Penting Buat Bisnis, Begini Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Loyalitas-pelanggan-sangat-berpengaruh-terhadap-pendapatan-bisnis-Shutterstock

Salah satu penyumbang keberhasilan sebuah bisnis adalah loyalitas pelanggan atau konsumen. Karena mereka telah menjaga keberlangsungan bisnis dengan cara terus menggunakan produk yang dijajakan.

Tapi sayangnya, untuk mendapatkan konsumen yang loyal itu gak mudah. Kalau mudah, mungkin banyak pebisnis yang juga sukses dengan cepat.

Untuk menggaet mereka, sebagai pebisnis harus ada beberapa trik dan inovasi. Sesuatu yang membuat mereka gak bisa lepas dari produk yang dijajakan. Kali ini kita mau kasih tahu tips untuk menjaring loyalitas pelanggan buat para pebisnis. 

Baca juga: Mau Punya Pabrik Es Krim, Raffi Ahmad “Beli” Perusahaan Crazy Rich Surabaya

Loyalitas pelanggan adalah 

loyalitas pelanggan
Apa itu loyalitas pelanggan?

Loyalitas bisa dimaksudkan sebagai sebuah perilaku konsumen yang ditunjukkan melalui kegiatan membeli secara terus menerus atau dalam jangka waktu tertentu. Seolah-olah produk tersebut sudah menjadi candu baginya yang ‘nagih’ untuk dibeli.

Pembeli yang model kayak begini nih yang paling dicari-cari sama pebisnis. Kehadiran satu pembeli yang loyal saja udah bikin bisnis lumayan untung, gimana kalau banyak orang.

Kenapa loyalitas pelanggan sangatlah penting? 

loyalitas pelanggan
Kenapa loyalitas amat penting?

Loyalitas dari pelanggan adalah hal yang paling utama untuk menuju kesuksesan sebuah bisnis. Tanpa adanya pelanggan yang dengan senang hati dan terus-terusan membeli produkmu, mungkin bisnismu bakal cepat gulung tikar. 

Artinya, mereka jauh lebih baik daripada pelanggan yang kerjaannya cuma nyicipin doang abis itu pergi. Oleh sebabnya penting kamu untuk menjalani kedekatan dengan mereka yang loyal. Meski sedikit tapi sangat membantumu mengembangkan bisnis dan mendapatkan laba lebih besar lagi. 

Cara mengukur loyalitas pelanggan 

gimana cara mengukur loyalitas pelanggan
Bagaimana cara mengukur loyalitas pelanggan?

Pasalnya, kamu sebagai pebisnis tentu mikir, bagaimana cara menilai bahwa pelanggan ini loyal? 

1. Uang yang dikeluarkan oleh pelanggan untuk membeli produkmu

Cara tergampang yang pertama adalah, berapa banyak uang yang mereka gelontorkan untuk membeli produkmu. Semakin besar ya tentu semakin loyal! 

2. Seberapa sering mereka mengunjungi tokomu 

Membeli produk dalam jumlah yang besar aja gak menjamin dia loyal, tapi kamu juga perlu melihat seberapa sering sih mereka mengunjungi tokomu. Kalau sering dan apalagi kalau setiap datang selalu belanja, otomatis dia loyal! 

3. Sering ngasih rujukan 

Jika pelangganmu itu sering mereferensikan tokomu ke orang-orang terdekatnya, itulah ciri pelanggan yang loyal. Artinya mereka puas terhadap pelayanan dan kualitas produkmu, sampai-sampai mereferensikannya ke banyak orang biar pada tahu.

Cara meningkatkan loyalitas pelanggan 

1. Pastikan produk yang dijajakan berkualitas 

Loyalitas Pelanggan
Produk berkualitas (Shutterstock).

Apapun jenis bisnisnya, entah itu bidang barang maupun jasa harus berkualitas. Kalau misalnya kualitas yang kamu jajakan biasa-biasa aja jangan harap kamu bisa mendapatkan loyalitas pelanggan. 

Misalnya, kamu berjualan makanan ringan seperti kue, ataupun makanan berat kayak pecel lele. Pastikan dulu rasa dari makanan yang kamu tawarkan sudah enak. Mulai dari rasa, hingga proses pembuatannya yang terjamin higienis. Kalau kualitasnya sudah baik, sekali nyoba pembeli bakal langsung pengin balik lagi. 

Tapi kan selera orang beda-beda? Betul, untuk menentukan mana yang terbaik, sebelum dijual coba kamu lakukan percobaan kecil-kecilan. Tawarkan dulu ke tetangga atau kerabat terdekat dan tanyakan ke mereka bagaimana rasanya. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Lakukan hal ini ke sebanyak-banyaknya orang. Semakin banyak maka semakin bisa mewakili selera masyarakat. 

2. Selalu bersikap ramah dengan semua pelanggan 

Loyalitas Pelanggan
Ramah terhadap pelanggan (Shutterstock).

Salah satu cara yang bikin pelanggan loyal terhadap sebuah bisnis adalah pelayanannya yang baik. Jadi sebagai pebisnis, usahakan untuk selalu bersikap ramah terhadap pelanggan yang membeli produkmu.

Ramahnya jangan cuma pas mereka mau beli saja, termasuk saat mereka komplain sesuatu. Tanggapi kekecewaan mereka dengan ramah sekalipun mereka marah-marah. Setelah itu, berikan solusi yang sama-sama menguntungkan buat bisnis kamu dan buat pelanggan.

Jangan sampai kamu malah menghindar ketika ada yang komplain. Bisa-bisa kamu dicap sebagai pebisnis yang memiliki reputasi buruk.

Baca juga: Makin Kaya! Kaesang Pangarep Targetkan Buka 1.000 Gerai Ternakopi

3. Memberikan reward 

Loyalitas Pelanggan
Memberikan reward kepada pelanggan (Shutterstock).

Semua pelanggan pasti senang kalau dapat reward atau hadiah. Apalagi kalau hadiahnya berupa potongan harga. Hal ini sering banget diberikan oleh bisnis retail maupun bisnis kuliner ke pelanggan setianya. Trik jitu ini ternyata berpengaruh banget buat mendongkrak pendapatan bisnis.

Sistemnya biasanya menggunakan kartu member atau VIP Member yang diberikan ke pelanggan. Digunakan sebagai pencatat setiap transaksi di toko tersebut. Sebagai imbalannya, akan mendapatkan poin yang kalau dikumpulkan bisa ditukarkan dengan hadiah menarik. 

Dengan cara seperti ini dijamin loyalitas pelanggan bakalan terbangun. Karena cara seperti ini telah meningkatkan hubungan antara pelanggan dengan produk dalam jangka waktu yang panjang. 

4. Bangun kedekatan personal dengan pelanggan 

Loyalitas Pelanggan
Bangun kedekatan dengan pelanggan (Shutterstock).

Bangunlah kedekatan personal dengan pelangganmu melalui media sosial maupun email. Caranya adalah dengan memberitahukan info-info seputar bisnismu, mulai dari produk terbaru, sampai event-event yang menarik. 

Kalau bisa, coba hafalkan setiap nama pelanggan yang datang ke tempatmu. Seandainya mereka kembali lagi, kamu pun bisa mengingat namanya. Dengan cara seperti ini, pelanggan akan merasa sebagai orang penting bagi bisnismu. 

5. Selalu berinovasi 

Loyalitas Pelanggan
Selalu melakukan inovasi (Shutterstock).

Selain untuk meningkatkan keragaman produk, berinovasi ternyata juga bisa meningkatkan loyalitas pelanggan lho. Tapi inovasi yang kamu berikan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan para pelanggan atau tren yang sedang berlangsung saat ini. 

Dengan inovasi, bakal ada alasan bagi pelanggan untuk kembali membeli produkmu. Kalau yang dijual itu-itu saja sih, pasti pada bosan. 

Itulah lima cara mudah untuk menggaet pelanggan loyal untuk bisnismu. Intinya sih ada dua faktor yang membuat konsumen bakal membeli lagi produk suatu brand, yaitu kepuasan dan kepercayaan. Kalau bisnis kamu bisa memenuhi keduanya ke semua konsumen, dijamin loyalitas pelanggan bakal meningkat. (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →