia bekerja ekstra keras dan mengerahkan seluruh tenaga semaksimal mungkin hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.  

Sebenarnya tidak ada yang salah dari anggapan ini, mengingat kita memang diharuskan untuk bekerja keras jika ingin mencapai kesuksesan. Meski begitu, kadang kala kerja keras saja tidak cukup karena kita juga harus mampu kerja cerdas.

Kerja cerdas adalah kemampuan untuk bekerja sebaik mungkin dan menciptakan hasil yang maksimal dengan usaha yang lebih ringan. Perlu dipahami bahwa kerja keras dan kerja cerdas perlu dijalankan berdampingan.  Lalu, bagaimana cara menjalankan kedua hal ini secara bersamaan? Simak ulasan berikut, yuk!

 

1. Fokus pada Hasil, Bukan Waktu

perolehan aktiva tetap

Untuk dapat bekerja secara efektif, kita harus mampu berpikir di luar dari zona nyaman. Jangan ragu untuk menggunakan cara yang belum umum dilakukan oleh orang banyak sebelumnya. Perlu dipahami bahwa karyawan yang bekerja hingga larut malam belum tentu menghasilkan produktivitas yang lebih banyak pula. Itu sebabnya, ketika bekerja sebaiknya fokus pada hasil bukan waktu, ya. 

2. Fokus pada Satu Pekerjaan

Manfaat Membayar Pajak Penghasilan

Sebagian orang mungkin telah dikaruniai kemampuan untuk multitasking atau dapat mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu sekaligus. Namun, bagi yang kurang bisa melakukan multitasking, hal ini justru dapat menghambat waktu kerja dan membuat pekerjaan kita menjadi kurang efektif.

Untuk itu, jika memungkinkan, sebaiknya fokus mengerjakan satu pekerjaan terlebih dahulu. Jika sudah selesai pada satu tugas kerja, barulah beralih pada tugas lainnya. Dengan begitu, perlahan-lahan seluruh pekerjaan kita akan terselesaikan dengan baik. 

3. Membina Komunikasi dengan Jelas

Kemampuan berkomunikasi dengan baik menjadi kunci kesuksesan yang perlu dimiliki oleh setiap orang. Di zaman yang serba modern ini, bentuk komunikasi dapat dilakukan secara digital maupun verbal. Itu sebabnya dengan kemudahan akses komunikasi ini, kita harus bersikap proaktif sehingga pekerjaan pun dapat selesai dengan lebih cepat. 

4. Buat Keputusan dengan Tepat dan Cepat 

komponen akuntansi

Belajar dari perjalanan bisnis beberapa tokoh pengusaha sukses, umumnya mereka mampu mengambil keputusan dengan tepat dan cepat. Ini agar tidak banyak waktu yang terbuang.

Sebagai contoh, ketika Mark Zuckerberg memutuskan untuk menjual Facebook kepada Google. Meski menjadi keputusan yang sulit, namun ia mampu menganalisis apakah itu merupakan keputusan yang tepat atau tidak dengan cepat. 

Nah, sebenarnya kemampuan untuk mengambil keputusan ini dapat dilatih mulai dari hal-hal kecil, misalnya mulai dari memilih pakaian sehari-hari dan aktivitas lainnya. 

Jika konsisten untuk terus dilakukan, maka lama-kelamaan kita akan terbiasa bekerja cerdas dengan berani mengambil keputusan tepat serta cepat.

5. Motivasi Diri 

kata bijak agar semangat kerja

Pada dasarnya, setiap orang mampu menerapkan kerja cerdas. Namun, yang sering terjadi adalah aktivitas kerja kemudian membuat kita jenuh dan kurang bersemangat untuk mencari cara bekerja cerdas. Untuk itu, kita perlu suntikan semangat dengan membaca kisah sukses orang lain sebagai motivasi diri.

Selain membaca berbagai kisah inspiratif, kita juga bisa memotivasi diri dengan mengambil cuti untuk liburan. Dengan begitu, pikiran dan hati kita akan kembali segar sehingga kinerja pun akan ikut meningkat. 

6. Istirahat yang Cukup

kerja cerdas istirahat cukup

Tidak dapat dimungkiri, istirahat yang cukup adalah hal mendasar yang dapat memengaruhi performa seseorang di kantor. Hal ini dikarenakan kurang tidur akan menghambat fungsi otak untuk dapat bekerja secara maksimal. Untuk itu, jika ingin menerapkan kerja cerdas, sebaiknya praktikkan gaya hidup sehat dengan istirahat yang cukup. 

Menurut National Sleep Foundation, usia dewasa disarankan untuk mendapatkan tidur tujuh hingga sembilan jam per hari. Dengan begitu tubuh dan otak kita dapat kembali bekerja secara optimal dan penerapan kerja cerdas pun akan semakin mudah untuk dilakukan. 

Menerapkan kerja cerdas membuat pekerjaan kita dapat selesai dalam waktu cepat dengan hasil yang memuaskan. Berbeda jika kita memaksakan untuk menjalani beberapa tugas secara bersamaan dengan niat dapat menyelesaikan semua lebih cepat. Secara kuantitas mungkin bisa terkejar, namun sayangnya langkah ini akan mengorbankan kualitas, bukan?

Merasa lelah dan jenuh dengan pekerjaan yang dijalani sekarang? Jangan khawatir, Lifepal memiliki banyak artikel inspiratif yang dapat menjadi suntikan semangat untuk mencapai suatu kesuksesan. Yuk, kunjungi kita cari tahu lebih banyak tips-tips bermanfaat lainnya di Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →