Cari Pengasuh Anak Kok Coba-coba

cari pengasuh anak

Cari pengasuh anak (baby sitter) memang susah-susah gampang. Ini bukan sekadar bicara gaji semata, tapi menitipkan buah hati tercinta kepada orang lain. Banyaknya kasus kriminalitas yang melibatkan pengasuh anak yang sering menghiasi pemberitaan di media, menjadi pemikiran pula agar lebih selektif memilihnya.

 

Inilah alasannya mendapat pengasuh anak jempolan bukan perkara mudah. Memilih pengasuh anak yang tepat adalah sebuah keputusan penting untuk setiap orang tua. Di sinilah tantangannya.

 

Penting untuk mendapatkan pengasuh anak yang ideal. Bukan hanya mampu mendidik, merawat, bertanggung jawab, juga membuat kita nyaman meninggalkan buah hati bersamanya.

 

Bagaimana mendapatkan pengasuh anak jempolan?

a.Lewat informasi keluarga, kerabat, atau tetangga

Ini adalah langkah paling simpel tapi manjur. Syukur-syukur bila jasa pengasuh anak itu pernah bekerja di rumah saudara atau tetangga.

 

Dengan mempekerjakan orang yang direkomendasikan dari orang yang sudah dikenal setidaknya membuat kita nyaman.

 

b. Yayasan/agen penyalur yang kredibel

Kalau terpaksa harus mencari ke yayasan atau agen penyalur, pilihlah yang kredibel dan punya reputasi bagus. Sebaiknya himpun informasi sebanyak-banyaknya sebelum mendatangi yayasan/agen penyalur tersebut.

 

Misalnya mengecek izin operasional dengan melihat legalitasnya di Kemensos.

 

c. .Identitas lengkap

Banyak orangtua yang membagikan keluhannya terhadap baby sitter di sosal media.
Banyak orangtua yang membagikan keluhannya terhadap baby sitter di sosal media.

 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Jangan abaikan identitas pengasuh anak. Mintalah salinan identitas yang lengkap dan alamat rumahnya. Pastikan identitas itu asli dan kalau perlu bisa mensurvei rumahnya.

 

Kalau pengasuh yang dari yayasan, tentunya kita minta jaminan dari pihak yayasan terhadap pengasuh yang direkomendasikannya. Sebaiknya, identitas asli dari pengasuh itu kita pegang.

 

d. Wawancara dan pelajari riwayat kerja

Siapkan beberapa pertanyaan dalam sesi wawancara. Sebaiknya wawancara juga mengupas pengetahuan si pengasuh seputar kesehatan anak. Tak hanya itu, perlu juga bahas sampai kemampuannya dalam penanganan pertolongan pertama dalam kecelakaan.

 

Sementara pengalaman kerjanya perlu dikonfirmasikan kepada keluarga yang pernah memperkerjakannya. Pengasuh yang baik biasanya dengan senang hati memberikan nama keluarga tempat dulunya bekerja. Tanyakan juga kenapa sampai berhenti bekerja di keluarga tersebut.

 

e. Kenalkan pada anak

Lihat reaksi anak terhadap pengasuhnya. Lihat chemistry yang terbangun di antara keduanya. Kecocokan anak dengan pengasuhnya menjadi yang utama. Bagaimana pun anak akan menghabiskan waktu yang cukup lama bersama pengasuhnya.

 

f. Pilihlah pengasuh yang periang, berbudi, dan sabar

Anak-anak sangat pandai meniru. Tentunya pengasuh yang periang, baik, sopan, dan berbudi, akan berdampak positif pada tumbuh kembang anak. Selain itu perlu juga punya sifat sabar karena yang ditangani adalah anak-anak.

 

Caranya bisa menanyakan pengalaman kerja sebelumnya. Apakah dia termasuk sering gonta-ganti ‘majikan’. Jika pernah bekerja dalam rentang waktu lama di sebuah keluarga, bisa jadi keluarga itu merasa cocok dengan kinerjanya.

 

Diskusikan upah/gaji

Sebaiknya ada lebih dari satu kandidat baby sitter.
Sebaiknya ada lebih dari satu kandidat baby sitter.

 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Sebagai orangtua, tentunya tak masalah mesti menggaji atau mengupah pengasuh lebih tinggi dari standar sepanjang kinerjanya memuaskan. Lagi pula pengasuh biasanya pelan-pelan bakal menjadi bagian dari anggota keluarga.

 

Hanya sebaiknya tetap mengetahui standar biaya jasa profesionalisme pengasuh.

 

Kita bisa memulai dengan mengenali perbedaan pengasuh anak dengan pengasuh infal (bayi). Biasanya pengasuh infal lebih terdidik dalam mengasuh bayi di bawah lima tahun.

 

Mereka sudah dibekali pengetahuan seputar kesehatan bayi, tumbuh kembang, sampai mengatur pola gizi bayi. Karena itu, pengasuh infal biasanya sering didapatkan lewat agen penyalur/yayasan.

 

Wajar jika menyandang status tenaga terdidik, upah/gaji maupun honor pengasuh infal lebih tinggi. Bila honornya harian bisa mencapai Rp 200 ribu. Sedangkan kalau bulanan di rentang Rp 3-4 juta.

 

Lain halnya pengasuh anak di atas usia 6 tahun. Rata-rata pekerjaannya ‘lebih ringan’ dari pengasuh infal. Area pekerjaannya sebatas memastikan anak ditemani, menyiapkan makanan, memandikan, dan aktivitas rutin bocah pada umumnya.

 

Meski begitu, besaran gaji/upah di sini tetap terbuka peluang dinegosiasikan. Misalnya saja apakah pengasuh ikut menginap di rumah di mana secara langsung menanggung biaya makan dan kamar khusus. Atau sifatnya hanya datang di pagi hari dan pulang di sore dengan lama kerja maksimal delapan jam.

 

Beri masa percobaan

Nilailah kinerja baby sitter tak hanya di awal-awal masa kerjanya.
Nilailah kinerja baby sitter tak hanya di awal-awal masa kerjanya.

 

Berilah masa percobaan pengasuh untuk bekerja di rumah. Dengan melihat langsung kerjanya maka bisa menjadi pertimbangan apakah tetap terus atau mesti ganti dengan yang lain.

 

Apa saja yang perlu diamati selama masa percobaan ini?

 

– Lihat apakah anak merasa nyaman dan senang bersamanya

– Anak terlihat antusias saat bersama pengasuh

– Anak terlihat terawat dan bersih selama ditinggal bersama pengasuh

– Pengasuh terlihat menikmati pekerjaannya

– Pengasuh aktif memberi masukan atau punya ide-ide kreatif bersama anak

– Tak sering terjadi ‘kecelakaan’. Misalnya anak selalu cidera karena jatuh atau sebab lain lantaran  pengawasan yang kurang dari pengasuh


Jika masa percobaan pengasuh menunjukkan kinerja yang memuaskan, tak ada salahnya memberi penghargaan yang lebih. Konkretnya adalah besaran gaji yang dapat menyenangkannya.


Toh tak masalah merogoh kocek lebih dalam demi kepentingan anak. Ingat kan bunyi iklan sebuah produk minyak angin,”Buat Anak Kok Coba-coba?”

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →