Cari Uang Lewat Internet dengan 8 Cara Ini

Cari uang lewat internet kemungkinan masih menjadi pertanyaan besar bagi sebagian orang. Meskipun, internet sendiri sudah menjadi sesuatu yang lumrah bagi masyarakat.

Kita bisa saja tahu platform tertentu di internet dapat digunakan sebagai sumber uang. Namun, bagaimana cara memulai dan mengelolanya hingga hasilkan cuan, itulah yang bikin penasaran, bukan?

Nah, daftar berikut akan menjelaskan bagaimana rahasia cari uang lewat internet dengan sangat mudah. Bahkan, tidak perlu keluar rumah. Simak rekomendasi menarik berikut!

1. Jualan Online

Bisnis online

Cari uang lewat internet dengan berjualan online adalah salah satu metode paling klasik. Sebab, sebelum internet ada, berjualan alias berdagang sudah menjadi bagian dari kegiatan masyarakat. Hanya saja, platform-nya yang mulai berekspansi. 

Sekarang, kita bisa berjualan melalui media internet. Menggunakan platform situs sendiri, marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee, atau bahkan cukup dengan akun media sosial.

Untuk memulai cari uang lewat internet dengan berjualan online, kita bisa mulai dengan menjual produk sendiri atau produk dagang orang lain.

Pertama, kita bisa survei permintaan pasar. Kedua, coba dengan produk yang memang dikuasai. Kemudian, perhitungkan modal, biaya promosi, dan perhitungan keuntungan. Pada dasarnya, hampir sama dengan prinsip berdagang pada umumnya.

Jangan lupa pula pilih platform berjualan yang sesuai dengan produk kita. Misalnya, kalau produk yang akan dijual adalah fashion, maka tentu akan lebih cocok untuk gencar di platform media sosial atau marketplace semacam Shopee. Sementara, kalau ingin berjualan ke negara-negara lain, maka lebih baik gunakan situs sendiri.

2. Google Adsense

Menjadi Youtuber

Google Adsense adalah program kerja sama iklan yang disediakan oleh Google. Tidak hanya bisa beriklan tetapi kita juga bisa menyediakan space untuk iklan-iklan tersebut di media yang dimiliki. Misalnya, website, blog, ataupun channel di Youtube.

Caranya adalah dengan membangun konten terlebih dahulu. Dengan menjaga konsistensi, bukan tidak mungkin jumlah pengunjung atau viewer bertambah seiring waktu. Dengan makin banyak pengunjung atau viewer, potensi klik pada iklan yang ditampilkan pada situs atau kanal Youtube pun makin tinggi.

Selanjutnya, tinggal tunggu pembayaran dari pihak Google.

3. Menjadi Influencer

Menjadi Influencer atau Buzzer

Ibarat selebriti, para influencer ini adalah orang-orang yang berpengaruh dan bahkan terkenal di internet. Namun pada dasarnya, kita pun bisa menjadi influencer, kok!

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Yang disebut sebagai influencer, tidak hanya mereka yang terkenal di media sosial di Instagram dan Youtube. Mereka yang aktif di Twitter atau blog dan sudah memiliki sejumlah pengikut dapat disebut sebagai influencer juga.

Menjadi influencer menghasilkan cuan tersendiri. Berbeda dengan Google Adsense, kitalah yang langsung bekerja sama dengan pengiklan. Apabila dianggap cocok, merek tertentu dapat mengontak langsung dan meminta endorse di media sosial atau blog kita.

Kisaran endorsement sendiri cukup beragam. Bagi yang memiliki pengikut ribuan saja bisa mendapatkan ratusan ribu untuk sekali endorsement. Apalagi mereka yang sudah memiliki ratusan ribu atau jutaan pengikut, penghasilan puluhan juta bukan menjadi hal yang mustahil.

4. Penulis Artikel

Penulis Artikel

Kebutuhan konten teks seperti artikel semakin tinggi sebagaimana banyaknya kemunculan berbagai situs baru setiap waktu.

Nah, kita bisa menangkap kesempatan tersebut dengan menyediakan konten artikel. Apabila punya kemampuan menulis, mengapa tidak semakin diasah saja?

Cara memulai profesi sebagai penulis artikel online ini dapat dimulai dengan menawarkan jasa tersebut melalui berbagai media. Baik forum internet, media sosial seperti LinkedIn, situs pencarian jasa freelancer, atau situs sendiri.

Kisaran penghasilan penulis artikel sendiri dimulai dari puluhan ribu sampai dengan ratusan ribu. Tergantung pada kemampuan penulis dan kebutuhan klien.

5. Buka Kursus Online

Buka Kursus Online

Apabila memiliki kemampuan tertentu, mengapa tidak mencoba mengajarkan ilmu kita selain menawarkan jasa?

Kita bisa mengadakan kursus online atau sering pula disebut sebagai webinar. Caranya, kita bisa bikin sendiri videonya. Kemudian, membagikan kepada mereka yang sudah berlangganan.

Untuk cara lain, coba cari situs yang menyediakan layanan video kursus online. Nah, kita bisa mendaftar menjadi tenaga pengajar di sana. Kemudian, bernegosiasi untuk profit sharing atau dapat gaji saja, deh

6. Ikut Program Afiliasi

Ikut Program Afiliasi

Ada pula program afiliasi yang mana kita dapat membagikan tautan tertentu. Kemudian, kita bakal mendapatkan komisi apabila orang lain melakukan aksi tertentu, baik mendaftar atau belanja.

Cari uang lewat internet dengan program afiliasi ini terbilang sudah lama dikenal juga. Beberapa program afiliasi yang terkenal seantero dunia adalah Amazon dan Clickbank.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Contohlah Amazon, komisi yang bisa diperoleh adalah 4 sampai 5 persen dari harga produk yang terjual. Misalkan harga produk yang terjual adalah US$100, maka kita berhak mendapat US$4 sampai US$5. Angka tersebut setara dengan Rp40 ribu hingga Rp50 ribu. Lumayan, ‘kan?

Mengikuti program afiliasi ini dapat dimulai dengan cara membangun situs atau blog pribadi terlebih dahulu. Sedikit catatan, lebih baik membangun situs atau blog yang memiliki target market luar negeri atau Amerika Serikat, ya. Pasalnya, orang Indonesia belum terlalu familier dan hanya sedikit yang berbelanja lewat Amazon.

7. Jual-Beli Domain

Jual-Beli Domain

Mirip dengan jual-beli properti, domain pun memiliki nilai jual yang cenderung naik. Domain sendiri adalah nama alamat situs, biasanya diakhiri dengan kata .com, .net, atau .id, dan lain-lain. Nah, nama situs ini ternyata dapat diperjualbelikan.

Biasanya domain yang akan berpotensi laku dibeli oleh orang lain adalah yang memiliki nama domain menarik dan mudah diingat, domain sudah berusia cukup lama, dan beberapa faktor lain.

Sebagai informasi saja, bahkan ada domain yang bisa dihargai hingga ratusan juta, lho!

8. Agen Asuransi Online

Agen Asuransi Online

Ini dia salah satu profesi kekinian yang bisa dicoba saat ingin cari uang lewat internet. Hapus stigma bahwa menjadi agen asuransi harus dilakukan dengan cara bertemu orang secara langsung.

Lewat Lifepal, kita bisa mendapatkan komisi dengan merekomendasikan orang lain untuk dapat asuransi. Lumayan, ‘kan, kita bisa mengedukasi orang lain untuk punya asuransi yang mana memang menjaga kondisi finansialnya. Kemudian, kita juga diapresiasi dengan penghasilan tertentu.

Dari daftar yang sudah disebutkan, apakah ada metode cari uang lewat internet di atas yang menginspirasi? Atau, jangan-jangan sudah melakukan beberapa cara tersebut dan kini sudah mendulang uang yang cukup besar.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →