Tips Mudah Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet

tips wawancara kerja agar diterima

Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di jalan, bahkan saat mobil parkir pun sangat mungkin terjadi hal tidak terduga seperti lecet atau baret sehingga cara mengeklaim asuransinya pun penting untuk diketahui.

Oleh karenanya, penting bagi kita untuk mendaftarkan kendaraan pribadi atau perusahaan seperti mobil ke dalam perlindungan asuransi. Lalu, ketika peristiwa tidak diinginkan seperti lecet terjadi, kita harus sudah mengetahui bagaimana cara melakukan klaim asuransinya.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tips mengenai cara klaim asuransi mobil lecet tersebut, kita dapat mengingatnya dengan singkatan LIDIKU. Simak pemaparan berikut ini ya!

Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet Tips LIDIKU

Asuransi mobil

Penasaran dengan makna LIDIKU, coba simak ulasan dari Lifepal berikut.

1. Lampirkan bukti foto

Pihak asuransi tentu tidak akan langsung mengabulkan klaim asuransi karena dibutuhkan bukti-bukti yang bisa menunjukkan kerusakan. Dalam hal ini, foto dari kondisi mobil atau kendaraan yang lecet akibat kejadian tidak terduga, yaitu seperti kecelakaan atau disenggol pengendara lain.

Bukti foto ini penting guna merekam kondisi riil dari kendaraan kita pasca kecelakaan, terutama apabila kecelakaan atau benturan menyebabkan kendaraan rusak parah. Foto dapat pula turut disertakan ke pihak kepolisian apabila dibutuhkan.

2. Isi formulir pengajuan klaim

Walaupun terkadang kita tidak begitu menyukai persoalan administrasi, tetapi pengisian formulir pengajuan klaim adalah salah satu hal utama. Pasalnya, klaim asuransi tersebut berdasarkan kelengkapan administrasi sehingga formulir merupakan hal yang mendasar.

Formulir tersebut biasa turut memuat pertanyaan mengenai apa yang dialami tertanggung, jadi pastikan mengisi formulir dengan teliti dan sesuai fakta yang terjadi. Pastikan mengisi semua hal yang tertera pada formulir dan tidak ada yang terlewat. Semakin lengkap kita mengisinya, semakin jelas dan detail informasi yang diberikan pada pihak asuransi. Dengan begitu, klaim yang diajukan pun semakin mudah untuk diproses secepatnya.

3. Dokumen harus lengkap

Saat mengajukan klaim asuransi mobil lecet, pihak asuransi akan meminta nasabahnya menyiapkan dokumen penting sebagai syarat. Perhatikan dalam langkah yang satu ini karena jika ada kesalahan, maka klaim yang diajukan akan sulit untuk dikabulkan oleh pihak asuransi. 

Kelengkapan dokumen tersebut di antaranya formulir klaim, salinan polis asuransi, fotokopi SIM, STNK, dan Surat Keterangan Polisi jika kendaraan mengalami kecelakaan, serta dokumen pertanggungjawaban pihak ketiga terkait kecelakaan jika ada.

4. Informasikan dan ceritakan kronologi kejadian dengan jelas

Berikan informasi selengkap mungkin dan runut dari sisi kronologi kejadian pemicu lecet pada badan kendaraan. Bisa jadi selain melalui formulir dan kelengkapan, guna mendukung klaim tersebut, kita akan diwawancarai sehingga pastikan keterangan diberikan dengan sejelas-jelasnya dan sesuai kronologi kejadian yang sebenarnya.

5. Kontak pihak asuransi

Sebenarnya, mengontak pihak asuransi adalah hal pertama yang mesti dilakukan. Bagaimanapun, klaim hanya dapat dilakukan terhadap asuransi yang memberikan perlindungan terhadap kendaraan kita. 

Namun, selain asuransi Anda juga dapat mengontak pihak kepolisian apabila kendaraan Anda lebih dari sekedar lecet atau mengalami kecelakaan. Yang jelas, pihak asuransi menjadi salah satu pihak pertama yang mengetahui kejadian tersebut.

6. Upayakan menggunakan jasa bengkel rekanan

Ini yang kadang tidak benar-benar diperhatikan oleh nasabah asuransi kendaraan bermotor. Agar tidak rugi, pilih bengkel rekanan perusahaan asuransi kita untuk melakukan perbaikan. Umumnya setelah melakukan pelaporan, biasanya nasabah ingin segera membawa mobil ke bengkel terdekat atau langganan saja.

Nah, khusus perkara ini, kita harus bersabar karena jika sudah selesai melapor, pihak asuransi akan melakukan survei atas klaim yang diajukan baru ditindaklanjuti dengan jadwal perbaikan kendaraan.

Hal ini bertujuan untuk membuktikan kebenaran klaim serta melihat kondisi mobil yang rusak. Setelah itu, pihak asuransi akan mengeluarkan surat perintah kerja (SPK) sebagai surat pengantar untuk melakukan perbaikan di bengkel. 

Tahap ini sebaiknya ditindaklanjuti oleh nasabah dengan mengikuti instruksi terkait ke bengkel rekomendasi manakah mobil kita sebaiknya dibawa untuk diperbaiki, yaitu ke bengkel yang telah bekerja sama dengan pihak asuransi.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

bisnis belajar

Jenis asuransi mobil tidak cuma satu sebagaimana pertanggungannya dibedakan dengan premi yang dibayarkan oleh nasabah. Secara umum, jenis asuransi mobil terdiri atas dua jenis, yakni asuransi kendaraan all risk dan Total Lost Only (TLO). 

Kita selaku nasabah asuransi mobil akan menentukan pilihan sesuai kebutuhan dan tingkat risiko yang ditanggung.

Lantas, apa perbedaan asuransi mobil all risk dan TLO?

1. Asuransi TLO

Dari namanya sudah dapat ditebak bahwa asuransi mobil TLO hanya melindungi tertanggung dari risiko kerugian akibat kehilangan total. Artinya, kehilangan total di sini ketika kondisi mobil mengalami kerusakan minimal 75 persen atau kehilangan akibat pencurian. Premi asuransi jenis ini biasanya lebih murah dibandingkan dengan asuransi mobil all risk.

Jadi, jika mobil kita mengalami benturan yang mengakibatkan terjadinya lecet pada badan mobil, sayangnya tidak bisa ditanggung oleh jenis asuransi ini.

2. Asuransi all risk

Asuransi ini memiliki keunggulan selain melindungi pemilik dari kerugian akibat kehilangan total, sebagaimana asuransi mobil all risk menanggung risiko atas segala jenis kerusakan, mulai dari ringan hingga berat, termasuk kerusakan lecet pada badan mobil.

Dengan sudah mengetahui langkah-langkah klaim asuransi mobil ini semoga kita dapat memahaminya dan bisa melaksanakan tips tadi ketika benar-benar mengalami hal yang tidak diinginkan, ya.

Jangan lupa, jika risiko mobil kita lebih tinggi untuk mengalami lecet karena tertabrak tembok atau tersenggol motor karena padatnya lalu lintas, lebih baik pilih asuransi all risk yang dapat menanggung semua skala kerusakan.

Mau tahu informasi yang lebih lengkap lagi tentang pertanggungan dari asuransi mobil termasuk perusahaan asuransi yang menawarkan produk-produk terbaiknya, jangan ragu untuk mencari tahu di Lifepal!