Cara Lengkap Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau Tidak

cek bpjs ketenagakerjaan aktif atau tidak

Cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak sekarang, karena kalian rutin membayar iurannya setiap bulan. Sayangnya, masih banyak orang yang belum paham cara cek BPJS ketenagakerjaan aktif atau tidak.

Jangankan cek BPJS ketenagakerjaan aktif atau tidak, kadang untuk informasi terkait apakah kamu terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan masih banyak yang belum paham.

Tapi sebelum mengetahui cara cek BPJS ketenagakerjaan aktif atau tidak, sebaiknya pahami dulu pentingnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan.

Menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan adalah sebagai jaminan perlindungan sosial untuk para pekerja di Indonesia dan kepesertaannya bersifat wajib.

Oleh karena itu mengetahui cara cek kartu BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak penting dilakukan bagi yang masih ragu apakah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

Melakukan cara cek kartu bpjs ketenagakerjaan aktif atau tidak dilakukan guna mengetahui status kepesertaan, terutama untuk pekerja yang sudah berhenti bekerja, terkena PHK, lama tidak membayar iuran, dan kondisi lainnya.

Cara cek BPJS Ketenagakerjaan

Bagaimana cara cek bpjs ketenagakerjaan masih aktif atau tidak. Mengutip laman resmi BPJS Ketenagakerjaan, setidaknya terdapat 3 cara cek BPJS Ketenagakerjaan masih aktif atau tidak.

Berikut cara cek aktif atau tidak BPJS Ketenagakerjaan:

1. Cek status via aplikasi BPJSTK Mobile

Cara cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak  yang pertama adalah melalui aplikasi BPJSTK Mobile. Ini merupakan salah satu inovasi karena bisa cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak online.

Untuk memahami cara cek aktif atau tidak bpjs ketenagakerjaan lewat mobile, ikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. Pertama, kamu harus mengunduh aplikasi BPJSTK Mobile di Android, iOS.
  2. Kemudian, jika sudah diunduh kamu harus harus melakukan registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan PIN.
  3. Syarat registrasi di aplikasi BPJSTK Mobile antara lain Nomor KPJ (ada di kartu BPJS Ketenagakerjaan), NIK e-KTP, dan tanggal lahir, dan nama (cara cek BPJS Ketenagakerjaan dengan KTP).
  4. Kemudian, setelah terdaftar dan login, kamu dapat mengetahui status kepesertaan BPJSTK.
  5. Selanjutnya pilih di “Kartu Digital”.
  6. Setelah muncul tampilan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan, klik di tampilan tersebut, bagian bawah akan terlihat status kepesertaan dan kamu bisa cek kepesertaan sekaligus cek saldo bpjs ketenagakerjaan aktif atau tidak.

2. Cek status kepesertaan BPJS via website

Cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan aktif atau tidak selain lewat aplikasi juga bisa lewat website. Ini juga jadi salah satu cara cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak online jika kalian malas keluar rumah.

Untuk melakukan cek BPJS Ketenagakerjaan masih aktif atau tidak serta tidak serta cek saldo bpjs ketenagakerjaan aktif atau tidak  bisa lewat laman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.

Namun jika kamu belum terdaftar di laman tersebut, bisa melakukan registrasi dengan cara sebagai berikut: 

  1. Masuk ke https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  2. Kemudian pilih menu registrasi. Isi formulir sesuai dengan data antara lain nomor KPJ aktif, nama, tanggal lahir, nomor e-KTP, nama ibu kandung, nomor ponsel dan email.
  3. Apabila berhasil, kamu akan mendapatkan PIN. PIN dikirim melalui email dan SMS dari nomor ponsel yang didaftarkan. 

Sementara, berikut cara cek kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan via website:

  1. Masuk ke https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
  2. Kemudian, masukkan alamat email di kolom user.
  3. Lalu masukkan kata sandi.
  4. Setelah masuk, pilih menu layanan. 

3. Cek status via kantor BPJS Ketenagakerjaan

Terakhir, cara mengecek kartu BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak bisa lakukan cara paling tradisional, yaitu kunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Cek kartu BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak di kantornya langsung mungkin karena kamu mengalami kesulitan saat mengecek BPJS Ketenagakerjaan secara online.

Atau mungkin kamu ada banyak pertanyaan yang mau disampaikan, nah untuk kasus ini maka memang lebih baik langsung datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Kamu bisa bertanya sekaligus konsultasi terkait saldo, klaim dan lain sebagainya.

Untuk mengecek kartu BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak di kantornya langsung kamu harus membawa persyaratan untuk mengecek kepesertaan.

Mulai dari kartu identitas, kartu BPJS Ketenagakerjaan dan data diri lainnya yang dibutuhkan.

Cara lain cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak

Kamu bisa mengecek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak dengan cara lain selain cara yang disebutkan di atas. Jangan kaget kalau tanpa harus mengunjungi situs web BPJS Ketenagakerjaan dan aplikasi BPJSK kamu tetap bisa mengecek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak.

Berikut cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak, sehingga buat kalian yang tengah butuh dana akibat keluar kerja bisa segera memanfaatkan hal itu

1. Whatsapp

Ya, kamu bisa cek kartu BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak hanya dengan mengirim pesan via aplikasi Whatsapp. Buat kamu yang mau segera mengecek kartu BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak bisa chat ke nomor 0811-8750-400.

Dibuat agar layanannya humanis, maka layanan via WA ini memiliki nama Chika seperti Veronicanya salah satu operator seluler.

Caranya mudah:

  1. Kirim pesan apa pun ke nomor Layanan Chika di 0811-8750-400
  2. Pesan akan direspon secara otomatis oleh akun Chika
  3. Balas dengan ketik angka “1” atau menu Cek Status Peserta
  4. Ketik nomor peserta BPJS Kesehatan atau Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  5. Balas dengan mengetikkan tanggal lahir dengan format yyyy-mm-dd (tahun – bulan – tanggal lahir).
  6. Akun Whatsapp Chika akan membalas dengan menampilkan status kepesertaan BPJS Kesehatan

2. SMS

Jika kalian atau orang tua tidak paham atau tidak memiliki aplikasi whatsapp. Mengecek BPJS Ketenagakerjaan masih aktif atau tidak bisa dilakukan lewat SMS.

Kamu bisa ketik format SMS STATUS(spasi)TK#No. Kartu BPJS Ketenagakerjaan. Kemudian Kirim ke 2757. Namun, layanan ini hanya berlaku untuk nomor operator tertentu, di antaranya XL, Telkomsel, dan Indosat.

3. Telepon

Terakhir adalah cara yang umum bisa dilakukan bagi kamu atau keluarga yang memiliki handphone. Jika sudah mengecek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak online namun tidak punya kuota, maka kamu bisa mengeceknya lewat telepon.

Hubungi saja call center di nomor 175, lalu tanyakan langsung status keanggotaan dengan menyebutkan nomor BPJS Ketenagakerjaan kamu. Layanan ini aktif melayani mulai pukul 06:00 hingga pukul 22:00 WIB.

Namun perlu diperhatikan pula, untuk beberapa layanan yang sudah disebutkan di atas (kecuali datang ke kantor langsung) biasanya butuh proses yang tidak sebentar.

Untuk itu sebaiknya kamu sabar dalam menunggu jawaban atau konfirmasi, dan selalu stand by handphone, jika nanti pihak BPJS Ketenagakerjaan membalas pesan kamu.

Namun jika kamu masih bekerja di perusahaan, cara mengecek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak yaitu dengan bertanya langsung pada HRD perusahaan tempatmu bekerja.

Biasanya HRD perusahaan tentu memiliki database karyawan yang berisikan informasi pribadi, termasuk nomor BPJS Ketenagakerjaan.

Tanyakan ke pihak yang biasa mengurus BPJS Ketenagakerjaan di kantormu. Jangan lupa untuk memberikan alasan mengapa kamu membutuhkan nomor tersebut.

Cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan

Setelah tahu cara cek kartu BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak, maka selanjutnya adalah kamu harus cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan biar tidak lupa.

Untuk mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan. bisa kamu lakukan secara mandiri dengan beberapa cara berikut ini:

1. Cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan lewat aplikasi

Kamu bisa mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi BPJSTK. Jika di awal kamu sudah log in dan membuat akun. Maka tinggal buka saja aplikasi tersebut saat sudah selesai terpasang.

Kemudian pilih Kartu Digital dan klik kartu sehingga muncul informasi kepesertaan. Lihat di menu yang terdapat di layar dan pilih “Simpan Kartu ke Galeri” atau “Kirim Kartu ke email”

Setelah memiliki soft file kartu BPJS Ketenagakerjaan, cetaklah kartu tersebut untuk urusan administratif di kemudian hari.

2. Cetak kartu BPJS dari website

Selain melalui aplikasi, kamu juga bisa mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan melalui website BPJS Ketenagakerjaan.

Caranya juga tidak jauh berbeda dengan menggunakan aplikasi BPJSTK yaitu:

  1. Buka halaman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id dan login dengan menggunakan email dan password BPJS Ketenagakerjaan.
  2. Jika belum memiliki akun, klik Buat Akun Baru dan ikuti langkah-langkah yang tersedia
  3. Pilih menu Kartu Digital, lalu pada gambar kartu yang tersedia di layar klik kanan dan pilih “Save Image As” dan pilih tempat penyimpanan.
  4. Buka gambar kartu tersebut melalui perangkat kamu dan cetaklah menggunakan printer.

Jika kamu mengalami kesulitan melakukan cara-cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan secara online.

Maka kamu dapat menghubungi BPJS Ketenagakerjaan melalui nomor contact center 175 atau langsung mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

Apakah pekerja wajib punya BPJS Ketenagakerjaan?

Jika kamu belum memiliki BPJS Ketenagakerjaan, maka segeralah buat. Hal ini karena kepemilikan BPJS Ketenagakerjaan sifatnya wajib, dan tertuang dalam Undang-Undang No. 24 Tahun 2011.

Isinya adalah bahwa seluruh tenaga kerja Indonesia baik pekerja formal maupun pekerja nonformal wajib terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan. Pemerintah juga mengatur sanksi bagi pihak yang belum mendaftarkan perusahaan atau tenaga kerjanya dalam BPJS Ketenagakerjaan.

Sanksi tersebut sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 86 tahun 2013, mulai dari sanksi tertulis, denda, sampai tidak mendapatkan izin usaha.

Mau info lebih banyak tentang BPJS Ketenagakerjaan? Simak video berikut ini!

 

Tips dari Lifepal! Bagaimana cara mengecek BPJS ketenagakerjaan masih aktif atau tidak. Mengutip laman resmi BPJS Ketenagakerjaan, setidaknya terdapat 3 cara mengecek BPJS Ketenagakerjaan masih aktif atau tidak.

  1. Cek status via aplikasi BPJSTK Mobile
  2. Periksa status kepesertaan BPJS via website
  3. Cek status via kantor BPJS Ketenagakerjaan

Tanpa harus mengunjungi situs web BPJS Ketenagakerjaan dan aplikasi BPJSK, kamu tetap bisa mengecek bpjs ketenagakerjaan aktif atau tidak.

Sebagai seorang pekerja, jagalah kesehatan kamu. Sebab biaya pengobatan diri kamu tidaklah murah. Oleh karena itu, mari mulai melakukan gaya hidup sehat. Selain itu, kamu pun tetap harus menjaminnya dengan memiliki asuransi kesehatan.

Uang pertanggungan dari asuransi

Produk asuransi akan memberikan uang pertanggungan (UP), berupa sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia.

Kita bisa mengetahui nilai UP dengan menghitung Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu diketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Pertanyaan seputar cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak 

Footer Banner