Cek Pembayaran Listrik Sudah Dibayar atau Belum

Tagihan Listrik

Cek pembayaran listrik sudah berhasil atau belum penting untuk dilakukan. Sebab, bisa saja pembayaran Anda tidak berhasil atau Anda kelupaan. Akibatnya, jika tagihan dibiarkan bertumpuk maka sambungan listrik Anda dapat diputus sepihak.

Tidak mau, kan, terjadi pemutusan sambungan listrik hanya karena lalai mengecek pembayarannya?

Beda dengan jenis instalasi prabayar yang menggunakan sistem token, yang mana pelanggan seperti mengisi pulsa untuk mendapatkan kuota daya listrik. Kemudian, pelanggan juga diberikan notifikasi apabila kuota daya tersebut hampir habis.

Nah, Anda pelanggan listrik pascabayar tidak bisa menikmati fitur tersebut. Sehingga, Anda tidak boleh lupa tanggal bayar tagihan listrik dan memastikan pembayaran listrik Anda sudah berhasil.

Biasanya untuk pelanggan listrik pascabayar, tagihan listrik paling lambat dibayarkan setiap tanggal 20 setiap bulannya.

Pentingnya untuk Mengecek Pembayaran Listrik

Produk Umum PLN

Jangan anggap remeh untuk mengecek pembayaran listrik Anda. Sebab, apabila Anda menunda pembayaran listrik maka akan berefek pada sambungan listrik Anda sendiri.

Berikut beberapa sanksi apabila Anda menunda pembayaran listrik:

1. Denda keterlambatan pembayaran

Sanksi pertama tentu saja adanya denda keterlambatan pembayaran. Berikut daftar beban biaya yang akan dikenakan, bergantung pada jenis instalasi daya sambungan listrik Anda:

Batas Daya Biaya Keterlambatan
450 VA (Volt Ampere) Rp3.000 per bulan
900 VA Rp3.000 per bulan
1.300 VA Rp5.000 per bulan
2.200 VA Rp10 ribu per bulan
3.500 – 5.500 VA Rp50 ribu per bulan
6.600 – 14.000 VA 3% dari tagihan rekening listrik (min. Rp75 ribu per bulan)
Di atas 14.000 VA 3% dari tagihan rekening listrik (min. Rp100 ribu per bulan)

2. Sanksi pemutusan sambungan listrik

Kalau Anda menunda pembayaran listrik maka tidak hanya dikenakan denda saja tetapi juga pemutusan sambungan listrik. Berikut rinciannya:

  • Tunggakan satu bulan maka akan dikenakan sanksi pemutusan sementara dan penyegelan MCB (Miniature Circuit Breaker, instalasi listrik di rumah).
  • Tunggakan dua bulan maka akan dikenakan sanksi pemutusan daya sementara dari tiang listrik ke meteran rumah.
  • Tunggakan tiga bulan maka akan dikenakan sanksi penghentian langganan dari PLN serta pencabutan instalasi listrik.

Agar terhindar dari kejadian tidak mengenakkan seperti ini, yuk cek pembayaran listrik Anda sudah berhasil atau belum. Berikut panduannya.

Cara Cek Pembayaran Listrik Sudah Berhasil atau Belum

Cara Cek Pembayaran Listrik Sudah Berhasil atau Belum

Untuk cek pembayaran listrik Anda sudah berhasil atau belum, sebenarnya cukup mudah, kok. Berikut beberapa kanal yang bisa Anda gunakan:

  • Cek pembayaran listrik melalui telepon ke nomor 123 melalui nomor PSTN (jaringan telepon tetap) atau 021-123 melalui nomor handphone.
  • Anda bisa mengecek pembayaran listrik melalui SMS ke nomor 8123. Dengan format: REK (spasi) No ID Pelanggan.
  • Cek pembayaran listrik Anda melalui aplikasi PLN Mobile di smartphone. Namun, Anda perlu mendaftarkan akun terlebih dahulu.
  • Cek tagihan listrik melalui marketplace seperti Tokopedia, Sepulsa, dan marketplace yang menyediakan layanan serupa.

Nanti Anda akan disajikan informasi berapa jumlah pembayaran listrik yang harus Anda lakukan bila belum membayar. Cukup mudah, bukan?

Oh ya, bila Anda menggunakan metode pembayaran online maka pastikan jaringan Internet Anda stabil agar tidak terjadi gagal bayar.

Yuk, pastikan mulai sekarang rutin cek pembayaran listrik Anda sudah dilakukan dan berhasil atau belum!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →