Lagi Cari Kerja? Jangan Lakukan 9 Hal Ini di Medsos

cari kerja

Cari kerja itu gampang, tapi urusan diterima kerja itulah yang susah. Dan jangan salah lho, media sosial alias medsos juga bisa memengaruhi peluangmu diterima kerja di sebuah perusahaan.

Emang sih banyak yang beranggapan bahwa akun medsos tersebut punya kamu. Terserah kamu dong mau posting-posting apa aja, toh bukan urusan mereka.

Tapi kamu harus ingat bahwasannya medsos bakal jadi cerminan kepribadian pemiliknya. So, mau gak mau, suka gak suka, kamu harus bijak dalam menggunakan medsos. Mengingat medsos bisa dimanfaatkan para staf personalia untuk mencari tahu kepribadian calon karyawan.

Sebagai orang yang lagi cari kerja, tentu harapan kamu adalah dipanggil interview dan diterima kerja bukan? Makanya, hindari melakukan sembilan hal ini di akun medsosmu.

1. Membiarkan semua orang bisa melihat profilmu secara keseluruhan

cari kerja
Hati-hati ya, jangan sampai cuek sama medsosmu sendiri (Kompas)

Ketika kamu memberikan akses semua orang untuk melihat isi akun media sosialmu, terutama Facebook, maka dengan mudah mereka bakal melakukan stalking terhadap akunmu. Apa itu stalking? Tindakan ini jelas beda sama kepo, karena orang kepo pada dasarnya hanya ingin tahu doang.

Stalking artinya menguntit, alias membuka postingan-postingan lamamu untuk mengetahui siapa kamu sebenarnya. Tindakan ini jelas bisa memicu hal yang gak diinginkan.

Misalkan, calon bosmu di perusahaan yang kamu lamar tiba-tiba men-stalking akun FBmu karena dia penasaran. Karena kamu gak melindungi akunmu, tanpa bertemanpun dia menemukan foto yang menunjukkan bahwa, kamu adalah mantan pacar dari orang yang saat ini dia pacari.

[Baca: Mau Temenan Sama Bos di Medsos? Ini Poin Positif dan Negatifnya]

Hal ini memang kelihatannya sepele, tapi akibatnya bisa jadi masalah personal. Gak nutup kemungkinan lamaranmu digagalkan bukan?

2. Posting komentar politik

Membahas isu politik memang seru, apalagi dengan membuat status berupa sindiran atau kritikan di Facebook atau Twitter. Lalu membiarkan teman-teman kita berkomentar.

Walaupun kamu bakal terlihat kritis di kalangan pengguna medsos, hal itu gak bijak dilakukan oleh orang yang sedang cari kerja. Mengapa demikian? Karena kamu bisa saja dianggap memiliki afiliasi politik terhadap satu kubu atau ormas.

Jika perusahaan yang menerima CV-mu memiliki aturan yang ketat soal partisipasi karyawan di dunia politik, maka pengajuan lamaranmu terancam gagal. Males banget kan, gara-gara status doang semua jadi batal.

3. Posting foto miras

Walaupun sebagian dari kamu menganggap hal ini adalah keren, tapi hindarilah melakukan hal ini terutama di akun Instagram milikmu. Dengan mengunggah foto ini, maka semua orang bakal beranggapan bahwa kamu mengonsumsi minuman keras alias miras.

Kamu tentu sudah tahu kan, gak sedikit orang yang mengasumsikan miras dengan mabuk-mabukan. Oleh karena itu, jangan pernah posting foto ini deh biar kamu lancar dalam urusan cari kerja.

4. Tidak menghapus atau menyembunyikan foto jaman alay

cari kerja
Pasang foto sama pasangan sih gapapa tapi kalau foto alay ya jangan deh (Kompas)

Sebagian dari kamu mungkin pernah jadi ABG pada masanya, dan sering bangga ketika mengunggah foto-foto yang gak sepantasnya diunggah. Bila kamu membiarkan foto itu terlihat orang, maka jangan salahkan mereka kalau mereka jadi tertawa terbahak-bahak.

Bila kamu melamar kerja di posisi manajer, tentu tim rekrutmen perusahaan tersebut bisa kaget jika menemukan foto-foto tersebut. Gak nutup kemungkinan, mereka batal merekrutmu gara-gara takut bikin malu perusahaan.

So, ada baiknya untuk menghapus foto-foto alay ini di akun Facebookmu. Tapi khusus di Instagram, kamu bisa memanfaatkan fitur archive tanpa harus menghapus. Foto yang kamu archive akan masuk ke dalam satu folder yang gak bisa dilihat orang lain.

5. Membiarkan foto pribadi berbusana minim dilihat orang

Ini biasanya sering diabaikan oleh perempuan, tapi tanpa disadari hal ini gak bijak untuk dilakukan. Patut disadari, ketika kamu menyebarkan CV maka gak nutup kemungkinan para tim rekrutmen maupun user jadi kepo sama akun medsosmu.

Jika calon bosmu punya sifat genit atau suka menggoda perempuan, maka bisa saja ada perlakuan gak menyenangkan yang bakal kamu alami nantinya. Diterima kerja sih diterima, tapi gak ada jaminan kamu bakal nyaman di sana.

[Baca: 6 Cara Sukses Hadapi Bos Genit Agar Karier Gak Terganggu]

Bila kamu tergolong sering memampang foto-foto ini, ada baiknya untuk mengaktifkan mode private di akun Instagram. Jadi, mereka gak bakal bisa stalking foto-fotomu.

6. Gak peduli sama foto dan gambar yang di-tag oleh temanmu

Meskipun kamu gak mengunggah foto atau gambar tersebut, tapi jika temanmu melakukan tag terhadap namamu di gambar yang dia unggah, maka foto tersebut muncul di akunmu. Hati-hati, bisa jadi foto atau gambar yang dia posting berbau SARA.

Jika di Facebook, gambar atau foto ini bisa dengan mudah terlihat di wall akunmu. Namun jika di Instagram, gambar ini bisa dilihat di bagian tagged picture yang terletak di sudut paling kanan di profilemu.

Intinya, orang bisa saja berpikir bahwa gambar atau foto yang ditag ke akunmu adalah yang kamu unggah. Jadi, mulai dari sekarang cek semua foto yang ditag ya. Lakukan untag bila foto-foto tersebut mengganggu atau gak pantas untuk diunggah.

7. Cuek sama akun Twitter

Ketika Instagram di-private begitu pula dengan Facebook, maka Twitter bisa jadi sasaran mereka yang mau kepo terhadap medsosmu. Mengingat udah banyak orang yang meninggalkan medsos ini, maka alangkah lebih baik bagimu untuk menon-aktifkan akunmu. Kecuali kamu memang masih aktif berkicau di Twitter ya.

Mungkin saja sebagian dari kamu sering curhat seputar masalah sehari-hari, atau masalah kerjaan di Twitter. Alangkah gak baik jika kamu kedapatan mengeluh di medsos oleh tim rekrutmen perusahaan yang kamu kirimi CV.

Hanya dengan membaca kicauan dan melihat jumlah followers orang lain bisa menilaimu. Kalau banyak postingan yang isinya keluhan ya sama aja bohong, itu bisa jadi bumerang buatmu.

8. Asal nge-like postingan orang

cari kerja
Apa yang kamu Like bisa muncul di newsfeed lho (Liputan6)

Jika kamu memang sedang cari kerja, hati-hati dengan perilaku ini di medsos. Semua postingan yang kamu like bakal muncul di bagian news feed orang-orang yang mem-follow kamu.

Apabila konten yang kamu like berbau mesum atau SARA, apa kamu gak malu tuh?

9. Asal follow akun publik figur

Memfollow akun salah seorang publik figur bukan suatu hal yang salah. Tapi semua orang tentunya tahu bahwa dengan memfollow akun seseorang, artinya kamu ngefans, menyukai, atau mendukungnya.

Perhatikanlah siapa yang mau kamu follow ya. Jangan malah kedapatan memfollow akun-akun tokoh kontroversi, atau malah bintang film porno yang kamu follow.

So, itulah sembilan hal yang gak boleh kamu lakukan di medsos ketika kamu sedang cari kerja. Ingat deh, ketika kamu berada di dalam proses ini, kamu bakal dikepoin sama banyak perusahaan.

Oleh karena itu, wajib bagimu untuk membangun image positif di medsos. Mulai dari sekarang, bersihin deh medsosnya dari konten-konten yang gak pantas. Unggah saja foto traveling, makanan, atau fotomu dengan hobimu. Bila medsosmu bersih dari yang aneh-aneh, peluangmu dipanggil interview juga besar kok.

[Baca: Mau Cepat Dipanggil Interview Kerja? Terapkan 6 Jurus Ini]

Selamat mencoba, semoga cepat diterima kerja ya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →