4 Cara Tune Up Toyota Innova Bensin dan Estimasi Biayanya

cara tune up toyota innova bensin

Sebagai pemilik mobil Toyota Innova, kamu perlu mengetahui cara tune up Toyota Innova bensin di rumah. Hal ini penting sebab untuk meningkatkan dan mempertahankan performa mesin mobil supaya tetap prima dan bisa menghasilkan daya yang maksimal.

Dampak yang cukup terlihat bila tak rutin merawat kondisi tune up mobil adalah mesin mobil kurang optimal bekerja hingga kemungkinan mesin mobil mogok di tengah jalan

Selain itu, dengan rutin melakukan tune up mobil, maka secara otomatis konsumsi bahan bakar mobil Innova kamu jadi lebih efisien.

Bila dipelajari dengan benar, kamu bisa melakukan tune up mobil di rumah sendiri. Artikel ini akan membahas seputar langkah-langkah tune up mobil Toyota Innova hingga waktu yang tepat untuk melakukan tune up mobil.

Cara tune up mobil sendiri di rumah 

Beberapa komponen yang perlu dilakukan pemeriksaan saat tune up diantaranya busi mobil, filter bensin, hingga throttle. Berikut ini cara tune up Toyota Innova bensin.

Memeriksa dan merawat kondisi busi mobil

  1. Melepas selang saluran filter udara dimulai dari melepas soket pada sensor air flow dan kabel dudukan di bagian selang filter udara.
  2. Melepaskan dua baut berukuran 10 yang mengikat selang saluran filter udara dengan dudukannya. Lalu, kamu bisa mengendurkan klem selang mobil yang mengikat selang saluran filter udara dengan throttle body.
  3. Setelah semuanya terlepas, kamu bisa perlahan mengangkat saluran filter udara. Bila ada selang yang terhubung ke bagian klep mobil, kamu bisa menariknya saja hingga lepas.
  4. Jepit satu klip kabel menggunakan tang supaya selang saluran filter bisa sepenuhnya terlepas dari dudukannya.
  5. Lepaskan juga soket koil menggunakan obeng dengan cara dicungkil di bagian bagian penguncian depan lalu tekan secara bersamaan dengan bagian pengunci bagian belakang hingga soket koil terlepas. Lakukan hal yang sama untuk soket koil lainnya.
  6. Sedangkan untuk melepas koil, kamu perlu melepas baut berukuran 10 yang mengikat koil. Satu koil dilengkapi dengan satu baut sehingga kamu perlu lebih teliti saat melepasnya. Lepaskan baut tersebut menggunakan kunci ring. Setelah semua terlepas, kamu bisa menarik koil ke atas.
  7. Selanjutnya, melepaskan busi menggunakan kunci shock panjang berukuran 16 dan sambungan shock. Pertama masukkan kunci shock pada lubang busi, atur hingga kunci tersebut bisa pas masuk dan kendurkan busi. Lakukan cara yang sama untuk ketiga busi yang lain.
  8. Setelah busi terlepas, manfaatkan lubang ujung koil yang disatukan dengan ujung busi lalu tekan koil tersebut sehingga ujung busi bisa masuk dan kamu mudah mengangkat busi dan koil keluar.
  9. Perhatikan apakah busi-busi tersebut masih layak pakai atau sudah tidak. Bila elektroda busi sudah tipis maka segera ganti busi mobil dengan yang baru.
  10. Gunakan cairan carbon cleaner untuk membersihkan lubang busi dengan cara menyemprotkannya langsung ke lubang busi. Saat cairan carbon cleaner disempot, maka cairan akan berubah menjadi busa. Busa ini efektif untuk menyerap kotoran yang menempel pada permukaan piston mobil dan mempercepat proses penyerapan kotoran.
  11. Setelah menyemprotkan cairan pembersih khusus tersebut, kamu bisa menunggu selama kurang lebih 10 menit supaya cairan bisa benar-benar bekerja untuk menyerap kotoran semaksimal mungkin. Atau, kamu juga bisa melakukan langkah ini secara berulang-ulang untuk memastikan bahwa tidak ada kotoran di dalam lubang busi.
  12. Jika masih ragu, maka kamu bisa memeriksanya dengan cara menstarter mobil dalam keadaan busi mobil belum terpasang tetapi selang saluran filter udara sudah terpasang.
  13. Bila cairan carbon cleaner telah habis di dalam ruang pembakaran tersebut, kamu bisa memasang semua busi sesuai dudukannya masing-masing menggunakan kunci shock busi. Pastikan seluruh busi telah terpasang rapat.
  14. Selanjutnya, masukkan koil ke lubang busi yang diikuti dengan pemasangan soket koil. Kencangkan menggunakan baut berukuran 10 untuk mengikat koil pada dudukannya. Kencangkan komponen tersebut menggunakan kunci ring.
  15. Setelah itu, pasang dan kencangkan kembali selang saluran filter udara ke throttle body.

Membersihkan filter udara

Cara tune up mobil selanjutnya adalah dengan membersihkan filter udara. Dimulai dari membuka penutup filter udara dan melepaskannya dari pengunci lalu angkat tutup filter. 

Filter udara yang telah terangkat bisa kamu semprotkan dengan angin bertekanan atau kompresor.

Perhatikan kondisi filter udara tersebut, apakah berubah warna jadi hitam pekat. Bila iya maka kamu perlu mengganti filter udara dengan yang baru. 

Bersihkan filter udara dari kotoran atau debu yang menempel dengan menyemprotkan angin bertekanan atau kompresor. Setelah memastikan filter telah bersih maka kamu bisa memasangnya kembali.

Memeriksa dan membersihkan filter bensin

Filter bensin terletak di bagian kiri. Untuk melepaskan komponen tersebut, kamu perlu melepaskan kotak hitam yang berada di depannya terlebih dulu. 

Selanjutnya, lepaskan saluran selang keluar filter bensin dengan cara menekan pengunci yang ada di bagian samping di kedua sisi secara bersamaan lalu tarik hingga selang terlepas.

Kamu akan melihat tiga mur berukuran 10 yang mengikat filter bensin dengan dudukannya. Kendurkan mur-mur tersebut dan lepaskan menggunakan kunci T 10. 

Setelah mur terlepas, kamu bisa menariknya ke atas dan sisihkan cover pengunci selangnya dengan cara dicungkil di kedua sisi dan dorong ke depan hingga cover terlepas.

Siapkan wadah baskom atau ember sebagai wadah keluarnya bensin. Kamu bisa memukul-mukul filter bensin menggunakan obeng hingga sisa bensin di dalamnya keluar. Perhatikan bensin yang keluar sebab itu bisa menjadi tolok ukur apakah bensin perlu diganti atau tidak.

Apabila bensin yang keluar seperti lumpur, maka bensin tersebut turut membawa sisa kotoran yang menempel di dalam filter bensin dan kamu perlu menggantinya dengan komponen yang baru.

Namun, bila ternyata kamu belum mau menggantinya maka bersihkan saja cukup. Berikut ini cara membersihkan filter bensin, di antaranya:

  1. Siapkan bensin sebanyak satu liter.
  2. Masukkan bensin ke dalam filter secara perlahan lalu pukul-pukul kembali filter menggunakan obeng.
  3. Perhatikan bensin yang keluar dari filter bensin tersebut.
  4. Bila ternyata bensin yang keluar masih berupa lumpur atau hitam pekat, maka kamu bisa melakukan langkah ini berkali-kali hingga bensin yang keluar berwarna jernih.
  5. Terakhir, pasang kembali filter bensin pada dudukannya.

Memeriksa dan membersihkan throttle body

Cara tune up Toyota Innova bensin yang terakhir adalah dengan memeriksa kondisi throttle body. Untuk membersihkannya, kamu perlu mengeluarkan throttle dari dudukannya dengan cara menekan bagian penguncinya dan tarik socket-nya.

Kendorkan dua baut dan mur yang mengikat throttle pada manifold menggunakan kunci shock. Setelah semua baut dan mur tersebut lepas, kamu bisa mengangkat throttle body dengan hati-hati dan perhatikan di bagian bawahnya. 

Sebab, di sana terpasang selang yang terhubung langsung ke pipa by pass yang berada di bawah manifold in.

Diperlukan ekstra kehati-hatian saat mengangkatnya. Usahakan selang yang berada di dudukan klaim tersebut tidak bergerak. Kamu cukup menggerakkan di bagian ujung selangnya saja. 

Pipa by pass yang berada di bagian bawah manifold terbuat dari material fiber bawaan dari pabrik sehingga mudah patah. 

Setelah throttle body berhasil keluar, maka kamu bisa membersihkannya menggunakan throttle body cleaner, kain lap dan kompresor atau angin bertekanan. Untuk mobil yang dibekali throttle tipe wearing sangat cocok menggunakan cara ini. 

Berikut langkah-langkahnya. 

  1. Menyemprotkan cairan pembersih khusus tersebut ke dinding-dinding atau permukaan throttle body.
  2. Mengusap permukaan atau dinding-dinding tersebut menggunakan kain lap.
  3. Bila permukaan telah kering, maka kamu bisa melakukan hal yang sama yakni menyemprotkan cairan pembersih dan mengelapnya dengan kain lap.
  4. Lakukan langkah di atas beberapa kali sampai benar-benar permukaan throttle telah bersih.
  5. Jika ada kotoran membandel yang menempel dan sulit dijangkau dengan kain lap, kamu bisa membersihkannya menggunakan angin bertekanan atau kompresor.
  6. Setelah throttle body dirasa sudah bersih kamu bisa memasangnya kembali ke dudukan di manifold in menggunakan lem sealant pada kedua pipa saluran selang air untuk memproteksi komponen dari risiko terjadi kebocoran air. Pastikan throttle mobil dan seluruh komponennya merekat rapat.
  7. Bagian terakhir dari langkah-langkah tune up mobil Toyota Innova ini adalah memasang selang udara dan semua komponen lainnya. Kamu perlu memastikan bahwa komponen-komponen tersebut telah terpasang dengan kencang dan rapat menggunakan baut dan mur.

Biaya tune up mobil Innova bensin di bengkel resmi 

Biaya tune mobil Innova bensin di bengkel resmi memang lebih mahal dibandingkan di bengkel umum. Hal tersebut lantaran bengkel resmi memiliki alat bengkel lengkap dan teknisi yang andal dan telah memiliki sertifikat keahlian.

Jadi, kamu tak perlu khawatir akan terjadi kerusakan pada komponen mobil lain saat melakukan servis tune up mobil.

Misalnya saja alat scanner, banyak bengkel umum belum memiliki alat ini sedangkan bengkel resmi telah menggunakan alat ini untuk merawat dan memperbaiki mobil.

Selain itu, bila kamu melakukan servis tune up mobil di bengkel resmi, kamu tak perlu khawatir bila ternyata ada komponen-komponen yang sudah tak layak pakai dan harus segera diganti yang baru.

Sebab, bengkel mobil Toyota resmi pasti memiliki komponen yang kamu butuhkan dengan jaminan suku cadang original.

Nah,sebenarnya berapa biaya yang dibutuhkan untuk melakukan servis tune up mobil Toyota Innova di bengkel resmi? Berikut ini daftarnya:

  • Toyota Avanza sebesar Rp378 ribu.
  • New Toyota Avanza sebesar Rp472 ribu.
  • Innova Diesel sebesar Rp842 ribu.
  • Innova Bensin sebesar Rp714 ribu.
  • Innova Reborn Diesel sebesar Rp943 ribu.
  • Innova Reborn Bensin sebesar Rp714 ribu.
  • Toyota Calya sebesar Rp472 ribu.
  • Toyota Agya 1.0 sebesar Rp375 ribu.
  • Toyota Agya 1.2 sebesar Rp472 ribu.

Yang perlu digarisbawahi adalah estimasi biaya di atas merusakan biaya jasa pengerjaannya saja belum termasuk biaya komponen bila perlu mengganti komponen mobil.

Biaya tune up mobil Innova bensin di bengkel umum 

Bila ternyata kamu tidak memiliki waktu cukup untuk melakukan servis bengkel mobil resmi, tak masalah bila melakukannya di bengkel umum.

Perbandingan harganya cukup tipis dan tentu saja lebih murah melakukannya di bengkel mobil umum. Berikut ini biaya jasa teknisi untuk melakukan servis tune up mobil Innova di bengkel mobil umum.

  • Toyota Agya sebesar Rp207 ribu.
  • Toyota Calya sebesar Rp207 ribu.
  • Toyota Avanza sebesar Rp247 ribu.
  • Toyota Innova sebesar Rp289 ribu.

Estimasi biaya servis tune up mobil Toyota Innova belum termasuk harga komponen mobil bila diperlukan untuk menggantinya dengan yang baru.

Kapan tune up mobil dilakukan?

Idealnya, servis tune up mobil dilakukan setiap tiga bulan sekali atau saat mobil sudah menginjak jarak tempuh 5.000 sampai 6.000 kilometer. 

Selain itu, biasanya servis tune up ini benar-benar diperuntukkan untuk mobil yang telah berusia lebih dari 5 tahun.

Pasalnya, memasuki usia tua tersebut ada beberapa komponen yang mengalami penurunan fungsi sehingga mobil melaju dengan daya yang kurang optimal. 

Namun, bila ternyata mobil kamu mendapati gejala-gejala di bawah ini maka kamu perlu melakukan servis tune up

  • Mesin mobil mengeluarkan suara bising yang kurang nyaman.
  • Starter mobil melemah sehingga mesin mobil sulit untuk menyala.
  • Mesin mobil mengeluarkan getaran berlebih sehingga diperlukan spooring & balancing.
  • Performa mesin mobil kurang optimal, seperti gas mobil yang kurang cepat merespons.
  • Konsumsi bahan bakar lebih boros.

Jika kamu telah menemukan gejala-gejala di atas, maka segera bawa mobil ke bengkel mobil untuk segera dilakukan servis tune up mobil. Namun, bagaimana cara memilih bengkel mobil terbaik untuk melakukan servis tune up mobil?

Tips dari Lifepal! Cari bengkel mobil yang mudah dijangkau oleh tempat kamu berada saat ini. Cari tahu ketersediaan spare part untuk mobil kamu dan jaminan orisinalitasnya supaya komponen tersebut dapat bekerja dengan optimal untuk jangka waktu yang panjang.

Apabila ternyata kamu melakukan servis mobil di bengkel resmi, maka ada keuntungan yang akan didapatkan yakni manfaatkan asuransi kendaraan supaya beban biaya servis lebih ringan.

Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil terbaik

Selain rutin melakukan servis agar kendaraan tetap prima, penting juga buat kamu untuk memberikan proteksi asuransi mobil terbaik. Asuransi mobil memberikan perlindungan finansial dari risiko kecelakaan maupun bencana alam yang membuat mobil kamu rusak dan harus dibawa ke bengkel. 

Kalau punya asuransi,  kamu tidak perlu lagi khawatir soal biaya perbaikan di bengkel yang mahal karena akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

Sudah paham mengenai manfaat asuransi mobil namun bingung harus memilih asuransi mobil yang mana? Kuis Asuransi Mobil dari Lifepal ini bisa membantu kamu menemukan jenis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Cobain, yuk! 

Setelah mendapatkan rekomendasi jenis asuransi mobil yang cocok, lanjutkan dengan menghitung perkiraan biaya premi asuransi mobil yang mesti kamu bayarkan menggunakan Kalkulator Premi Asuransi Mobil berikut ini. 

Pertanyaan seputar cara tune up Toyota Innova bensin 

Pada saat tune up mobil Toyota Innova bensin, kamu perlu memeriksa beberapa bagian seperti busi mobil, filter udara, filter bensin dan throttle body.
Asuransi mobil memberikan manfaat perlindungan berupa penggantian biaya servis di bengkel akibat kecelakaan maupun bencana alam. Jadi, kamu akan terhindari dari risiko finansial yang besar akibat mahalnya biaya perbaikan mobil di bengkel.
Dapatkan Promo