5 Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan Resmi

Cara mengetahui nomor kartu BPJS Kesehatan

Gimana ya cara mengetahui nomor kartu BPJS Kesehatan? Terkadang cukup banyak orang yang lupa dengan nomor BPJS Kesehatan yang dengan jelas tercantum di kartu peserta. Padahal, cek nomor BPJS itu penting banget buat cek saldo BPJS dan cari tahu aktif atau nonaktifnya peserta.

Hingga saat ini masih ada saja lho orang-orang yang status kepesertaan BPJS Kesehatan miliknya nonaktif. Tertunggaknya iuran BPJS Kesehatan yang mesti dibayarkan menjadi penyebab utama dari nonaktifnya status keanggotaan.

Karena pernah telat bayar BPJS Kesehatan, banyak para peserta yang khawatir kalau mereka gak bisa menggunakan layanan BPJS Kesehatan nantinya.

Namun, begitu mau mengecek keaktifan peserta, mereka lupa dengan nomor BPJS Kesehatan yang menjadi syarat pengecekan.

Padahal, keberadaan nomor BPJS Kesehatan ini penting banget lho. Gak cuma buat mengecek status keanggotaan, nomor yang melekat pada peserta BPJS tersebut berguna buat mencetak kartu keanggotaan BPJS Kesehatan di aplikasi Mobile JKN.

Terus gimana cara mengetahui nomor kartu BPJS Kesehatan? Berikut ini caranya bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Cara mengetahui nomor kartu BPJS Kesehatan secara resmi

Keberadaan nomor BPJS Kesehatan itu sangat penting. Makanya nomor yang tertera pada kartu kepesertaan tersebut perlu diingat baik-baik agar nantinya begitu ada masalah dengan layanan BPJS Kesehatan, proses penyelesaiannya bisa dilakukan dengan segera.

Ada beberapa cara mengetahui nomor kartu BPJS Kesehatan dan cek saldo BPJS Kesehatan yang dijamin resmi buat dilakukan. Caranya pun juga terbilang mudah dan cepat. Seperti apa cara-caranya? Berikut ini ulasannya.

1. Cara cek nomor BPJS Kesehatan dengan BPJS-Checking di website BPJS Kesehatan

Di website resmi BPJS Kesehatan, tersedia fasilitas BPJS-Checking yang berguna banget sebagai cara mengetahui nomor BPJS Kesehatan.

Namun, satu hal perlu diketahui, fasilitas ini bisa digunakan dengan syarat memasukkan nomor BPJS Kesehatan.

Sebagai gantinya, peserta bisa menggunakan nomor BPJS milik salah satu anggota keluarganya yang masih terdaftar di kartu keluarga. Dengan begitu, proses pengecekan bisa dilakukan.

Berikut ini langkah-langkah menggunakan fasilitas BPJS-Checking buat cek nomor BPJS Kesehatan.

  • Buka fasilitas BPJS-Checking di daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/.
  • Masukkan nomor kartu salah satu anggota keluarga.
  • Isi Tanggal Lahir pada kolom yang tersedia.
  • Isi Angka Validasi kemudian tekan tombol cek.
  • Kalau berhasil, hasilnya bakal muncul data terbaru mengenai Nama Peserta, Nomor Peserta, Tagihan, Denda, Total Tagihan, Tanggal Pembayaran Terakhir, Nominal Pembayaran, dan Saldo.

Data peserta yang ditampilkan adalah data peserta dalam satu keluarga. Jadi, peserta gak cuma tahu nomor BPJS miliknya sendiri, tetapi juga nomor BPJS milik anggota keluarga yang lainnya.

2. Cara cek nomor BPJS Kesehatan di akun Facebook BPJS Kesehatan di @BPJSKesehatanRI

Cara mengetahui nomor BPJS Kesehatan lainnya yang bisa digunakan peserta dengan mudah adalah bertanya ke akun Facebook resmi milik BPJS Kesehatan.

Demi meningkatkan layanan, BPJS Kesehatan menyediakan akun Facebook @BPJSKesehatanRI buat tanya jawab.

Bayar BPJS Online
Bayar BPJS Online

Lewat akun tersebut, peserta bisa menanyakan nomor BPJS Kesehatan miliknya. Nantinya ada balasan sebagai jawaban atas pertanyaan peserta tersebut. Selain itu, peserta juga bisa menyampaikan keluhan terkait layanan BPJS yang dirasa kurang memuaskan.

3. Cara cek nomor BPJS Kesehatan dengan KTP di Twitter @BPJSKesehatanRI

Selain di Facebook, BPJS Kesehatan juga memiliki akun Twitter sebagai layanan tanya jawab buat peserta. Akun Twitter BPJS Kesehatan dapat dibuka di @BPJSKesehatanRI.

Sama seperti Facebook, peserta mengajukan pertanyaan dengan melakukan tweet ke akun Twitter tersebut. Nantinya admin merespons pertanyaan dengan memberi informasi nomor BPJS Kesehatan sebagaimana pertanyaan yang diajukan.

Biasanya admin akun Twitter BPJS Kesehatan bakal meminta informasi, seperti:

  • Nama Lengkap
  • Tanggal Lahir
  • NIK KTP

Peserta diminta mengirimkan informasi di atas melalui fitur Direct Message (DM) pada Twitter. Dari informasi tersebut, admin Twitter BPJS Kesehatan bisa menginformasikan nomor BPJS ke peserta.

4. Cara cek nomor BPJS Kesehatan di call center BPJS Kesehatan di nomor 1500 400

Lebih cepat lagi dengan menghubungi call center BPJS Kesehatan di nomor 1500 400. Namun, buat mengakses call center, perlu menyediakan pulsa yang cukup.

Selain menanyakan nomor BPJS Kesehatan, peserta juga melakukan pendaftaran Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri. Kemudian peserta juga bisa mengubah data kepesertaan dan menggunakan layanan konsultasi kesehatan.

5. Cara cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK KTP di SMS Gateway resmi

Peserta BPJS Kesehatan juga bisa melakukan pengecekan nomor kartu BPJS Kesehatan miliknya melalui SMS Gateway resmi di nomor 087775500400.

Cukup menyediakan pulsa untuk SMS, peserta cuma perlu mengirimkan pesan dengan format: NIK (spasi) Nomor Induk atau NIK KTP ke nomor 087775500400.

Dengan install Mobile JKN, cek keanggotaaan dan nomor BPJS Kesehatan lebih mudah diketahui

Sebenarnya, informasi layanan BPJS Kesehatan makin mudah dijangkau dengan install aplikasi Mobile JKN. Di aplikasi tersebut banyak fitur yang mempermudah peserta dalam memperoleh informasi.

Fitur-fitur Mobile JKN antara lain:

  • Fitur Peserta, fitur ini menyediakan informasi nomor BPJS peserta dan para anggota keluarganya. Terus di fitur ini data peserta bisa diubah, seperti pindah faskes ataupun pindah kelas perawatan. Fitur ini juga bisa menampilkan kartu JKN atau BPJS.
  • Fitur Tagihan, fitur ini menyediakan informasi tagihan iuran peserta, cara melakukan pembayaran yang terhubung ke channel pembayaran, mengetahui nomor Virtual Account, hingga informasi riwayat pembayaran iuran.
  • Fitur Pelayanan, fitur ini membantu peserta mendaftarkan diri di Faskes Tingkat Pertama. Terus di fitur ini peserta juga bisa memberi penilaian layanan di faskes yang dipilih.
  • Fitur Umum, fitur ini memberi informasi seputar program JKN KIS. Peserta juga bisa mengetahui lokasi Kantor BPJS Kesehatan, Faskes Tingkat Pertama, hingga Faskes Tingkat Lanjutan.
  • Fitur Pengaduan Keluhan, yang membantu peserta dalam menyampaikan keluhan terkait layanan BPJS Kesehatan.

Dengan fitur-fitur yang ditawarkan, peserta gak perlu khawatir lagi apakah udah membayar tagihan atau belum, lupa nomor kartu BPJS, hingga kehilangan kartu JKN KIS. Semua hal tersebut tersimpan dalam aplikasi Mobile JKN.

Jangan sampai bingung! BPJS Kesehatan dan KIS itu sama

Kartu Indonesia Sehat (KIS) sebenarnya perubahan dari BPJS Kesehatan. Perubahan BPJS Kesehatan menjadi KIS telah dilakukan sejak Maret 2015. Walaupun BPJS Kesehatan dan KIS itu sama, banyak orang yang masih keliru dan membedakan BPJS Kesehatan itu yang berbayar, sedangkan KIS itu yang gratis. Padahal, gak demikian faktanya.

Fakta yang sebenarnya adalah ada dua KIS yang disediakan BPJS Kesehatan: Pertama, KIS buat PBI Jaminan Kesehatan yang disediakan secara gratis. Kedua, KIS buat Bukan PBI Jaminan kesehatan yang layanannya bisa digunakan dengan membayar iuran bulanan.

Agar tidak lupa lagi nomor yang dimiliki, sangat dianjurkan buat install aplikasi Mobile JKN. Soalnya aplikasi ini memberi kemudahan dalam memperoleh semua informasi terkait layanan BPJS Kesehatan, termasuk informasi nomor kartu. Cara registrasi aplikasi tersebut gak ribet alias simpel kok. Cukup install aplikasi terus buka aplikasi dan pilih Pendaftaran Pengguna Mobile. Ikuti prosedur-prosedurnya hingga berhasil registrasi maka aplikasi Mobile JKN pun sudah bisa digunakan.

Bayar BPJS Online
Bayar BPJS Online

Sudah punya BPJS Kesehatan, asuransi kesehatan swasta tidak diperlukan lagi?

Eits, jangan salah. Memang, dengan manfaat premi BPJS yang lebih murah, banyak yang berpikir bahwa mereka tidak perlu lagi memiliki asuransi kesehatan swasta. Akan tetapi, sebenarnya banyak juga alasan mengapa asuransi kesehatan swasta masih diperlukan meski sudah memiliki BPJS Kesehatan.

Pada dasarnya, masih banyak tantangan dari BPJS kesehatan yang kerap dirasa menyulitkan warga dalam proses mendapatkan jaminan kesehatan, di antaranya adalah proses dan cara klaim BPJS kesehatan yang lebih panjang beserta persyaratan yang lebih banyak (seperti surat rujukan), pelayanan lebih lama dan antrian berobat yang biasanya cukup panjang, serta pilihan rumah sakit yang terbatas.

Selain tantangan yang memang datangnya dari BPJS itu sendiri, ada banyak juga manfaat lainnya yang didapatkan dengan memiliki asuransi swasta sebagai pelengkap BPJS Kesehatan, diantaranya adalah:

  • Jaringan rumah sakit lebih luas dan gak memerlukan rujukan faskes (fasilitas kesehatan)
  • Dengan demikian, prosedur penanganan juga lebih cepat.
  • Pasien dapat langsung dirujuk ke dokter spesialis.
  • Standar kamar lebih banyak. Sementara pada BPJS Kesehatan, tidak bisa mendapatkan kelas VIP.
  • Pelayanan kesehatan hingga keluar negeri (bergantung produk asuransi kesehatan yang kita beli).

Bahkan menurut pemerintah, BPJS Kesehatan dan asuransi swasta seharusnya saling melengkapi. Itu sebabnya ada koordinasi manfaat BPJS Kesehatan dengan asuransi swasta (Coordination of Benefit atau CoB). Dengan koordinasi manfaat ini, jika manfaat BPJS Kesehatan tidak mencakup semua biaya perawatan, maka kita bisa mengajukan kekurangannya pada asuransi kesehatan swasta yang kita miliki tersebut.

Daftar perusahaan yang ikut skema koordinasi manfaat ini bisa dilihat di halaman BPJS Kesehatan.

Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan tidak bisa langsung digunakan setelah pendaftaran. Kamu perlu membayar membayar iuran pertama dulu untuk bisa mendapatkan layanan kesehatan.
Ya, kamu bisa menggunakan kartu BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia asalkan membawa surat keterangan domisili atau menulis surat pernyataan di kantor BPJS luar kota.
Kartu BPJS Kesehatan akan terus berlaku selama peserta membayar iuran.
Terdapat beberapa cara untuk membayar iuran BPJS Kesehatan. Di antaranya adalah dengan membayar langsung melalui website BPJS, melalui ATM atau Bank terdekat, dan, jika ingin lebih mudah dan cepat, bayar lewat online.
Kamu bisa cek tunggakan BPJS kesehatan melalui beberapa cara, diantaranya adalah melalui website BPJS, melalui ATM, atau lewat online.
Punya banyak pertanyaan yang belum terjawab seputar BPJS dan Asuransi? Kunjungi Tanya Lifepal sekarang dan cek jawaban dari Pakar Asuransi Indonesia, Irvan Rahardjo. Kalau belum menemukan jawabannya, langsung kirimkan pertanyaanmu, dan biarkan rekan ahli kami menjawab!
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →