Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email yang Baik dan Benar!

lamar kerja

Cara-cara melamar pekerjaan lewat email pencari kerja memang berbeda-beda, ada yang hanya menyisipkan cv saja tanpa menulis pesan di bagian depan surat. Lalu ada juga yang udah menuliskan isi surat serta menyisipkan cv tapi lupa menyertakan berkas pendukung lainnya seperti ijazah.

Padahal, berkas-berkas tersebut dibutuhkan oleh pihak HRD untuk mempertimbangkan apakah seorang kandidat ini layak untuk masuk dalam proses rekrutmen ataupun tidak.

Beda ceritanya kalau kamu melamar kerja melalui situs lowongan kerja yang segala informasi dan juga berkas pendukung sudah diunggah dalam profil pribadi saat pertama kali membuka akun.

 

Langsung aja yuk kita simak ulasan lengkapnya mengenai cara melamar pekerjaan lewat email berikut ini:

 

1. Persiapkan CV

syarat jadi pegawai bank
Pertama-tama, cv-mu akan melewati proses seleksi administrasi. (Shutterstock)

Cara melamar pekerjaan lewat email pertama yang harus kamu persiapkan adalah dengan membuat cv yang singkat, padat dan jelas. Sebab ini adalah modal utama kamu ketika memutuskan untuk mencari pekerjaan.

Selain ketiga hal tersebut, cv juga bisa kamu buat semenarik mungkin supaya pihak HRD merasa tertarik untuk membaca profil kamu. Sebab, percaya atau gak percaya seorang HRD hanya membutuhkan waktu 15 hingga 30 detik saja untuk mengetahui seluruh detail tentang diri kamu.

Biar kamu gak bingung, bisa melihat artikel pernah diulas oleh Lifepal sebelumnya tentang cara membuat cv yang benar.

 

2. Jangan lupa berkas pendukung seperti Ijazah, transkrip nilai dan KTP

seorang mahasiswi baru saja menerima ijazah
Ijazah (Shutterstock)

Selanjutnya setelah membuat cv, cara melamar pekerjaan lewat email yang benar harus menyisipkan dokumen penting lainnya seperti ijazah, daftar nilai serta KTP. Kalau kamu memiliki sertifikat atau lisensi akademis tertentu juga bisa diberikan bersamaan dengan cv.

Tujuannya yakni untuk meyakinkan HRD bahwa kamu memang benar-benar pernah menempuh jenjang pendidikan tertentu dan memiliki skill yang bisa digunakan selama bekerja. Jika diterima tentunya usahakan agar ukuran filenya tidak terlalu besar ya, untuk cv maksimal 5 MB sedangkan dokumen pendukung lainnya maksimal 1 MB per file.

 

3. Gunakan alamat email yang formal

Alamat email
Alamat email (Pixabay)

Beberapa dari kamu mungkin pernah melihat alamat email yang menggunakan angka di salah satu hurufnya seperti ‘[email protected]’ atau ‘[email protected]’. Meskipun terlihat sepele, tetapi alamat email seperti itu akan mengurangi impresi HRD terhadap cv maupun pribadi kamu untuk dinominasikan.

Maka dari itu, sebisa mungkin untuk menggunakan alamat email yang mengandung nama lengkap kamu secara keseluruhan seperti ‘[email protected]’ atau ‘[email protected]’, dengan begitu lamaran kerja kamu kemungkinan lebih besar akan dibaca oleh HRD.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

 

4. Ikuti format cara melamar pekerjaan lewat email yang benar

Penulis artikel SEO Friendly salah satu jenis kerja sampingan
Menulis

Saat mengirim lamaran kerja melalui email, ada beberapa hal yang kamu isi. Untuk lebih jelasnya, yuk simal tabel formatnya berikut ini:

 

To (alamat email HRD perusahaan)

CC (bila diinstruksikan)

Subject (Isi dengan posisi lamaran yang dipilih)

Selamat pagi, berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya temukan di Instagram (sebutkan medianya) untuk posisi Management Trainee di PT OPQ, dengan ini saya menyatakan ketertarikan untuk melamar jabatan tersebut.

 

Berikut ini adalah informasi tentang diri saya:

 

Nama: Fathur Rahman

 

Alamat, TTL:

 

Pendidikan:

 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Pengalaman kerja:

 

Saya juga melampirkan CV dan berkas lainnya dalam surat ini agar Bapak/Ibu bisa mempertimbangkan saya sebagai kandidat yang terpilih ke proses selanjutnya.

 

Besar harapan saya agar bisa masuk dalam proses seleksi dan menghadiri sesi wawancara bersama dengan Bapak/Ibu untuk mengenal lebih baik kemampuan diri saya.

 

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

 

Hormat saya,

(Nama pelamar)

 

Itulah format singkat yang bisa kamu gunakan ketika melamar pekerjaan melalui email. Gak harus sama persis, tetapi isinya kurang lebih harus mengandung beberapa informasi di atas.

 

5. Cek kembali seluruh berkas, alamat email dan informasi sebelum dikirim

Mengecek tulisan
Mengecek tulisan

Cara melamar pekerjaan lewat email yang terakhir adalah mengecek kembali seluruh tulisan yang udah dibuat, apakah ada yang typo atau gak. Alamat email juga harus dicek kembali, sebab kalau salah semua upaya yang kamu lakukan di atas bakal terbuang sia-sia.

 

Oh iya, selain berkas dengan ukuran yang kecil, format CV juga perlu diperhatikan. Alangkah baiknya menggunakan format PDF agar bisa lebih rapi dan tampilannya sesuai dengan apa yang kamu buat. Karena kalau formatnya doc atau docs kadang tampilannya suka sedikit berbeda antara komputer satu dengan lainnya.

 

Beberapa faktor yang menyebabkan lamaran kerja kamu ditolak perusahaan

Kegagalan verifikasi salah satu alasan pinjaman ditolak bank
Gagal diterima

Meskipun sudah melakukan cara melamar pekerjaan lewat email di atas dengan seksama, gak ada jaminan bahwa kamu bakal diterima dan diundang untuk mengikuti proses wawancara. Karena ada berbagai macam faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut, antara lain adalah:

 

  •         Latar belakang pendidikan yang gak sesuai dengan jabatan
  •         Minim pengalaman
  •         Kandidat lain yang lebih berkompeten
  •         Syarat dan kualifikasi gak mencukupi
  •         Ekspektasi gaji yang terlalu tinggi

 

Itulah beberapa faktor yang menjadi penyebab kenapa kamu bisa ditolak oleh sebuah perusahaan nih.

 

Intinya adalah berusaha dan terus konsisten melamar pekerjaan di berbagai perusahaan. Kalau kamu mengincar gaji yang besar dengan pengalaman yang minim seperti fresh graduate ada baiknya mengenyampingkan hal tersebut dulu nih.

Sebab dengan upah yang pas-pasan kamu tetap bisa mencapai merdeka finansial dengan menggunakan 50 persen dari penghasilan bulanan untuk kebutuhan pokok, 30 persen untuk hiburan dan sisanya 20 persen untuk investasi dan tabungan. Semoga sukses! (Editor: Mahardian Prawira)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →