5 Sikap Kepemimpinan Ini Mampu Tingkatkan Produktivitas Kerja Bawahan

Produktivitas kerja

Sebagai seorang atasan, tentu kamu mau memiliki anak buah berkompeten dan memiliki produktivitas kerja yang baik. Semua itu bisa diwujudkan melalui berbagai cara, salah satunya melalui sikap kepemimpinan.

Kepemimpinan seorang atasan akan memengaruhi kinerja bawahannya. Misalnya, kalau atasan malas-malasan dan suka bertindak semaunya sendiri, yang ada bawahannya malah gak betah dan kabur.

Memiliki anak buah yang punya produktivitas kerja baik sangat menguntungkan buat kamu sebaga atasan. Apalagi, kalau kamu ternyata seorang CEO, bakal banyak segudang manfaat yang kamu raih dari karyawan produktif untuk bisnismu.

Misalnya, ketika bawahanmu produktif, maka mereka akan semakin giat untuk berinovasi setiap harinya. Jadi, gak bakalan kehabisan ide deh untuk mengembangkan bisnismu.

Selain itu, mereka juga akan berusaha bekerja dengan standar dan semangat tinggi. Kalau sudah memiliki bawahan yang kaya gitu, dijamin bisnismu bakalan berkembang dengan pesat.

Tapi, agar bawahan kamu punya produktivitas kerja yang baik, kamu juga harus perhatikan bagaimana cara memperlakukan mereka dalam bekerja. Artinya, sikap kepemimpinanmu juga menentukan sikap mereka.

Berikut, tips buat kamu yang udah jadi bos untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan seperti dikutip dari thebalancecareers.com:

1. Hentikan bullying di lingkungan kerja

Setop bullying di lingkungan kerja
Setop bullying di lingkungan kerja

Perilaku gak terpuji yang satu ini bakalan terus ada di mana-mana, dan dialami siapa saja. Gak cuma anak sekolahan saja, seorang karyawan di suatu tempat kerja juga berpotensi untuk mendapatkan perilaku gak menyenangkan ini.

Bagi karyawan yang menjadi korban intimidasi, mereka akan merasa kehilangan semangat untuk kerja, bahkan untuk berangkat ke kantor saja gak ada gairah. Justru ini bisa merusak perkembangan perusahaanmu sendiri.

Sebagai atasan, kamu harus mengatasi permasalahan ini secepat mungkin. Bukan dengan memecat karyawan yang gak produktif gara-gara jadi korban intimidasi, tapi kamu bisa memberikan sanksi keras bagi mereka pelaku bullying.

Coba terapkan sanksi peringatan hingga pemecatan untuk benar-benar menghilangkan praktik ini di lingkungan kerjamu.

Baca juga: Teman Kamu Susah Dapat Kerja? Yuk Bantu Dia dengan Lakukan 4 Hal Ini

2. Berikan upah yang setimpal dan adil

Berikan upah setimpal
Berikan upah setimpal

Sebagai atasan, misalnya CEO atau manager di sebuah perusahaan, kamu memiliki kendali untuk meningkatkan anggaran penghasilan karyawan.

Agar produktivitas karyawanmu meningkat dengan baik, coba berikan upah atau gaji ke  mereka dengan adil dan sesuai kinerja mereka selama ini.

Jika dirasa kerjanya baik, jangan ragu-ragu menaikkan gajinya. Karena memang uang menjadi salah satu faktor penting yang mampu mendongkrak kinerja karyawan.

Seandainya karyawanmu merasa sudah bekerja semaksimal mungkin, bahkan mengorbankan kehidupan pribadinya demi bisnismu.

Tapi, ketika kamu gak menaikkan gaji, potensi mereka untuk resign akan semakin besar. Kamu pun jadi kehilangan karyawan terbaik.

Baca juga: 8 Tips Ini Perlu Diterapkan Saat Perkenalkan Diri Interview Kerja

3. Berikan masukan dan saran yang membangun

Beri masukan dan saran membangun
Beri masukan dan saran membangun

Sebagai atasan, kamu diwajibkan peduli dengan bawahanmu. Jangan sesekali mencoba-coba untuk cuek terhadap kerjaan mereka. Sikap ini secara gak langsung bakalan meningkatkan produktivitas kerja anak buahmu.

Berikan komentar baik yang negatif maupun yang positif terkait kinerja mereka selama ini. Hal ini menunjukkan bahwa kamu memerhatikan mereka. Tapi, jangan hanya sekedar berkomentar, selipkan pula saran-saran yang membangun.

Tanpa perlu disampaikan dengan marah-marah tentunya, sebuah saran bisa membuat karyawan mengetahui kelebihan dan kekurangan mereka selama ini. Alhasil mereka akan terus selalu berusaha untuk menjadi lebih berkompeten dari sebelumnya.

4. Berikan hadiah

Berikan hadiah
Berikan hadiah

Pacu semangat dan produktivitas kerja karyawannmu dengan beragam cara. Mulai dari hadiah kenaikan gaji, bonus, hingga kenaikan pangkat. Membantu meningkatkan karier karyawan dapat memotivasi mereka untuk lebih baik lagi.

Pasalnya, semua karyawan pasti senang hadiah, apalagi dalam bentuk uang. Nah, kalau kamu kerap memberikan hadiah bagi karyawanmu yang telah bekerja sangat keras, mereka pun akan semakin hormat sama kepemimpinanmu.

Bisnis atau perusahaan yang kamu pimpin saat ini bakalan jadi lebih berkembang dengan produktivitas kerja karyawan yang meningkat karena hadiah.

5. Bersikap sopan, profesional, dan menyenangkan

Sikap sopan dan menyenangkan
Sikap sopan dan menyenangkan

Seorang atasan yang baik adalah, dia yang mampu menginspirasi bawahannya. Bagaimana caranya?

Kamu bisa menunjukkan sopan santunmu dalam bekerja, termasuk ke bawahanmu. Dengan begitu mereka juga akan ikut menghargaimu sebagai atasan yang ramah.

Bersikaplah profesional dalam segala kegiatan bekerja. Berikanlah contoh yang baik bagi anak buah misalnya menjadi bos yang menghargai waktu.

Datanglah ke kantor tepat waktu, meski kamu yang memiliki perusahaan tersebut, atau jangan terlambat ketika ada agenda rapat dengan karyawanmu.

Langkah terakhir, cobalah tidak terlalu serius. Serius boleh saat bekerja, tapi ketika di sela-sela senggang jangan lupa untuk bersenda-gurau dan mengakrabkan diri dengan karyawanmu.

Jika sikap ini ada di diri kamu, dijamin deh bawahanmu jadi semangat bekerja karena memiliki bos yang super ideal.

Itulah lima cara yang bisa kamu terapkan sebagai atasan atau CEO perusahaan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas kerja karyawanmu.

Jika kelimanya itu belum ada di diri kamu, bisa jadi kamu sebagai atasan yang menjengkelkan bagi karyawanmu. Alangkah baiknya untuk segera mengubah sikap kepemimpinanmu mulai saat ini juga. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →